Pengertian Media Pembelajaran

Jejak Pendidikan- Kata media berasal dari bahasa latin, yang merupakan bentuk jamak dari kata medium, yang berarti sesuatu yang terletak di tengah (antara dua pihak atau kutub) atau suatu alat.

Association for Educational Communication and Technology (AECT, 1977) mendefinisikan media sebagai segala bentuk yang digunakan untuk menyalurkan informasi.

Berbeda dengan pendapat Briggs (1977) yang mengatakan bahwa media pada hakikatnya adalah peralatan fisik yang membawakan atau menyempurnakan isi pembelajaran. Termasuk didalamnya buku, videotape, slide suara, suara guru, atau salahsatu komponen dari suatu sistem penyampaian. Di dalamnya tercakup segala peralatan fisik pada komunikasi seperti buku, slide, buku ajar, taperecorder.
Pengertian Media Pembelajaran


Education Association (NEA) mendefinisikan media sebagai benda yang dapat dimanipilasikan, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrumen yang dapat dipergunakan dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar, dapat mempengaruhi efektifitas program intruksional.

Dari beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa media merupakan sesuatu yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan audien sehingga dapat mendorong proses belajar pada dirinya. Penggunaan media secara kreatif akan memungkinkan audien untuk belajar lebih baik.

Secara lebih utuh mediapembelajaran dapat didefinisikan sebagai alat bantu berupa fisik maupun nonfisik yang sengaja digunakan sebagai perantara guru (pendidik) dan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran agar lebih efektif dan efisien. Sehingga materi pembelajaran lebih cepat diterima siswa secara utuh dan dapat menarik minat siswa untuk belajar lebih lanjut.


Rujukan:
Basyaruddin Usman dan Asnawir, MediaPembelajaran, (Jakarta: Cipupat pers, 2002)
Sri Anitah, MediaPembelajaran, (Surakarta: Yuma Pressindo, 2009).

0 Response to "Pengertian Media Pembelajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel