Sengketa wilayah palestina dan israel, serta 3 sengketa wilayah yang masih ada sampai sekarang

Setiap negara memiliki wilayah perbatasan masing masing. Namun dalam beberapa kasus berakibat konflik bersenjata antar kedua negara dan masih berlangsung sampai sekarang. 

1.Kosovo



Negara yang terlibat: Republik Serbia dan Republik Kosovo


Jatuhnya negara sosialis di tahun 1990-an sangat berpengaruh pada negara yugoslavia. Setelah yugoslavia runtuh terbentuklah 5 negara baru yaitu Kroasia, Makedonia, Slovenia, Republik federasi yugoslavia, dan Bosnia-Hersegovina yang menaungu otonomi kosovo.
Pada tahun 1998-1999 terjadi perang "osovo Liberation Army" yang menuntut kemerdekaan dari yugoslavia.Pada tahun 2006 Yugoslavia runtuh dan Kosovo mendeklarasikan kemerdekaan dari serbia pada 17 Februari 2008. Kososvo diakui menjadi sebuah negara oleh 80 negara di dunia termasuk taiwan. Meskipun telah merdeka dan menjadi anggota IMF , tetapi status Kosovo sebagai sebuah negara sampai saat ini masih belum diakui secara sepenuhnya.
2.Sahara Barat

Negara yang terlibat: Maroko dan Republik Demokratik Arab Sahrawi
Sahara berat teletak diantara Maroko, Mauritania, dan Algeria, Sahara barat memiliki populasi sebanyak kurang lebih 500 ribu penduduk. Pada awalnya sahara barat berada di bawah kekuasaan spanyol tetapi pada tahun 1975 spanyol mengakhiri kekuasaannya saat itu. Kemudian sahara barat diklaim oleh 2 negara yaitu maroko dan republik arab sahrawi. Sebanyak 58 provinsi diakui oleh arab sahrawi sedangkan 28 provinsi diakui oleh Maroko. Namun sampai saat ini PBB tidak mengakui Shara barat sebagai negara merdeka dibawah pemerintahan Republik Demokratik Arab Sahrawi.

3.Siprus


Negara yang terlibat: Republik Siprus vs Republik Turki Siprus Utara
Konflik antar kedua negara tersubut telah terjadi selama beratus ratus tahun yang lalu. Siprus selalu dijajah antara Turki dan inggris.
Dan juga terjadi beberapa pembrontakan yang mendukung kemerdekaan siprus.
Dari sekian lama pemberontakan yang terjadi sampai sekarang. Turki menguasai 37% utara negara siprus dan membuat negara Republik Turki Siprus Utara. Meskipun begitu Turki, Inggris, dan yunani meminta NATO untuk menjaga perdamaian antar kedua negara tersebut.

4.Palestina



Negara yang terlibat: Palestina vs Israel
Konflik antara palestina dan israel telah terjadi selama ribuan tahun yang lalu.Terlepas dari sengketa berbasis anga tersebut, konflik antara kedua negara di era moder tersebut terjadi pasca perang dunia II dan pembantaian yang dialakukan pemerintahan NAZI terhadap kaum yahudi. Saat itu kaum yahudi memerlukan tempat tinggal dan mulai bermigrasi ke negara palestina.
Konflik pun mulai pecah dan Perserikatan Bangsa Bangsa mencoba untuk menegahi dan PBB merencanakan membuat 2 wilayah terpisah antara kaum Arab dan kaum Yahudi dgn wilayah Yerusalem menjadi penegahnya dan berada di bawah pengawasan PBB.pDA TAHUN 1948 Yahudi mendeklarasikan negara yang bernama israel.

Baca jugakota yang sangat terisolasi di berbagai belahan dunia
Pada tahun 1988 Palestine Liberation Organization (PLO) mendeklarasikan berdirinya negara Palestina namun mereka tidak memegang kontrol wilayah Palestina. Sejak saat itu, PLO terus berjuang memerdekakan kemerdekaan negara Palestina berdasarkan perbatasan yang pernah ditetapkan di tahun 1967. Saat ini, Liga Arab dan sebagian besar negara di Amerika Selatan, Afrika dan Asia mengakui negara Palestina. Tetapi negara-negara Eropa dan Amerika Utara bersikap sebaliknya. Tahun ini PBB berencana menyelenggarakan pemungutan suara mengenai status negara Palestina.
Itulah tadi sedikit pembahasan mengenai Sengketa Wilayah Perbatasan yang masih berlangsung sampai sekarang  , Mudah mudahan sengketa tersebut dapat terselesaikan dan masyarakat dapat hidup dengan tenang tanpa adanya rasa cemas dan was was.

0 Response to "Sengketa wilayah palestina dan israel, serta 3 sengketa wilayah yang masih ada sampai sekarang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel