Menghubungkan Telegram Bot dengan Arduino NodeMCU

Telegram Bot adalah sebuah layanan massanger di dalam aplikasi telegram yang menggunakan robot sebagai media perpesanannya. Apa saja kemampuan telegram bot ini? dalam dunia mikrokontroler telegram bot bisa digunakan untuk mengontrol, memonitoring perangkat di sekitarnya dan masih banyak kegunaannya. Untuk tahap persiapan penggunaannya kita wajib mempunyai sebuah API token yang nantinya akan dimasukkan pada program di Arduino IDE.

Cara mendapatkan tokennya gimana?
Oke kita bahas bareng-bareng...

Sebelumnya sudah menginstal telegram belum? jika belum buka google play store di smartphone temen-temen. Ketikan di pencarian "telegram" ukurannya sekitar 15 Mb saja, cara mendaftarnya pun cukup mudah seperti halnya Whatsapp menggunakan nomor telephone. Jika sudah, simak caranya berikut ini :

  • Pastikan temen-temen sudah menginstal telegram dan mendaftar menggunakan nomor telephone
  • Ketikkan pada pencarian botFatherkemudian klik Mulai atau Start tegantung dari bahasa yang digunakan

    Menghubungkan telegram telegram
  • Ketik dan kirim /newbot
    Nanti akan mendapatkan balasan untuk memberi nama dari bot telegramnya saya contohkan disini Monitoring Suhu
    telegram


  • Selanjutnya terdapat balasan yaitu untuk memberi username dari bot telegram dengan akhiran Bot atau _bot. Pastikan temen-temen menggunakan username yang belum pernah dibuat, saya contohkan di sini Suhuku_bot
    telegram


    Akhirnya setelah mendapatkan username API token sudah didapatkan seperti gambar di atas. Token ini lah yang nantinya akan dimasukkan ke sketch program pada Arduino IDE.
Persiapan yang kedua adalah temen-temen diwajibkan untuk mempunyai idBot atau id Chat. Tahap ini jua penting dan sama halnya dengan token, idChat juga akan dimasukkan pada sketch program. Caranya berikut ini :
  • Ketikkan pada pencarian idBot
    klik Mulai atau Start
    telegram telegram bot
  • ketik dan kirim /getid
    secara otomatis akan ada balasan berupa idChat telegram temen-temen.

    dapat idbot
Simpan baik-baik atau catat API token dan idChat pada notepad. Sekedar saran sih jika ingin mudah mengcopy paste, temen-temen harus menginstal aplikasi telegram pada PC/laptop yaitu versi dekstopnya.

Oke tahap persiapan sudah selesai dilanjutkan ke rangkaian dan sketch program Arduino nya. Nah untuk selanjutnya akan dibahas pada next artikel. Dan nantinya kita akan belajar untuk memonitoring berbagai sensor dan kontrol LED maupun relay.


Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Semoga berhasil...

0 Response to "Menghubungkan Telegram Bot dengan Arduino NodeMCU"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel