Fenomena Baru, Para Lansia di Jepang Lebih Senang Hidup di Penjara


Beberapa tahun belakangan ini, terdapat sebuah tren atau fenomena baru di Jepang yang tergolong diluar nalar kita. Yang dimana para penduduk lansia di negara Jepang sengaja berbuat kejahatan agar mereka bisa masuk penjara. Kejahatan yang dilakukan para lansia itu biasanya tergolong kejahatan kecil. 

Di jepang, terdapat lebih dari seperempat penduduk lansia yang rata-rata umurnya lebih dari 65 tahun. Sehingga menjadikan negara tersebut sebagai negara dengan penduduk lansia terbanyak di dunia.

Dikutip dari Bloomberg, tingkat penangkapan yang melibatkan warga lanjut usia (lansia) meningkat dengan signifikan dalam beberapa tahun belakangan ini dan jika dibandingkan kelompok usia lain yang sangat jarang melakukan kejahatan.

Dilansir dari South China Morning Post, dimana satu dari lima tahanan di jepang adalah warga lansia. Dan sekian banyak tahanan lansia tersebut, kejahatan yang mereka lakukan merupakan sebuah kejahatan kecil seperti Mengutil.



Tren atau fenomena aneh ini dipercaya berhubungan dengan beratnya biaya kehidupan warga lansia di sana. 

Pemerintah Jepang menemukan sebuah fakta yang menyebutkan bahwa setengah dari warga lansia yang ditahan karena mengutil hidup seorang diri. Dan 40 persen warga lansia di sana mengaku sudah tidak mempunyai keluarga lagi atau sudah lama tidak bertemu.

Para lansia di Jepang mengaku bahwa kehidupan di dalam penjara lebih baik ketimbang hidup di luar penjara. 

"Saya lebih menikmati hidup saya di dalam penjara. karena selalu ada orang di sekitar saya sehingga saya tidak merasa kesepian. Saat saya bebas kedua kalinya saya berjanji tidak akan kembali lagi ke penjara. Namun ketika saya berada di luar penjara, saya justru kengen dengan kehidupan di dalam penjara" Menurut salah satu lansia di sana.

Pemerintah Jepang menghabiskan sekitar 275 juta per-tahun untuk mejaga tahanan di penjara dan tahanan lansia, Tapi anggaran tersebut bertambah karena para lansia perlu perawatan dan kebutuhan medis. 

Fenomena aneh dan unik ini tak hanya terjadi di negara Jepang saja, tapi di negara paman sam juga pernah terjadi hal serupa. Dimana para pelaku disana sengaja berbuat kejahatan agar ia bisa masuk penjara dan mendapatkan perawatan gratis dan terhindar dari cuaca dingin.

Meski begitu, fenomena yang sekarang terjadi di Jepang ini sangatlah mengkhawatirkan. Oleh sebab itu pemerintah Jepang dituntut untuk mengatasi masalah ini dengan meningkatkan sistem kesejahteraan serta pelayanan sosial untuk para lansia di sana.

Baca Juga: Gara-gara lupa 'Parkir', pria ini baru temukan mobilnya 20 Tahun kemudian

0 Response to "Fenomena Baru, Para Lansia di Jepang Lebih Senang Hidup di Penjara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel