Mengenal XAMPP Persiapan Database MySQL IOT

Selamat Pagiii !
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas dasar-dasar Internet Of Things, yang sudah kenal Arduino, NodeMCU, Wemos, ESP8266 atau pun jenis board yang lain tentunya sudah tak asing lagi dengan IOT ini. Namun sebenarnya apa sih IOT itu? Menurut saya Internet Of Things (IOT) adalah sebuah konsep dimana suatu objek dapat berinteraksi dengan objek lain melalui sebuah jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia, atau manusia ke komputer. Jadi tanpa ada interaksi dari manusia, objek dapat berjalan sendiri. Berbeda dengan konsep yang membutuhkan interaksi manusia, misalkan terdapat alat yang sistem kerjanya diatur menggunakan suatu tombol, ini merupakan konsep otomatisasi. Akan tetapi, sekarang ini pengertian tentang IOT berkembang sangatlah luas, ada juga yang berpendapat "Yang penting dalam penggunaannya menggunakan jaringan Internet disebut IOT". Sekali lagi sih menurut saya IOT itu mempunyai arti yang luas.

persiapan menyimpan data ke mysql

Lanjut ke pokok pembahasan, dalam suatu pengerjaan IOT tentu ada kalanya suatu data dapat kita simpan pada suatu tempat penyimpanan yang dapat kita monitor dan di cek pada lain waktu. Salah satu tempat penyimpanan suatu data adalah menggunakan database. Database merupakan gudangnya data-data, jadi di dalamnya terdapat kumpulan data yang disimpan dan dapat diolah untuk keperluan suatu aplikasi ataupun perangkat lunak lainnya guna menghasilkan suatu informasi.

Lalu bagaimana caranya agar data-data hasil IOT dapat disimpan pada suatu database? Untuk dapat menyimpan data, saya perkenalkan dengan database MySQL. Ini merupakan dasar dari penggunaan database yang banyak digunakan semua kalangan. Agar dapat menggunakan MySQL dan diupload ke server hosting maka kita gunakan aplikasi server localhost pada komputer sebelum mempunyai domain dan hosting sendiri. Yaitu dengan XAMPP, aplikasi ini terbilang lengkap dan mempunyai fitur antara lain Apache, MySQL, Filezilla, Tomcat dan Mercury. Mengapa saya membahas XAMPP ini? karena masih banyak teman-teman di luar sana yang masih belum mengenal tentang sistem database karena belajar secara otodidak.

Adapun persisapannya sebagai berikut :
  1. Silahkan teman-teman download XAMPP dan pilih sesuai dengan OS komputernya, saya sendiri menggunakan Windows 7. Untuk cara instalnya juga cukup mudah, seperti aplikasi lainnya silahkan ikuti saja petunjuk penginstalannya.
  2. Setelah terinstal, silahkan buka Xampp Control Panel.
  3. Klik Start pada Apache dan MySQL
  4. Kemudian buka web browser Chrome atau yang lainnya, ketik http://localhost/xampp
  5. Jika menampilkan halaman XAMPP " Welcome to XAMPP for Windows", maka penginstalan XAMPP pada komputer sudah berhasil.
Untuk memulai membuat database silahkan ketik http://localhost/phpmyadmin pada web browser. Silahkan teman-teman memulai membuat database. Untuk cara membuatnya akan dibahas pada postingan selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Terima kasih. Salam.

0 Response to "Mengenal XAMPP Persiapan Database MySQL IOT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel