Pengertian Perilaku Sosial

Jejak Pendidikan- Perilaku Sosial merupakan segala tingakah laku seseorang dalam kehidupan bermasyarakat Dalam psikologi dijelaskan bahwa Behavior is the totality of intra and extra organism action and interaction of an organism which is physical and social setting. Artinya perilaku adalah keseluruhan gerak gerik psikis maupun fisik individu dan hubungan timbal balik antara individu dengan lingkungan fisik dan sosialnya.

1) Menurut Hasan Langgulung
Tingkah laku menurut Hasan Langgulung adalah segala aktivitas seseorang yang dapat diamati.”

2) Menurut Watson
Bagi Watson, tingkah laku manusia tidak lain ialah refleks yang tersusun. Semua perbuatan adalah susunan reflek-reflek belaka. Tiap tingkah laku manusia adalah reaksi terhadap perangsang-perangsang. Perbuatan yang sederhana Adalah terdiri perangsang beserta reaksinya, dan yang belangsung secara automatis, reflektif. Jadi tingkah laku dapat di artikan segala perbuatan yang terjadi karena reflek-reflek yang tersusun.

Dalam bukunya D.O. Hebb yang berjudul texbook of psychology, behavior is a reaction to environmental stimul.ation, but the relation between stimulus and response varies from direct to extremely indirect. Artinya Perilaku merupakan reaksi terhadap rangsangan lingkungan, tetapi hubungan antara stimulus dan respon bervariasi dari langsung ke sangat tidak langsung.

Berdasarkan pengertian di atas dapat di simpulkan bahwa perilaku sosial adalah bentuk perbuatan atau perilaku terhadap lingkungan sosialnya baik individu terhadap individu lainnya maupun individu terhadap kelompok.


Sumber:
  1. Hasan Langgulung, Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam, (Bandung: Al- Ma’arif. 1980).
  2. Psikologi Umum, (jakarta: Aksara Baru. 2016).
  3. David Moeljadi, dkk, KBBI V 0.1.5 (Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  4. Wolman Benjamin B, Dictionary of Behavioral Science, (New York: Van Nostrand Remhold Company, 1973 ).

0 Response to "Pengertian Perilaku Sosial"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel