6 Jenis Hantu Legendaris di Tanah Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan merupakan Provinsi yang terletak di Indonesia bagian timur dan masyarakatnya di dominasi oleh Suku Makassar dan Suku Bugis. Di daerah ini kepercayaan tentang hal-hal mistis masih lah kental seperti halnya hantu. Bahkan masyarakat sulawesi selatan telah memiliki Hantu legendaris yang sangat terkenal dan sudah diceritakan secara turun-temurun. Kalian penasaran hantu apa saja kah itu!?. Berikut GudangIlmu telah merangkum 6 Jenis Hantu Legendaris di Tanah Sulawesi Selatan.

1. Cambeu'


Hantu legendaris yang pertama yaitu Cambeu', hantu ini konon keluar ketika menjelang maghrib dan sering mengganggu perempuan khususnya Ibu-ibu. Alasan hantu ini sering mengganggu ibu-ibu, karena konon katanya hantu ini merupakan hasil aborsi dan dibuang oleh ibunya. sehingga Cambeu' sering menampakkan dirinya pada ibu-ibu yang sedang berjalan saat maghrib. Ciri-ciri dari hantu ini yaitu mempunyai postur tubuh kecil berkisar 30cm dan juga memiliki rambut yang panjang.

2. Longga


Longga dalam bahasa makassar berarti 'Tinggi', ya sesuai dengan namanya hantu ini memiliki wujud yang sangat tinggi. Konon mahkluk ini sangat ditakuti oleh masyarakat sulawesi selatan karena memiliki perwujudan yang sangat menyeramkan. Dan menurut masyarakat sekitar makhluk ini sering menampakkan wujudnya di sekitar pohon kelapa tapi itu sangat jarang karena menurut cerita, Longga merupakan mahkluk sejenis jin, dan ia merupakan pemimpin makhluk gaib di suatu daerah. Jadi tak heran jika para Dukun (sangro) menyebut mahkluk ini sebagai panggonroang kampong (penjaga kampung).

3. Asu Panting


Asu Panting merupakan hantu yang mirip manusia serigala dalam versi masyarakat Sulawesi selatan. Hantu yang satu ini kabarnya sangat jarang menggangu manusia dan sangat susah dilihat karena dapat lari sangat kencang. Tetapi menurut masyarakat Sulawesi Selatan, hantu ini sering meninggalkan bulunya dan konon katanya barang siapa yang menginjak atau memegang bulu Asu Panting ini dapat menyebabkan melapetaka bahkan kabarnya ada yang sampai lumpuh.

4. Tallu Ana


Tallu Ana merupakan hantu yang mirip dengan Wewe Gombel yang ada di Jawa. Mengapa demikian?, karena hantu ini juga suka menyembunyikan anak-anak tapi bedanya jika wewe gombel menyembunyikan anak yang bandel dan cara menemukannya dengan menggunakan tabuhan musik, lain halnya dengan hantu Tallu Ana, konon kabarnya bahwa hantu ini menculik anak-anak dan menyembunyikannya selama tiga hari. Dan cara menemukannya yaitu menunggu hingga 3x24 jam sampai anak itu muncul.

5. Parakang


Masyarakat Sulawesi Selatan pasti sudah tidak asing lagi dengan hantu yang satu ini. Mahkluk ini merupakan mahkluk jadi-jadian yang dapat mengubah tubuhnya menjadi menjadi apa saja. Menurut cerita masyarakat makassar dan sekitarnya, Parakang sebenernya manusia yang tengah mempelajari ilmu hitam seperti pesugihan, akan tetapi ilmu yang dipelajarinya justru salah dan membuatnya menjadi mahkluk yang mengerikan. Kabarnya mahkluk ini tak segan segan untuk mengambil nyawa manusia khususnya ibu hamil dan anak-anak. Parakang memiliki ciri-ciri mata merah, kuku yang panjang dan tajam, dan biasanya juga memiliki kulit yang kebal akan senjata.

6. Poppo


Kisah Poppo hampir sama dengan parakang, kabarnya makhluk ini ada di setiap daerah di sulawesi selatan. Poppo juga sebenarnya merupakan manusia, akan tetapi ia juga salah menggunakan ilmu hitamnnya sehingga membuat ia dan keluarganya di kutuk. Konon katanya pada malam hari makhluk ini mencari tempat persembunyian di sekitar rumahnya untuk menyembuntikan tubunya dan ia kemudian memisahkan kepala dan jeroannya kemudian keluar untuk mencari mangsa. Poppo ini sangat menyukai orang yang sedang hamil, dan tak segan segan untuk mengambil anak di dalam rahim ibu yang sedang hamil.

Keberadaan poppo sangat mudah untuk diketahui karena memiliki suara yang khas yakni 'POK POK POK'. Dan jika kalian mendengan suara ini dengan keras maka mahkluk ini berada jauh dari kalian, akan tetapi jika kalian mendengar dengan suara yang kecil maka kalian harus berhati hati karna makhluk ini sedang ada di dekat kalian.

Baca Juga: Inilah arti sebenarnya dibalik lirik lagu 'Lingsir Wengi'



0 Response to "6 Jenis Hantu Legendaris di Tanah Sulawesi Selatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel