Tak Disangka, Buah-buahan Terlangka di Dunia ini Ternyata Tumbuh di Indonesia

Dikutip dari Wikipedia, Buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan kelanjutan dari bakal buah atau ovarium, buah pada tumbuhan biasanya terbungkus oleh kulit luar dan melindungi biji. Buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan yang mempunyai banyak nilai gizi yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Di berbagai negara di belahan dunia ini pasti memiliki buah khas tersendiri yang sesuai dengan iklim/cuaca yang dimilikinya. Cuaca yang berbeda-beda di setiap negara melahirkan jenis buah yang bermacam-macam. Nah, cuaca berbeda itulah yang menyebabkan buah-buahan biasanya tak bisa ditemukan di banyak negara atau biasa hanya ditemukan di negara-negara tertentu saja.

Tak perlu jauh untuk mencari buah tertentu atau langka tersebut, ternyata di negara kita tercinta ini memiliki buah-buah yang sangat langka dan tidak ditemukan di negara lain. Berikut artikelnya Buah-buahan Terlangka di Dunia ini Ternyata Tumbuh di Indonesia.

Buah Rambusa


Buah Rambusa atau dalam bahasa latinnya Passiflora Foetida L merupakan jenis buah yang banyak kita temukan di daerah pedesaan di indonesia, khususnya di daerah Jawa. Buah manis masam ini biasanya tumbuh liar di sekitar pekarangan rumah, kebun, dan sekitar hutan. Buah Rambusa yang sudah masak memiliki warna kuning cerah dan rasanya manis masam. Buah ini sangat susah untuk di budidayakan sehingga jarang atau bahkan tidak ada ditemukan di penjual Buah. Tak hanya enak dimakan, tapi buah ini juga memiliki nilai gizi yang sangat tinggi sehingga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah Manau


Buah Manau berasal dari tanaman rotan, buah ini memiliki bentuk serupa dengan buah salak. Yang dimana memiliki sisik serta warna yang hampir mirip dan rasanya pun manis asam. Buah manau banyak tumbuh di pulau Sumatra dan Kalimantan. Buah ini biasanya dijadikan sebagai asinan oleh masyarakat setempat. Dalam satu pohon rotan biasanya didapatkan setengan karun buah manau. Buah ini sangat mudah ditemukan di pasar-pasar tradiasional di daerah Sumatra dan Kalimantan.

Buah Keledang


Buah Keledang adalah jenis buah yang sangat langka di dunia dan hanya bisa ditemukan di pulau Kalimantan bahkan itupun disana termasuk langka. Langkanya buah ini di Kalimantan disebabkan oleh berkurangnya hutan akibat penebangan untuk membuka lahan kelapa sawit. Apabila dilihat sekilas buah ini hampir sama dengan buah Nangka, itu karena buah ini satu famili dengan Nangka. Rasa buah ini campuran antara buah Nangka dan buah Manggis. Keledang banyak tumbuh pada bulan Desember dan harganya pun dipasar Samarinda hanya Rp.2500 (wow murah sekali, padahal buahnya langka). 

Buah Manggis Putih


Buah Manggis Putih merupakan buah langka yang ditemukan di Lingsor, Nusa Tenggara Barat. Konon katanya buah ini merupakan hasil peninggalan raja-raja Bali ketika berkuasa di pulau Lombok pada abad ke-18. Dari segi bentuk fisik, buah ini memiliki berat rata-rata 2-2,5 ons perbuah. Perbedaan dari buah manggis biasa, buah manggis putih lebih manis dan kandungan airnya pun lebih sedikit dari manggis biasa. 

Itulah tadi informasi mengenai Buah Terlangka di Dunia yang Hanya di Tumbuh di Indonesia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca setia Gudang Ilmu. Sekian dari saya, akhir kata wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

0 Response to "Tak Disangka, Buah-buahan Terlangka di Dunia ini Ternyata Tumbuh di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel