Cara Menghapus Program Arduino

Hallo apa kabar teman-teman? saya baru ada kesempatan lagi nih update artikel karena kemarin ada beberapa keperluan hee. Oke kali ini saya akan membahas bagaimana sih caranya menghapus program pada board Arduino? Sebenarnya kata menghapus ini kurang tepat sih ya, akan lebih tepat lagi mereset atau mengembalikan ke awal lagi atau bisa juga dikatakan mengganti program yang lama menjadi yang baru karena program belum benar. Tentu hal ini sering dijumpai khususnya yang baru mengenal Arduino. Caranya sangat mudah sangat simple, oleh karena itu simak terus penjelasan ilustrasi di bawah ini.
cara menghapus program arduino

Menghapus atau mengganti program baru

"Saya mempunyai board Arduino, sensor suhu, sebuah led dan sebuah resistor 220 Ohm. Kemudian komponen-komponen ini akan saya jadikan program menyalakan sebuah led sebagai indikator jika suhu > 40 (lebih besar dari 40), dan bersyukur nih program lancar. Setelah itu saya akan mengganti program lainya misalnya peoject sensor api ke board arduino yang ini karena project di atas sudah selesai. Apakah bisa program di atas dihapus atau diganti program baru?"

Baca juga :

Membahas Bluetooth HC-05 Arduino dan Programnya

Mengedit program lama

"Saya akan mengedit nih program ilustrasi di atas dari yang sebelumnya indikator led menyala ketika suhu > 40 (lebih besar dari 40) diubah menjadi ketika suhu > 50. Apakah bisa program tersebut diubah?"

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas akan dijawab dengan tiga kata saja teman-teman yaitu...

Upload Program Baru

Yap, hanya dengan mengupload program atau sketch baru pada Arduino, program yang lama akan langsung otomatis terhapus dan terganti dengan program yang baru. Programnya apa min? bebas, bisa program kosong seperti awal membuat file baru, seperti ini :

void setup(){

}

void loop(){

}

atau program lama yang kita edit. Intinya sih teman-teman langsung upload program saja baru ke Arduino, dan selesai deh program yang lama akan terhapus.

Bagaimana teman-teman? cukup mudah kan, simple kan? nah untuk teman-teman yang baru mengenal arduino semangat terus ya belajarnya! Arduino itu mudah, amati, tiru dan modifikasi gan...

Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar ya, atau bisa langsung chat ke WA saya. FB juga bisa.

Terima kasih. Salam symask.

0 Response to "Cara Menghapus Program Arduino"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel