Bentuk-bentuk Perhatian Orang tua

Jejak Pendidikan- Perhatian orang tua merupakan pemusatan tenaga psikis, pemenuhan kebutuhan fisik psikis dan fasilitas belajar, penciptaan suasana yang baik dalam keluarga, pemberian motivasi serta pengawasan, yang diberikan oleh bapak dan ibu dalam keluarga. Adapun bentuk-bentuk perhatian orang tua diantaranya.

1) Bimbingan keagamaan
Bimbingan secara etimologi berarti menunjukkan, memberi jalan atau menuntun orang lain ke arah tujuan yang bermanfaat bagi hidupnya masa kini dan masa mendatang. Istilah bimbingan merupakan terjemahan dari kata bahasa Inggris Guidance yang berasal dari kata kerja to guide yang berarti menunjukkan.

2) Pemberian Nasihat Orang Tua terhadap Anak
Nasehat merupakan memberi peringatan untuk menghindari suatu perbuatan yang dilarang dan memerintahkan untuk mengerjakan perbuatan yang baik dengan berbicara lemah lembut, sehingga menyentuh hati anak yang dinasehati. “Maka suatu hal yang pasti jika pendidik memberi nasehat dengan jiwa yang ikhlas, suci dan dengan hati terbuka serta akal yang bijak, maka nasehat itu akan lebih cepat terpengaruh tanpa bimbang. Bahkan dengan cepat akan tunduk kepada kebenaran dan menerima hidayah Allah yang diturunkan”.

Jadi Pemberian Nasihat Orang tua terhadap anak adalah pemberian peringatan orang tua terhadap anak untuk menghindari perbuatan yang dialarang dan memerintahkan untuk melakukan perbuatan yang baik.

3) Pengawasan orang tua
Pengawasan adalah mengaamat-ngamati dan menjaga baik-baik, agar tingkahlaku tetap baik.10 Pengawasan orang tua terhadap anaknya terjadi karena rasa tanggung jawab orang tua kepada anaknya, untuk mendidik anaknya menjadi manusia yang lebih baik.

4) Pemberian motivasi
Motivasi Merupakan dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan sesuatu tindakan dengan tujuan tertentu. Jadi pemberian motivasi dapat diartikan memberikan dorongan kepada sesorang untuk melakukan sesuatu tindakan dengan tujuan tertentu.

Sumber:
  1. Abdullah Nashih Ulwan, Pendidikan Anak Menurut Islam: Kaidah-Kaidah Dasar, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992).
  2. David Moeljadi, dkk, KBBI V 0.1.5 (Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016)
  3. Abu Ahmadi & Nur Uhbiyati, Ilmu Pedidikan, ( Jakarta: Rineka Cipta. 2015).

0 Response to "Bentuk-bentuk Perhatian Orang tua"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel