Bumi Sempit? 5 Tempat Ini ternyata Jarang Terjamah oleh Manusia


Luas Bumi yang kita huni ini diperkirakan sekitar 510 juta Kilometer persegi dan karena sangat luasnya tersebut tentu saja masih ada tempat-tempat yang belum terjamah. Oleh karena itu saya akan memberikan sedikit informasi tentang 5 Tempat misterius di bumi yang masih belum terjamah oleh manusia. Jika ada teman teman kalian yang masih mengatakan bahwa bumi itu sempit, silahkan rekomendasikan artikel ini ke teman kalian tersebut.

1. Palung Mariana

Palung mariana merupakan palung terdalam di dunia dengan kedalaman mencapai 11 kilometer. Palung yang terbentang mulai dari barat samudra pasifik hingga ke timur Pulau Mariana ini sering dianalogikan sebagai Gunung Everest nya lautan. Tekanan air yang ada didasar palung ini juga sangat besar yaitu sekitar 315.000 kg permeter persegi. Tekanan sebesar itu juga sering dianalogikan dengan tumpukan 1500 ekor gajah yang menghimpit tubuhmu. Kondisi yang ekstrim inilah yang menyebabkan manusia belum pernah menjelajahi palung mariana hingga kedasarnya tanpa alat yang khusus.

2. Yucatan Cenotes, Meksiko

Yucatan Cenotes adalah gua bawah laut yang berada di wilayah tenggara meksiko. Gua bawah laut ini terbentuk ketika bagian tanah di Semenanjung Yucatan runtuh sehingga terciptalah lubang lubang bawah bawah laut yang bisa disebut Cenotes. Yucatan Cenotes dikenal sebagai tempat menyelam yang paling mematikan didunia, karena banyak penyelam yang meninggal dunia saat menyusuri tempat ini. Sampai sekarang masih belum ditemukan hasil eksplorasi manusia di tempat yang mamatikan ini.

3. Greenland

Greenland terletak di Samudra Artik dan sangat mudah kalian temukan di peta dunia. Pulau Greenland merupakan pulau terbesar di dunia dengan luas 2.166 km persegi tapi 85% daerahnya merupakan tempat yang tak berpenghuni karena lahannya tertutupi oleh es. Es yang menutupi daerah Greenland biasa disebut dengan es abadi dengan ketebalan mencapai 3200 meter. Dan asal kalian ketahui bahwa es yang menutupi pulau Greenlad sudah ada sejak 8000 tahun yang lalu. Penduduk Greenland mayoritas adalah bangsa inuit atau yang dulu disebut dengan suku Eskimo dan jumlahnya sekitar 56.000 jiwa saja.

Baca juga: Kota besar ini hanya memiliki satu penduduk

4. Gurun Namib, Namibia 


Gurun Namib adalah sebuah gurun yang terletak di negara Namibia dan merupakan bagian dari Taman Nasional Namib-Naukluff. Gurun ini dianggap sebagai gurn tertua yang ada di dunia dan selalu mengalami kegersangan dalam 80 juta tahun terakhir. Ini dikarenakan curah hujan yang sangat rendah yaitu hanya 2 mm per tahun. Jadi jangan lupa membawa persediaan air yang lebih ketika ingin melewati gurun seluas 50.000 km2 ini. Ekstrimnya gurun Namib membuat daerah ini menjadi tidak dapat dihuni oleh manusia meskipun ada beberapa tanama unik yang hanya bisa di temukan di tempat ini.

5. North Sentinel Island


North Sentinel Islan adalah merupakan bagian dari kepulauan Andaman dan Nikobar diteluk Benggala antara India dan Myanmar. Pulau ini masih tertutupi hutan yang lebat dan ditempati oleh suku yang sangat primitif dan masih sangat tertutup dari dunia luar. Lebih seramnya lagi suku Sentinel yang merupakan suku asli dipulau tersebut sangat tidak ramah dan tak segan untuk menyerang orang ataupun helikopter yang mencoba coba mendekat ke wilayah mereka. Oleh karena itu North Sentinel Island telah diklaim sebagai tempat yang paling susah dikunjungi oleh manusia modern 

0 Response to "Bumi Sempit? 5 Tempat Ini ternyata Jarang Terjamah oleh Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel