5 Hantu Terpopuler di Indonesia, Yang Sudah Diceritakan Secara Turun-temurun

Hantu merupakan makhluk yang berada di dimensi lain, sehingga kita tak bisa melihatnya. Namun, ada bebrapa orang di dunia ini yang dikarunai kelebihan untuk melihat hantu dan itu biasa disebut Indra ke-6. Di indonesia ada banyak jenis hantu yang sudah diceritakan secara turun-temurun dan masih eksis hingga saat ini meskipun sudah zaman modern. Dari banyak hantu yang ada di indonesia, Gudang Ilmu telah merangkum 5 Hantu Terpopuler di Indonesia. Silahkan simak Artikel berikut:

1. Tuyul


Tuyul merupakan hantu dari bangsa jin yang banyak tersebar di indonesia khususnya di pulau Jawa. Hantu memiliki suara layaknya suara ayam. Konon katanya Tuyul sering dijadikan oleh orang-orang sebagai pencuri uang dan barang berharga lainnya kemudian diberikan kepada majikan/orang yang menyuruhnya. Mahkluk yang satu ini memiliki ciri-ciri seperti anak kecil dan kepalanya botak tapi itu untuk laki-laki, sedangkan tuyul perempuan memiliki rambut pada bagian depan kepalanya. Dipercaya bahwa tuyul tercipta ketika ada janin yang keguguran atau bayi yang meninggal ketika dilahirkan.

Menurut orang-orang, cara untuk menangkal tuyul agar tidak mengambil uang atau barang berharga kita yaitu dengan cara menyebarkan kepiting atau yuyu di sekitar rumah sehingga tuyul tersebut akan bermain dengan kepiting atau yuyu itu, sehingga dia lupa dengan apa yang di suruhkan ke majikannya.

2. Wewe Gombel


Makhluk yang satu ini sangat terkenal di kalangan anak-anak terutama pada saat maghrib tiba. Konon katanya wewe gombel atau kalong wewe akan mencuri anak-anak kemudian menyembunyikannya di suatu tempat dan akan dikembalikan ketika makhluk tersebut sudah puas bermain dengan sang anak itu. Dikabarkan bahwa Wewe gombel mempunyai bentuk tubuh besar dan memiliki buah dada yang panjang. Menurut mitos yang beredar mengatakan bahwa, wewe gombel berasal dari daerah Bukit Gombel di Semarang, Jawa Tengah. Yang dimana wewe gombel tersebut adalah arwah seorang wanita yang meninggal akibat bunuh diri sesaat setelah membunuh sang suami yang tengah ketahuan selingkuh dengan wanita lain.

3. Genderuwo


Genderuwo merupakan makhluk yang dipercaya dapat berkomunikasi langsung dengan dunia manusia. Makhluk sebangsa Jin ini dikenal sangat usil, karena sering menggangu wanita cantik dan anak-anak kecil. Menurut Mitologi Jawa, Genderuwo memiliki perawakan seperti kera ditambah bulu yang berwana kemerah-merahan, kemudian mempunyai bentuk tubuh yang besar dan dilapisi oleh bulu lebat. Konon katanya mahkluk besar ini sangat suka menempati bangunan tua, pohon besar dan lebat, kemudian di bebatuan yang lembab. Katanya makhluk ini banyak tersebar di pulau jawa khususnya didaerah hutan di Yogyakarta.

Menurut cerita dari masyarakat, Genderuwo berasal dari roh orang meninggal akibat kecelakan atau bunuh diri. Banyak yang mengatakan bahwa makhluk ini sangat suka dengan sate gagak karena burung gagak merupakan hewan peliharaannya.

4. Kuntilanak


Kuntilanak adalah hantu yang paling banyak ditakuti di indonesia sampai saat ini, terlebih banyak film-film horor yang mengangkat kisah kuntilanak. Kuntilanak atau dalam bahasa melayu biasa disebut pontianak merupakan hantu berwujud perempuan yang meninggal ketika dalam keadaan sedang hamil. Awal mula hantu ini, berawal dari seorang sultan bernama Abdurrahman Alkadrie pendiri kerajaan pontianak yang ingin membangun sebuah istana tetapi sering diganggu oleh hantu kuntilanak penjaga tempat tersebut.

Menurur mitos orang melayu, menagatakan bahwa Pontianak memiliki bentuk tubuh layaknya wanita normal akan tetapi rambutnya sangat panjang dan sering menggangu orang-orang dengan suara cekikikannya. Tak hanya suara cekikikannya saja, hantu ini juga biasa menampakkan dirinya dengan menggantung diatas pohon dan juga menangis di tempat yang sepi. Hantu Kuntilanak sangat suka menempati rumah yang masih setengah jadi, rumah tua, reruntuhan bangunan, Pohon besar seperti pohon asam.

5. Pocong


Pocong merupakan hantu yang sangat populer di indonesia khusunya di pulau jawa. Katanya, pocong memiliki bentuk yang hampir sama dengan mayat manusia yang di bungkus kain kafan. Konon makhluk ini biasa digunakan oleh orang-orang sebagai penglaris dagangan khususnya pada dangangan kuliner. Tak seperti hantu-hantu lain, pocong adalah hantu yang sangat jarang ditemui karena jumlahnya yang sangat sedikit. Akan tetapi jika pocong sudah menemukan tempat tinggal, maka ia akan menempati tempat tersebut hingga ratusan tahun lamanya.

Menurut orang-orang, jika bertemu dengan pocong kalian harus berhati-hati, karena pocong memiliki liur yang dapat membuat orang yang terkena akan kena Korengan yang sangat sulit atau bahkan tak bisa untuk disembuhkan.

Itulah tadi artikel mengenai 5 Hantu Terpopuler di Indonesia, Yang Sudah Diceritakan Secara Turun-temurun. sekian dari kami wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Baca Juga: Tanda-tanda Kehadiran Pocong ada di Sekitar Kalian

0 Response to "5 Hantu Terpopuler di Indonesia, Yang Sudah Diceritakan Secara Turun-temurun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel