Pengertian Dukungan Sosial

Jejak PendidikanDukungan sosial untuk mengidentifikasi anggota jaringan sosial yang dapat membantu mereka, serta menghindari mereka yang tidak sportif. Dukungan sosial memiliki jaringan sosial yang lebih kecil tetapi memiliki hubungan dekat yang hampir sama banyak dan lebih puas dengan hubungan yang dimiliki.

Dukungan sosial dapat berlangsung secara alamiah di dalam jejaring bantuan keluarga kawan, tetangga dan teman sebaya atau di dalam kelompok dan organisasi yang secara spesifik diciptakan atau direncanakan untuk mencapai tujuan. Dukungan sosial dapat membantu individu disemua usia untuk mengatasi masalah secara efektif. Dukungan sosial mengacu pada kenyamanan, kepedulian, penghargaan, atau pemberian bantuan kepada seseorang dari orang lain atau kelompok. Individu yang mendapatkan dukungan sosial percaya bahwa mereka dicintai, berharga, dan bagian dari suatu jaringan sosial, seperti keluarga atau perkumpulan, yang dapat memberikan bantuan setiap waktu ketika dibutuhkan.

Dukungan sosial adalah suatu pemberian dukungan individu akan mendapat pengalaman yang positif, meningkatkan rasa percaya diri dan mampu untuk mengontrol perubahan-perubahan di lingkungan.

Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial adalah suatu bantuan yang dirasakan dari orang lain atau kelompok dalam mengatasi masalah secara lebih efektif serta memberikan kenyamanan fisik dan psikologis yang dapat melalui interaksi individu dengan orang lain sehingga individu merasa dicintai, diperhatikan, dihargai, dan merupakan bagian dari kelompok sosial.


Sumber:

  1. Papalia, D. E., Old, S. W., dan Feldman, R. D, Human Development: Perkembangan Manusia. Edisi 10. Buku 2. Alih Bahasa: Brian Marswendy. (Jakarta: Salemba Humanika, 2009).
  2. Robert dan Greene, Buku Pintar Pekerja Sosial. (Jakarta: Gunung Mulia, 2009).
  3. Sarafino, E. P., dan Smith, T. W, Health Psychology: Biopsychosocial Interaction. Seventh Edition, (New York: John Willey & Sons, Inc, 2011).
  4. Smet, Bart. Psikologi Kesehatan. (Jakarta: Grasindo, 1994),

0 Response to "Pengertian Dukungan Sosial"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel