Mengenal Barreleye, Ikan Unik Berkepala Transparan 'Layaknya Kokpit Pesawat'

Dilansir dari National Geographis NewsIkan Barreleye merupakan spesies hewan terunik di dunia, karena pada bagian kepala ikan ini terlihat transparan/tembus pandang, sehingga kepala ikan ini mirip kokpit pesawat jet tempur.

Ikan ini pernah ditemukan oleh peneliti Monterey Bay Aquarium Research Institute saat melakukan observasi dikedalaman laut, California. Jenis ikan ini hidup dikedalaman 200 kaki atau 600 meter dari permukaan laut. Oleh sebab itu ikan ini sangat jarang diketahui oleh orang-orang.


Bisa dikatakan bahwa hasil penemuan ini merupakan yang pertama, dengan spesies ikan berkepala transparan dan berbentuk kubah. Sampai sekarang Para peneliti masih terus memonitor jenis ikan ini dengan menggunakan peralatan yang canggih, dan dioperasikan dari jarak jauh.

Bisa dilihat dari gambar diatas bahwa ikan ini terbilang unik khusus pada bola matanya yang seolah olah dapat berputar ke segala arah. Pupil mata yang berada pada bagian atas kepalanya berfungsi untuk melihat mangsa yang berada diatas ikan tersebut. Sementara itu, warna hijau yang kita lihat pada gambar diatas berfungsi sebagai lensa agar melindungi mata ikan ini dari sinar matahari. Dengan begitu ikan ini dapat melihat mangsanya dengan fokus.

Dan yang terakhir, Spesies ikan ini memiliki ukuran sekitar 15 centimeter. kemudian pada tahun 1939, ikan ini pernah juga ditemukan oleh nelayan yang tersangkut jaring saat sedang menangkap ikan.

Itulah sedikit informasi tentang ikan Barreleye, ikan unik berkepala transparan. Semoga dapat memberi anda wawasan baru. Sekian, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

Baca Juga: 4 Rumah unik yang hanya bisa ditemukan di indonesia



0 Response to "Mengenal Barreleye, Ikan Unik Berkepala Transparan 'Layaknya Kokpit Pesawat'"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel