Membuat Database MySql Persiapan Mengirim Data NodeMcu

Semangat pagi ! selalu semangat pagi ya teman-teman dan selalu bersyukur atas segala yang didapat pada hari ini. Berjumpa lagi dengan symask.blogspot.com, melanjutkan pembahasan sebelumnya mengenai pengenalan Xampp guna mempersiapkan database pada project Internet Of Things kali ini saya akan membahas cara membuat databasenya. Pembuatan database ini untuk menyimpan data hasil sensor dan jam pada saat sensor mendapatkan nilai. Sensor yang digunakan pada project ini adalah sensor water level. Sensor ini merupakan sensor berfungsi untuk mengukur ketinggian air dari nilai yang rendah dan ke yang tertinggi tergantung dari panjang sensornya. 

Untuk membuat peoject database ini adapun yang dibutuhkan sebagai berikut :
  1. Database : db_sensor
  2. Tabel : tbl_water
  3. Struktur Tabel anatara lain : id, tinggi_air dan data_waktu
Untuk penamaan database, tabel dan struktur tabel, teman-teman bisa menggunakan nama lain. Namun yang saya gunakan pada project ini adalah dengan nama-nama seperti disebutkan di atas. Atau jika teman-teman bingung, silahkan gunakan dengan nama yang sama. Perhatikan langkah-langkah pembuatan database pada pada gambar dibawah ini :

cara membuat database dan strukturnya

Keterangan :
  1. Klik New, kemudian isikan nama database dengan nama db_sensor > klik Buat
  2. Masukan nama tabel dengan nama tbl_sensor dengan jumlah kolom 3 > klik Kirim
  3. Kemudian masukkan field :
    - id > jenis tipe data int > dan jadikan AUTO_INCREMENT
    - tinggi_air > jenis tipe data varchar > dengan jumlah 10 karakter
    - data_waktu > jenis tipe data timestamp > dengan bawaan CURRENT_TIMESTAMP
Jika teman-teman sudah mengikuti langkah-langkah di atas dengan baik, maka untuk langkah selanjutnya akan terasa mudah, dan semoga akan paham. Untuk tahap pembuatan database pada project kali ini selasai langkah selanjutnya adalah membuat sketch program pada Arduino IDE dan merangkai komponen hardwarenya. Namun akan dibahas pada postingan berikutnya. Tunggu dan nantikan pembahasannya.
Baca juga : Tips dan Trik yang Perlu Kamu Ketahui pada Arduino IDE

Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. Jika terdapat kesulitan, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya. Silahkan tinggalkan komentar di bawah. Selamat mencoba.
Terima kasih. Salam.

0 Response to "Membuat Database MySql Persiapan Mengirim Data NodeMcu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel