3 Cara Mereset Arduino

Reset merupakan cara yang tepat untuk menyegarkan kembali project yang kita buat jika terjadi kesalahan atau program tidak berjalan sebagaimana mestinya. Misalnya kita menggunakan LCD  pada Arduino, ketika proses awal sudah dapat menampilkan teks secara normal, namun karena tersenggol atau jatuh yang mengakibatkan rangkaian kabel terlepas dan LCD pun tidak dapat menampilkan teks walaupun kabelnya sudah dipasang kembali. Temen-temen tidak harus mengupload kembali sketch program yang sebelumnya. Solusinya tinggal reset kembali saja Arduinonya, dengan sekian detik saja LCD dapat menampilkan teks kembali. Sungguh berguna sekali kan ya fungsi reset ini, hee hee. Namun apakah temen-temen tau cara untuk mereset Arduino?

Pada pembahasan kali ini saya akan membahas 3 Cara Mudah Reset Arduino. Apa? ada 3 cara? apa saja itu? Oke baiklah langsung saja 3 cara mudah reset Arduino sebagai berikut :
  1. Menggunakan tombol Reset pada Arduino
  2. Menggunakan pin Reset Arduino
  3. Menggunakan kode program.
Ketiganya mempunyai visi penggunaan yang berbeda dan dapat kita gunakan pada saat waktu-waktu tertentu. Nah mari kita bahas satu persatu ketiga cara di atas :

Menggunakan Tombol Reset Arduino

Jika temen-temen yang baru menggunakan arduino tentu masih bingung dimana sih letak dari tombol reset ini ? Tombol ini merupakan satu-satunya tombol yang berada di board Arduino. Letaknya bisa berada di pojok maupun di tengah-tengah, tergantung dari jenis maupun standar pabrik pada saat produksi. Untuk lebih jelasnya dapat di lihat  gambar di bawah ini.

pada Arduino

Penggunaan tombol reset ini dapat digunakan ketika project kita masih dalam jangkauan kita. Maksudnya adalah project yang selalu bisa kita pantau, masih bisa di tangani setiap waktu.

Menggunakan Pin Reset Arduino 

Untuk pin reset ini terdapat pada Arduino, silahkan cari pada board terdapat tulisan RST. Cara penggunaanya adalah dengan membuat pin reset ini menjadi LOW dengan bantuan salah satu pin Arduino. Untuk caranya bisa lihat rangkaian di bawah ini :

Mereset Arduino

Rangkai seperti gambar di atas, kemudian upload sketch program berikut ini :
int led = 9;
int pinReset = 11;

void setup() {
digitalWrite(pinReset, HIGH);
delay(200);

pinMode(led, OUTPUT);
pinMode(pinReset, OUTPUT);
Serial.begin(9600);
Serial.println("Coba Reset");
delay(2000);
}

void loop() {
digitalWrite(led, HIGH);
Serial.println("Lampu Nyala");
delay(3000);
digitalWrite(led, LOW);
Serial.println("Lampu Mati");
delay(3000);
Serial.println("Reset!");
delay(10);
digitalWrite(pinReset, LOW); //perintah reset
Serial.println("Tulisan ini tidak akan tampil, karena sudah direset");
}

Setelah terupload silahkan buka Serial Monitor pada baudrate 9600 dan amati apa yang terjadi.
Cara ini digunakan ketika tombol button rusak/tidak dapat digunakan karena sesuatu hal atau mungkin temen-temen sedang membuat minimum system Arduino sendiri.

Baca juga :

Membahas Bluetooth HC-05 Arduino dan Programnya
Countdown Timer Digital Arduino P10 Led Matrix

Menggunakan Kode Program

Cara yang ketiga ini, menurut saya cara yang paling efektif dan sangat direkomendasikan jika project sudah difungsikan pada suatu sistem tertentu. Kita dapat mereset Arduino secara otomatis, misalnya ketika sudah melampaui batas waktu, Arduino akan mereset sendiri. Walaupun tidak kita menekan tombol reset secara manual.

Silahkan upload dengan program di bawah ini :

void(*saya_reset) (void) = 0; //perintah reset

void setup() {
Serial.begin(9600);
Serial.println("Nyoba Reset yuk");
delay(1000);
}

void loop() {
Serial.println("Tes Reset");
delay(1000);
Serial.println("Coba ya");
delay(3000);
Serial.println("Reset!");
saya_reset(); //fungsi reset

delay(100);
Serial.println("Pengen menampilkan tulisan ini");
//tidak bisa menampilkan tulisan di atas
//karena sudah direset
}

Buka Serial Monitornya, kemudian perhatikan bahwa teks "Pengen menampilkan tulisan ini" tidak akan pernah tampil. Karena sudah di reset kembali ke awal, dibuktikan dengan tampilnya teks "Nyoba Reset yuk" pada void setup(). Intinya kode program di atas akan mengembalikan program ke nol atau dari awal lagi.

Download 2 sketch program reset di atas DISINI
Cara downloadnya DISINI

Baca juga :

Program Sensor Cahaya LDR dan Arduino
Gampang Banget Program Buzzer pada Arduino!

Download juga modul pembelajaran Arduino PDF GRATIS berisi rangkaian dasar sensor-sensor dengan Arduino, cocok untuk bahan belajar temen-temen. TOP 20 Schematics With Arduino PDF

Cukup sekian pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat buat temen-temen semua. Nantikan update pembahasan menarik lainya. Terima kasih. Salam Symask.

0 Response to "3 Cara Mereset Arduino"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel