Tujuan Kerjasama Antara Orang Tua Dan Guru

Jejak PendidikanKerjasama antara orang tua dan guru yang dijalin dengan baik, selain dapat membantu mudahnya terwujud saling pengertian dan saling membantu sehubungan dengan penyelenggaraan pendidikan di sekolah, juga dapat memudahkan mereka saling bertukar informasi yang diperlukan. Seperti keterangan tentang diri anak dan juga kebutuhan sekolah yang perlu dibantu oleh orang tua.

Soegarda Poerbakawatja dalam masalah ini menjelaskan bahwa :
Kerjasama orang tua dan guru dalam pelaksanaan pendidikan sudah seharusnya ada dan sipelihara untuk menghilangkan hal-hal yang kontraversial, dan hendaknya dipupuk hal-hal yang mengandung titik persamaan agar tercapai hasil yang sebaik-baiknya.

Seorang guru dalam menghadapi peserta didik kadang-kadang perlu mengetahui lebih mendalam watak dan kepribadian anak, karena itu orang tua perlu menyadari pentingnya kerjasama dengan guru dan senantiasa menghubungi guru yang mengajar anaknya.

Demikian pula dengan pendapat Endang Engkoswara bahwa kerjasama guru dan orang tua murid adalah syarat mutlak dalam penyelenggaran pendidikan dan pengajaran disekolah. Selain guru memerlukan keterangan tentang anak didiknya, orang tuapun sangat perlu mendapat keterangan tentang anaknya selama belajar di sekolah.

Dapat dipahami dari keteranagn diatas, bahwa kerjasama guru dan orang tua murid penting sekali artinya untuk memperlancar pendidikan anak, dapat membantu guru, untuk lebih cepat mengenal muridnya yang perlu mendapat perhatian khusus dapat juga membantu orang tua untuk lebih memperhatikan kegiatan belajar anak.

Jadi kalau kerjasama antara guru dan orang tua murid dalam usaha meningkatkan prestasi belajar murid, dimaksudkan adalah gotong royong, bantu membantu secara keluargaan untuk bersama-sama menunjang belajar murid yang efektif dan efisien, yang nantinya diharapkan prestasi belajarnya akan lebih meningkat.

Dengan demikian maka tujuan kerjasama disini adalah menunjukkan situasi belajar mengajar secara menyeluruh, agar dalam pelaksanaan proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik. Oleh karena itu guru hendaknya memperhatikan serta berusaha membina kerjasama dengan orang tua.

 Rujukan:
  1. Soegarda Poerbakawatja, Pendidikan Dalam Alam Indonesia Merdeka, Jakarta: Gunung Agung, 1970.
  2. S. nasution, Usaha-usaha Perbaikan Dalam Bidang Pendidikan Dan Administrasi Pendidikan, Jakarta: 1970 .

0 Response to "Tujuan Kerjasama Antara Orang Tua Dan Guru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel