Hal-hal yang dipersiapkan Sebelum Menggunakan Arduino

#Pemula - Jumpa kembali teman-teman yang selalu setia berkunjung symask.blogspot.com, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum menggunakan Arduino baik pada saat mengupload sketch program maupun melakukan perancangan komponen hardware. Tahap persiapan ini merupakan hal yang sangat penting yang harus dilakukan, karena ini merupakan hal dasar yang harus diketahui teman-teman. Ada kalanya juga teman-teman mengalami eror namun tidak dapat mengatasinya. Yang penyebabnya hanyalah hal-hal yang sebenarnya mungkin teman-teman sudah tau dan pernah melakukannya.

hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum menggunakan Arduino

Berikut merupakan hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum menggunakan Arduino sebagai berikut :
  1. Menginstal driver CH341SER, download.
  2. Mengecek Board yang digunakan.
  3. Menceklis Port yang tersedia.
  4. Memasukkan library yang digunakan.
  5. Mengcompile sketch program.
  6. Mengecek kembali rangkaian atau schematic komponen hardware.
Langsung saja kita bahas :
  1. Menginstal driver CH341SER
    Pada tahap yang pertama ini, ditujukan kepada teman-teman yang menggunakan Arduino versi clone maupun jenis SMD. Karena tanpa driver ini Port Arduino teman-teman tidak dapat terdeteksi alhasil tidak dapat menggunakannya. Oleh karena itu, silahkan teman-teman menginstal driver CH341SER terlebih dahulu. Berbeda dengan Arduino dengan jenis DIP, tidak perlu menginstal driver ini.
  2. Mengecek Board yang digunakan
    Untuk tahap ini tidak kalah penting dalam persiapan sebelum menggunakan Arduino. Caranya adalah silahkan teman-teman masuk ke menu Tools > Board : silahkan pilih jenis board yang digunakan, misalnya teman-teman menggunakan Arduino Uno, pilih Board Arduino/Genuino Uno.
  3. Menceklis Port yang tersedia
    Nah pada tahap yang ketiga ini, silahkan teman-teman jangang keluar dulu dari menu Tools, lihat ke bagian bawah pilih Port : silahkan ceklis COM yang tersedia misalnya COM20.
  4. Memasukkan library yang digunakan
    Pada tahap persiapan ini, silahkan teman-teman masukkan berbagai macam libarary yang digunakan sesuai dengan program yang akan diupload ke board Arduino. Caranya :
    - Klik menu Sketch pada toolbar
    - Kemudian pilih Include Library
    - dan Add. ZIP library, pilih file library dengan format ZIP ya.
    Atau dengan cara memasukan folder library ke 
    C:\Users\user\Documents\Arduino\libraries
  5. Mengcompile sketch program
    Silahkan sebelum mengupload sketch program, Compile dulu ini bertujuan untuk mengecek apakah ada kesalahan atau erorr pada program. Jika sudah done compiling, silahkan upload.
  6. Mengecek kembali rangkaian atau schematic komponen hardware
    Jika sketch sudah diupload dan berhasil dan ternyata tidak ada perubahan pada komponen hardware sesuai dengan program. Maka yang dilakukan adalah mengecek kembali rangkaian teman-teman. Apakah sudah sesuai dengan jalurnya atau ada yang tertukar.
Demikian pembahasan yang dapat saya sampaikan mengenai hal-hal yang perlu disiapkan sebelum menggunakan Arduino. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua.
Baca juga : Modul pembelajaran "TOP 20 Schematics With Arduino PDF"

Terima kasih. Selamat mencoba.

0 Response to "Hal-hal yang dipersiapkan Sebelum Menggunakan Arduino"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel