Tips dan Trik yang Perlu Kamu Ketahui pada Arduino IDE

Selamat siang, apa kabar? Semoga teman-teman selalu senantiasa diberi kesehatan ya...
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tips dan trik yang perlu kamu ketahui pada Arduino IDE. Secara umum pengaplikasian pada Arduino IDE pada saat awal penginstalan adalah yang paling standar atau default. Namun pengaplikasian yang standar ini ternyata masih perlu ada yang harus teman-teman ketahui. Apa itu? Simak terus ya teman-teman.
Yang perlu kamu ketahui pada Arduino IDE
Oke langsung saja tips dan trik yang perlu kamu ketahui pada Arduino IDE sebagai berikut :

Line Numbers

Apa itu line number? Line number merupakan alat bantu penomoran pada editor Arduino IDE yang berfungsi mengetahui sketch program berada di baris ke berapa. Ini sangat membantu kita dalam mengecek sketch program kita pada saat terjadi eror maupun pada saat meningat-ingat sketch program. Misalnya sketch program tentang deksripsi suatu sensor, kita dapat mengingat-ingat sketch ada di baris nomor ke 20.
Bagaimana cara menambahkannya? Ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Klik menu File
  2. Klik Preferences > lihat pada list cekbox kemudian ceklis bagian Display line numbers
  3.  Kemudian OK. Selesai. Lihatlah perubahan pada editor Arduino IDE
Code Folding

Secara bahasa fold artinya melipat, nah fungsi code folding ini yaitu melipat atau menyembunyikan sekumpulan sketch program berdasarkan fungsi maupun metode yang ada pada editor Arduino IDE. Menurut saya ini sangat membantu sekali jika kita mempunyai sketch program yang begitu banyak sampai baris ke 999 misalnya hee atau yang lebih banyak lagi. Untuk langkah-langkahnya sama dengan line numbers hanya berbeda pada pilihan cekboxnya.
  1. Klik File
  2. Klik Preferences > ceklis pada Enable code folding
  3. OK. Selesai.
  4. Silahkan teman-teman mencoba klik “kotak –“, letaknya ada di samping line numbers. Hasilnya adalah sketch program akan tersembunyi dan jika “kotak +” diklik kembali maka sketch yang disembunyikan akan tampil kembali.
Cara Cepat

Maksudnya adalah cara cepat dalam menggunakan keyboard tanpa mouse untuk fungsi-fungsi yang sering kita gunakan dalam Arduino IDE. Adapun tipsnya berikut ini :
  1. CTRL + T, fungsinya untuk auto format yang hasilnya adalah sketch program akan terlihat rapi. Namun tidak membetulkan yang eror ya, misal kurang “;” maka harus menambahkan “;” sendiri.  Fungsi ini hanya merapikan sketch yang berantakan
  2. CTRL + Shift + M, fungsinya untuk menampilkan Serial Monitor
  3. CTRL + R, fungsinya untuk memverifikasi sketch (Compile)
  4. CTRL + U, fungsinya untuk mengupload sketch
  5. CTRL + F, fungsinya untuk mencari sketch program, di dalamnya juga terdapat fungsi untuk mereplace sketch.
  6. CTRL + Q , fungsinya untuk exit atau keluar dari Arduino IDE
Sebenarnya untuk cara cepat ini bisa anda temukan pada menu toolbar Arduino IDE, namun kebanyakan tidak menyadarinya. Silahkan coba praktikan fungsi cara cepat yang lainnya.

Cukup sekian postingan kali ini semoga bermanfaat, dan nantikan pembahasan-pembahasan menarik lainnya. Terima kasih. Salam.

0 Response to "Tips dan Trik yang Perlu Kamu Ketahui pada Arduino IDE"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel