Pengertian Kreativitas

Jejak Pendidikan- Kreativitas didefinisikan secara berbeda-beda berdasarkan sudut pandang masing-masing ahli. “Menurut Supriadi kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun karya nyata, yang relatif berbeda dengan yang telah ada sebelumnya” (Susanto, 2011:114). 

Jadi, ketika seseorang mampu menghasilkan gagasan maupun karya nyata yang unik dan berbeda dari biasanya maka kita dapat mengatakan bahwa orang tersebut kreatif. Sementara itu, “Angelou menjelaskan bahwa kreativitas ditandai dengan kemampuan seseorang untuk menciptakan, mengadakan, menemukan suatu bentuk baru dan atau menghasilkan sesuatu melalui keterampilan imajinatif” (Sujiono, 2010:38). 

Artinya bahwa, kreativitas merupakan kemampuan yang dimiliki oleh setiap orang untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang baru melalui imajinasinya. Imajinasi yang dihasilkan oleh pemikiran seseorang dapat membuahkan kreativitas. Kreativitas pada setiap orang akan berkembang secara optimal jika di stimulasi dengan melakukan berbagai aktivitas atau kegiatan kreatif.

Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa kreativitas adalah kemampuan seseorang dalam mengekspresikan ide-ide dan imajinasinya untuk menciptakan sesuatu baik berupa gagasan maupun suatu karya. Jika dikaitkan dengan anak usia dini, kreativitas merupakan kemampuan anak menciptakan suatu karya melalui imajinasinya dengan mengeksplorasi berbagai media. 

Kreativitas anak usia dini dapat dilihat pada saat anak mengeksplorasi berbagai media melalui aktivitas atau kegiatan kreatif seperti menggambar, mewarnai, dan membentuk playdough. Melalui kegiatan seperti ini memberikan wadah dan kesempatan pada anak untuk mewujudkan ide dan imajinasi yang ada dipikirannya sehingga dapat menghasilkan sebuah kreativitas.


Rujukan:


Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media 
Group, Jakarta.
Yuliani 
Sujiono. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Indeks,
Jakarta.
Yuliani Sujiono
. 2007. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks,
Jakarta.

0 Response to "Pengertian Kreativitas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel