Cara Mempercepat Loading Blog Versi Saung Artikel Bangsa


Cara Meringankan dan Mempercepat Blog

Mempunyai blog dengan loading yang cepat tentu menjadi impian setiap blogger. Bagi para developer template, meringankan ukuran blog tentu bukan sebuah perkara yang susah, namun hal tersebut tentu tidak berlaku untuk blogger pemula seperti saya dulu, yang bisa dibilang buta akan koding Template seperti CSS, HTML dan JS.

Setelah browsing kesana kemari, mencoba trik ini itu, akhirnya saya sedikit mulai paham bagaimana cara mempercepat blog, melalui artikel ini saya ingin mencoba berbagi apa yang sudah saya ketahui tentang meringankan loading dari sebuah situs blog.

CARA MEMPERCEPAT LOADING BLOG


Cukup basa-basinya, langsung saja silahkan disimak ketujuh cara mempercepat loading blog yang sudah terbukti ampuh, dibawah ini.

1. HAPUS CSS RESET BLOGGER


Apa itu CSS Reset Stylesheet Blogger ? sederhanya, CSS Reset Blogger adalah halaman web yang berisi CSS yang berkaitan dengan widget default blogger, alasan kenapa Anda harus menghapusnya adalah untuk meringankan blog dengan mengurangi jumlah repon, karena CSS Reset Blogger ini akan mengirim respon ke server blogger, dengan menghapus atau mematikannya, maka situs kita tidak akan meload halaman CSS Reset Blogger.

Cara untuk menghapus CSS Reset Blogger sebenarnya tidak terlau susah, bahkan terbilang cukup mudah, namun sebelum menghapusnya ada baiknya backup template terlebih dahulu.

  1. Buka menu edit template Blogger
  2. Cari <b:skin><![CDATA[ lalu ganti dengan &lt;style type=&quot;text/css&quot;&gt;&lt;!-- /* <b:skin><![CDATA[
  3. Simpan template

2. HAPUS JAVASCRIPT WIDGET DEFAULT


Secara default, widget seperti Blog Archive telah dipasang JavaScript jadi jika blog Anda menggunakan Widget Archive maka akan meload JavaScript default (bawaan) Bloger, untuk mengatasi hal ini juga perlu menghapusnya dengan cara berikut ini.

  1. Seperti biasa, buka edit template Blogger
  2. Cari kode </body> ubah dengan &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;
  3. Simpan / save template

3. HAPUS CSS FONT STYLESHEET


Menambah custom font stylesheet akan membuat blog kita menjadi lemot / lama saat diakses, karena dengan mencustom font, maka akan ada tambahan respond yang harus di load oleh pengunjung blog, yaitu situs dari penyedia font tersebut dalam hal ini biasanya adalah Google Font. Jika Anda ingin menghapus font stylesheet, silahkan ikuti caranya dibawah ini.

  1. Cari kode rel='stylesheet'
  2. Hapus CSS yang mengandung nama Font, contoh <link href='http://fonts.googleapis.com/css?family=Oswald:400,500' rel='stylesheet' type='text/css'/>
  3. Simpan template

4. HINDARI MENGGUNAKAN BACKGROUND GAMBAR


Jika saat ini template Anda menggunakan background gambar, maka sebisa mungkin hapus gambar tersebut, namun jika Anda ngotot untuk memasng gambar pada background, maka saran saya cobalah untuk mengubahnya menjadi gambar pattern grid / gambar berpola garis, jadi nanti bisa kita aplikasikan css background repeat, yang efeknya dapat meringankan load situs karena hanya perlu meload gambar dengan ukuran kecil.

Masuk ke edit template, lalu cari selector body, gunakan CTRL + F agar lebih mudah.
Tambahkan kode background: url(http://2.bp.blogspot.com/-JCjoJ8AM86M/UrJjp2KOy_I/AAAAAAAAAX8/epdEE5FkMfQ/s0/noisy_grid.png) repeat scroll top left
Simpan template

* ubah url gambar, dengan gambar yang anda inginkan

5. HINDARI MENGGUNAKAN SCRIPT EXTERNAL


Salah satu contoh script dari luar situs itu seperti script counter Google Analytic atau semacamnya, jika Anda memasang script tersebut, maka jelas blog kita akan mengirim respond ke situs Google Analytic dan hal ini jelas akan menambah berat dan mengakibatkan load situs kita menjadi lama.

* jika anda tetap ingin menggunakan script counter stat, silahkan saja, karena dari segi ukuran load scriptnya juga tidak terlalu besar.

Trik mempercepat blog ini khusus untuk blogger, sementara untuk pengguna wordpress (self host) sudah ada plugin yang bisa meringankan load situs seperti salah satu contohnya W3 TotalCache.

HASIL


Hasil Cara Mempercepat Blog

Gambar tersebut merupakan hasil penerapan dari kelima cara mempercepat load blog yang saya bagikan diatas. Menurut saya pribadi load blog benar-benar menjadi ringan karena hanya ada 6 Request dan Page Load Time yang hanya butuh waktu 1 detik saja.

Itulah, cara mempercapat load blog dengan memangkas JavaScript dan CSS Reset Blogger, silahkan dipraktekkan dan jika ada pertanyaan silahkan ajukan melalui kolom komentar, akan saya bantu sebisa saya.

0 Response to "Cara Mempercepat Loading Blog Versi Saung Artikel Bangsa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel