Cara Meningkatkan Artikel Untuk Di Index Google

Cara Mempercepat Index Artikel Blog di Google

Kecepatan pengindexan tiap blog tentu berbeda, artinya ada blog yang cepat terindex di Google dan tak sedikit pula yang membutuhkan waktu berhari-hari baru terindex. Masalah pengindexan yang lama biasanya dialami oleh blog-blog baru. Namun, bukan berarti semua blog tua memiliki kecepatan index yang cepat, itu semua belum tentu, karena selain usia domain blog masih banyak faktor lain yang mempengaruhi kecepatan index suatu blog.

Nah, di artikel ini saya ingin mencoba berbagi informasi mengenai apa saja faktor yang mempengaruhi lama dan cepatnya pengindex.an artikel blog dan sekaligus akan saya berikan 7 cara mempercepat index blog di Google. Apa saja tips untuk mempercepat pendindex.an blog ? berikut ulasannya.

1. UMUR DOMAIN


Cara Meningkatkan Kecepatan Index Blog di Google dengan Umur Domain

Semakin tua usia blog, maka semakin cepat pula proses pendindex.an, hal ini dikarenakan blog yang sudah tua atau yang sudah lama dibuat, rata-rata memiliki nilai authority yang tinggi di mata Google, dari sinilah Google akan memberikan nilai lebih kepada blog tersebut, salah satu tambah yang diberikan selain mudah bersaing di SERP juga akan lebih cepat terindeks.

Itulah mengapa banyak orang yang berburu blog 'zombie' atau blog yang telah 'mati' untuk dihidupkan kembali, karena jika dilihat dari segi manfaat memang ada banyak sekali, jadi bukan hanya mempermudah kita bersaing di SERP karena terdapat banyak backlink, lebih dari itu, blog zombie juga memiliki kecepatan index yang cepat, karena point authority-nya yang tinggi berkat backlink yang masih melekat.

Namun, tidak menutup kemungkinan blog yang baru beberapa bulan dibuat bisa mempunyai kecepatan index yang jauh lebih cepat dibanding blog-blog tua, dengan catatan blog baru tersebut memiliki lebih banyak backlink, baik dari blog lain maupun dari social media (social signal).

2. KEUNIKKAN ARTIKEL


Artikel yang tidak unik atau dalam hal ini adalah artikel copas, bukan hanya akan sulit terindeks google, tetapi juga akan membuat blog Anda terkena laporan DMCA yang ujung-ujungnya berakhir pada penghapusan paksa oleh Google. Tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan ? Jika terpaksa ingin copy paste artikel dari blog lain, usahakan untuk me-rewrite isi artikelnya atau paling tidak ganti kata pembuka dan penutup.

Selain isi artikel yang unik, cara lain untuk mempercepat index blog adalah dengan membuat Meta Description yang unik pula. Apa itu meta description dan bagaimana cara membuatnya ? Meta Description adalah deskripsi singkat pada artikel blog yang akan ditampilkan di hasil pencarian, karena bersifat deskripsi singkat, maka ada batasan karakter dalam penulisan meta description yaitu hanya sebanyak 160 karakter, jika lebih dari itu deskripsi artikel (snippet) akan terpotong.

Untuk pengguna blogger / blogspot, cara menambahkan meta description saya rasa bukan persoalan yang susah, karena sudah terdapat kolom pengisian meta description yang terletak dibagian kanan text editor, dengan catatan Anda sudah mengaktifkan fitur 'Tag Meta' yang terdapat pada menu Setelah > Preferensi Penulusuran.

3. INTERNAL LINK


Cara Meningkatkan Kecepatan Index Blog di Google dengan Internal Link

Internal Link atau biasa juga disebut dengan interlink, merupakan cara terbaik untuk mempercepat proses pengindex.an artikel. Saya katakan terbaik karena fungsinya yang bisa untuk mempercepat proses index pada artikel itu sendiri dan artikel lain, selain itu juga akan memberikan backlink berkualitas (relevant backlink) yang akan meningkatkan posisi / ranking blog di Google.

Interlink yang baik adalah yang dibungkus menggunakan anchor text, jadi bukan naked link atau link asli berbentuk url dan usahakan dalam mengaplikasikan anchor text pergunakan title tag untuk memberikan deskripsi link tersebut.

Sebagai contoh Anda akan memberikan link ke artikel lain yang berjudul 'Cara Menjahit Pakaian dengan Mudah dan Cepat'

Maka pergunakan anchor text seperti ini :

Di artikel ini saya akan berbagi pengalaman tentang <a href="url" title="cara menjahit pakaian dengan mudah dan cepat">cara menjahit pakaian</a> yang telah saya pelajari bertahun-tahun

Intinya fungsi title disini untuk menjelaskan secara rinci maksud dari anchor text, hal ini akan sangat berguna bukan hanya untuk mempercepat index artikel namun juga akan meningkatkan SEO On-Page pada kedua artikel tersebut.

4. LOADING BLOG


Cara ampuh lainnya untuk mempercepat proses index posting blog adalah dengan meringankan ukuran blog itu sendiri untuk mempercepat loading blog, karena ada dasarnya loading blog berbanding lurus dengan lama pendindexan, artinnya semakin berat ukuran blog maka akan semakin lama pula proses pengindex.an tersebut.

Namun, perlu dicatat bahwa loading blog ini tidak secara langsung berdampak pada SEO, karena hanya berpengaruh pada lama cepatnya proses pengindex.an artikel.

Ada banyak hal yang mempengaruhi kecepat load suatu situs blog, diantaranya adalah :

  • Media seperti Foto dan Video
  • JavaScript

5. BLOGWALKING


Blogwalking adalah aktifitas silaturahmi yang dilakukan antar blogger, jadi dalam melakukan blogwalking kita akan mengunjungi blog lain untuk memberikan komentar yang relevan dengan isi artikel, sekaligus untuk mendapatkan backlink dari blog yang kita komentari tersebut.

Akan ada 3 manfaat yang akan didapat jika kita melakukan blogwalking :

  • Mendapatkan backlink
  • Menambah pengunjung
  • Mempercepat index blog

Ketiga manfaat tersebut sebenarnya saling berkaitan, dimana jika kita mendapatkan backlink > maka ranking artikel akan naik, begitu pula dengan jumlah pengunjung > hal ini akan membuat proses pengindexan menjadi lebih cepat.

6. PING


Cara Meningkatkan Kecepatan Index Blog di Google dengan Ping

Ping merupakan proses memanggil search engine (google, bing, dll) untuk memberitahukan bahwa ada artikel baru yang perlu segera diindeks. Kasarnya, Ping adalah aktifitas 'memaksa' bot search engine untuk mengindex url yang di submit. Saya katakan memaksa karena pada kenyataanya NgePing secara langsung menyuruh bot untuk mengindex url yang sebenarnya belum gilirannya untuk diindex.

Itulah salah satu alasan kenapa banyak para praktisi SEO senior yang menyarankan untuk terlalu sering melakukan ping blog, karena nanti jatuhnya bukan mempercepat index blog, malahan justru akan membuat blog kita dicap sebagai blog spam.

Jika Anda yang ingin mepercepat index dengan cara ping artikel, saran saya cukup gunakan fasilitas ping sekali saja dalam sehari atau lebih amannya 1 minggu 1 kali (tergantung intensitas update). Selain itu pilihlah situs ping yang berkualitas, silahkan baca Daftar Situs Ping Otomatis.

7. GOOGLE ADD NEW SITE


Google add new site atau sering juga disebut dengan Google submit url adalah tool yang disediakan khusus oleh Google untuk para webmaster untuk memberitahukan bot Google agar mengindeks url artikel yang kita submit. Bisa dibilang Google Add New Site ini adalah Tool Ping resmi dari Google.

Cara kerja situs pinger sebenarnya sangat sederhana :

Submit url artikel > Bot mengunjungi dan mengindeks artikel tersebut > Artikel muncul di Google

Cara ini sering sekali saya gunakan untuk mempercepat index pada artikel yang sedang ngetrend (yang sedang booming) atau artikel yang membutuhkan pengindex.an segera. Dan cara ini terbukti sangat ampuh karena saat kita men-submit url, maka saat itu pula artikel kita akan muncul di Google, tidak percaya ? silahkan Anda coba sendiri dengan submit url artikel di Webmaster.

0 Response to "Cara Meningkatkan Artikel Untuk Di Index Google"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel