5 Phobia Paling Unik yang Ada di Dunia, Nomor 3 Bikin Ngakak


Manusia diciptakan di dunia ini pasti memiliki rasa takut, karena itu memang hal yang wajar bagi setiap manusia. Akan tetapi ada beberapa manusia yang memiliki rasa takut yang berlebihan bahkan menjadi momok bagi dirinya. Di dalam dunia Psikologi, rasa takut yang berlebihan pada benda atau sesuatu hal yang biasa kita lihat sehari-hari di sebut sebagai Phobia. Hal tersebut diakibatkan karena berbagai jenis faktor, baik itu faktor dari dalam ataupun dari luar lingkungan sekitarnya dan biasanya juga ada yang berasal dari faktor keturunan. Apabila rasa takut ini terus-menerus terjadi, maka penderitanya akan mengalami keadaan Fiksasi (adalah sebuah perubahan pada suatu lungkang gen dari keadaan dimana terdapat paling tidak dua varian gen tertentu, menjadi keadaan dimana hanya ada satu varian gen tertentu yang tersisa). Di dunia ini telah tercatat lebih dari 500 Phobia atau rasa takut berlebihan, dan beberapa diantara phobia tersebut ada yang tergolong unik dan aneh.

Oleh sebab itu kami telah merangkum 5 jenis 'Phobia' paling unik yang ada di dunia. Silahkan simak artikel berikut:

1. Ombrophobia


Di berbagai negara di dunia ini pasti memiliki musim yang berbeda-beda, seperti musim panas, musim salju, musim gugur, musim hujan, dan sebagainya. Dan musim yang selalu ada hampir di semua negara pastilah musim hujan. Musim hujan biasanya banyak di sukai orang karena menyegarkan udara, menyuburkan tanaman, dan yang paling utama yaitu membuat suhu menjadi dingin dan ini biasanya yang banyak di sukai orang. Tetapi berbeda halnya dengan orang-orang penderita Ombrophobia, yang dimana penderitanya akan menjadikan hujan sebagai musuh utamanya. Karena jenis phobia ini membuat penderitanya akan merasa katakutan, cemas, panik dan bahkan berteriak-teriak tak jelas ketika mereka terkena tetesan air hujan.

2. Pogonophobia


Sekian bertambahnya umur, pasti membuat pria maupun wanita akan berubah terutama bentuk fisiknya. Seperti pria dewasa akan mengalami pertumbuhan rambut, baik itu di kepala maupun di wajah seperti cambang dan janggot. Bagi pria dan wanita perubahan ini merupakan hal yang biasa bagi mereka, namun berbeda halnya dengan penderita Pogonophobia. Phobia yang satu ini biasanya paling banyak di derita oleh para wanita, sehingga jika wanita penderita phobia ini bertemu dengan pria berjenggot maka mereka akan gelisah dan ketakutan yang berlebihan. Dan menurut riset yang ada, wanita yang terjangkit phobia ini semakin hari samkin bertambah jumlahnya.

3. Venustraphobia 


Hampir semua pria di dunia ini pasti mengidam-ngidamkan memiliki pacar atau istri yang cantik dan sebaliknya wanita di dunia ini juga pasti mengidam-ngidamkan pria yang tampan atau ganteng. Dan pria akan bahagia ketika mereka dapat bertemu, berteman, berpacaran dan menikah dengan wanita cantik dan begitu pula sebaliknya. Akan tetapi berbeda halnya dengan penderita Venustraphobia. Venustraphobia adalah phobia yang banyak dialami oleh pria, ketika ia bertemu dengan wanita cantik maka penderitanya akan merasa katakutan dan cemas yang berlebihan. Konon rasa takut yang terjadi ini disebabkan oleh stimulan yang tidak wajar. Adapun penyebab lainnya seperti adanya trauma psikologis berkaitan dengan wanita cantik ketika masih kecil, 

4. Somniphobia


Dikehidupan kita sehari-hari pasti pernah mendengar yang namanya Insomnia, yang dimana kita tidak bisa untuk tidur meskipun itu dipaksakan. Namun, menurut riset Insomnia dapat berubah menjadi phobia berbahaya yang biasa dikenal dengan sebutan Somniphobia. Phobia yang satu ini merupakan jenis phobia yang tergolong ekstrim, mengapa demikian?. Karena penderitanya akan merasa sangat takut untuk tidur. Menurut salah satu penderita nya mengatakan bahwa, ia takut apabila tertidur lelap karena dapat membuatnya menjadi tak bangun lagi, bermimpi buruk, dan berbagai jenis alasan lainnya. Oleh sebab itu para penderita phobia ini akan meminum pil yang berisi kafein sehingga membuatnya bisa tidur dengan tenang. 

5. Ichthyophobia


Memakan ikan merupakan hal biasa bagi sebagian orang, karena ikan dapat membuat tubuh kita menjadi sehat. Dan inilah yang membuat salah satu menteri kita membuat slogan "Kalau tak makan ikan, saya tenggelamkan". Tetapi tak semua orang mau makan ikan, terutama penderita Ichthyophobia karena penderita phobia ini sangat ketakutan ketika melihat ikan, baik itu ikan hidup ataupun ikan yang telah disajika di meja makan. Konon penderita phobia ini sangat takut ketika melihat mata ikan yang besar ditambah dengan badan atau sisik ikan yang berlendir. 

Itulah tadi artikle mengenai 5 Phobia Paling Unik yang Ada di Dunia. Semoga artikel ini dapat menanmbah sedikit wawasan para pembaca setia Gudang Ilmu. Sekian dari kami, akhir kata wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

0 Response to "5 Phobia Paling Unik yang Ada di Dunia, Nomor 3 Bikin Ngakak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel