Pengertian Outbound

Jejak Pendidikan- Jika dilihat dari sisi kebahasaan, asal kata dari istilah Outbound adalah Outward Bound. Istilah ini biasa digunakan oleh para pelaut ketika sebuah kapal keluar dari zona kenyamanannya. Dalam perkembangannya, istilah outward bound juga digunakan ketika seorang “peserta” keluar dari suatu zona kenyamanan.

Masih di lingkungan pelaut, outward bound pertama kali diterapkan oleh Dr. Kurt Hann, seorang doktor asal Jerman yang kemudian tinggal di Inggris. Istilah outward bound pertama ini dipakai untuk melatih angkatan laut Inggris yang akan berangkat ke medan perang dunia II.

Tujuannya, untuk membangun motivasi agar mereka lebih gigih di medan perang.
Menilik dari sejarahnya, outbound sebenarnya adalah kegiatan pelatihan di alam terbuka yang memerlukan ketahanan sekaligus tantangan fisik yang besar. Di dalamnya, peserta menjalani petualangan dimana hal itu tidak hanya sekadar permainan yang berat dan penuh risiko. Dalam outbound, peserta benar-benar di didik untuk menjadi manusia yang tangguh di dalam menghadapi kesulitan hidup.

Selain itu, Outbound dapat diartikan sebagai kegiatan/latihan di alam terbuka dengan mengedepankan pendekatan belajar dari pengalaman. Tak hanya itu, dengan melakukan berbagai kegiatan di alam terbuka yang biasanya dilakukan dalam kelompok juga sangat efektif dalam membangun kerjasama tim. Bahkan, membuka cakrawala pikiran peserta untuk memecahkan masalah secara bersama-sama, hingga antisipasi ketika harus mengambil keputusan baik individu maupun kelompok.

Maka dari itu, jika dilihat dari sejarah dan pengertiannya, kegiatan outbound merupakan kegiatan yang dilakukan di luar ruangan atau di alam terbuka, yang dimana kegiatannya melibatkan fisik serta di dalamnya diajarkan beberapa hal yang penting untuk dilaksanakan di dalam kehidupan.

Sumber:
  1. Suhadi, Mandiri Melalui Outbound, (Jakarta, Media Pusindo, 2008)
  2. Badiatul Muchlisin Asti, Fun Outbound : Merancang Kegiatan Outbound yang efektif, ...

0 Response to "Pengertian Outbound"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel