Alasan Mengapa sih Menjual Komponen Bekas Arduino?

Pertanyaan ini sering kali menimbulkan gejolak pikiran bagi saya, mungkin teman-teman juga ada yang berpikiran yang sama. Mengapa dijual? Kenapa kok nggak dikasihkan ke saya saja. hahaha
Tuuuut... Balik lagi ke inti pembahasan, yap sebenarnya apa sih alasan mereka menjual komponen bekas Arduino?
Alasan mengapa dijual

Sebenarnya untuk alasan mereka ada juga tentunya memiliki alasan masing-masing dan tidak bermaksud untuk menyinggung pihak manapun. Langsung saja yuk simak beberapa alasan mereka sebagai berikut :
  1. Bosan
  2. Bingung mau bikin project apa?
  3. Sisa Tugas Kelompok
  4. Sisa Project TA/Skripsi
  5. Pindah Jalur
  6. Butuh Dana
Oke kita bahas satu persatu.
  1. Bosan
    Mungkin alasan yang satu didapat bagi mereka-mereka yang bilang Arduino itu susah, malas ngoding sehingga berputus asa dan akhirnya timbul rasa bosan. Kemudian tanpa berpikir panjang mereka langsung menjualnya. Alasan yang lainnya mungkin mereka sudah paham apa dan bagaimana cara menggunakan Arduino dan berfikir "Ah ternyata Arduino gitu-gitu aja".
  2. Bingung mau bikin project apa?
    Alasan ini sebenernya alasan klasik yah, karena mereka kekurangan ide mau dibikin apa ini Arduino? Padahal cara tepat untuk menanggulanginya adalah jangan cari mau dibikin apa dulu, tetapi carilah sebuah masalah yang ada di sekeliling kita. Kemudian bisa tidak Arduino diterapkan kemudian menjawab permasalan tersebut.
  3. Sisa Tugas Kelompok
    Alasan ini mereka yang berfikir demikian karena barang-barang ini sisa tugas kelompok dan sudah tidak terpakai lagi apa salahnya dijual saja dan hasil dari penjualan akan dibagi bersama.
  4. Sisa Project TA/Skripsi
    Untuk alasan ini sebenarnya sah-sah saja untuk menjual komponen bekas Arduino, karena setelah mereka sudah selesai membuat sebuah project TA/Skripsi mereka berfikiran untuk rehat sejenak dan biasanya karena barang sisa barang-barang tersebut tidak bisa digunakan untuk project lain. Selain itu juga mereka berfikiran untuk cepat lulus dan bekerja.
  5. Pindah Jalur
    Untuk alasan ini, mungkin bagi mereka-mereka yang berfikir Arduino bukan pasionnya. Atau juga ada yang beralasan arduino kurang komersil. Jadi mereka berfikir untuk berpindah jalur ke bidang lain yang membuat mereka merasa ahli di bidangnya.
  6. Butuh Dana
    Alasan ini yang paling mencolok ya, karena kekurangan dana (dompet kering) mereka berfikir daripada tidak terpakai, tidak dibutuhkan lagi dan karena ada kebutuhan yang mendesak, apa salahnya untuk dijual. Barangkali ada yang lebih membutuhkan.
Nah itulah alasan-alasan mengapa menjual komponen-komponen bekas Ardiuno. Pada akhirnya kita akan tahu siapa sih Arduino sejati itu? Mereka tidak salah, mereka tidak bermaksud dan mereka mempunyai alasan-alasan tersendiri dan kembalikan lagi pada kebutuhan dan keinginan masing-masing.
Baca juga : 6 Alasan Mengapa Harus Memilih Hijrah ke Arduino Nano Daripada Uno

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan pembahasan ini hanya baru sebatas opini belum tentu alasan-alasan tersebut benar-benar nyata. Terima Kasih. Salam.

0 Response to "Alasan Mengapa sih Menjual Komponen Bekas Arduino?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel