Cara Baca Kode ELCO SMD

Cara baca kode ELCO SMD - Contoh -> 100µF 16V, 470µF 10V, 1000µF 6.3V atau 3300µF 16V. Nilai kapasitansi tertera dengan jelas pada label bodi, Jadi sangat mudah untuk menentukan nilainya. 

Cara Baca Kode ELCO SMD

Hal yang perlu diingat adalah bahwa Electrolytic Capacitor (ELCO) adalah jenis kapasitor yang memiliki polaritas (+) dan (-), sehingga harus diperhatikan dalam pemasangannya. 

Seperti yang ditunjukkan di atas, pada badan kapasitor juga terdapat tanda yang menunjukkan polaritas negatif (-) dari kapasitor elektrolitik. Selain itu, ketahanan panas kapasitor juga tertulis jelas pada label bodi. Misalnya 85°C dan 105°C.

Kapasitor SMD sangat mudah dikenali pada sebuah PCB, biasanya berwarna coklat, atau pada papan tersebut tertulis kode C, TC, CP, CN. Ada beberapa jenis yang umum digunakan, antara lain kapasitor keramik, kapasitor Tantalum, kapasitor Electrolite/ELCO, kapasitor TOKIN, dan lain-lain. 

Hal ini sangat penting untuk kita ketahui agar tidak salah dalam mengidentifikasi komponen-komponen tersebut, karena secara fisik mirip dengan komponen lainnya. ambil contoh kapasitor keramik yang mirip dengan resistor atau induktor.

Baca juga : Cara Membaca Kode IC Pada Resistor Dan Transistor

Selain itu kita juga harus mengetahui fungsi penggunaan kapasitor dalam suatu rangkaian, beberapa diantaranya adalah :

  • Sebagai penghubung antara satu sirkuit dengan sirkuit lainnya
  • Sebagai filter di sirkuit catu daya
  • Sebagai pembangkit frekuensi dalam rangkaian osilator
  • Untuk menghemat listrik pada lampu neon
  • Menghilangkan bouncing (lompat api)
  • Satuan kapasitor adalah Farad yang merupakan singkatan dari F

  1. F = Farad >>1F=1000mF
  2. mF= mili Farad >>1uF=1000uF
  3. uF= mikro Farad >>1uF=1000nF
  4. nF= nano Farad >>1nF=1000pF
  5. pF= pico Farad >>1pF=0.001nF

Berikut adalah Cara Baca Kode ELCO SMD

Gunakan alat ukur untuk mengetahui nilainya, Tapi untuk tipe Tantalum, kodenya bisa kita temukan di bodynya, jadi kita bisa dengan mudah mengetahui dan membaca Kode ELCO SMD pada nilai kapasitornya. 

Dalam pengkodean nilai kapasitor ada beberapa macam seperti gambar dibawah ini.

Berikut adalah contoh cara mengukur nilai Kapasitor :

Kami akan mencoba menghitung Casing Kapasitor A dimana pada gambar menunjukkan Kode = A106 Huruf A menunjukkan tegangan kerja kapasitor dan dapat di cek pada tabel di bawah ini, A = 10V, dan 106 menunjukkan nilai kapasitor sesuai tabel, yang mana adalah 10uF. Jadi Kapasitor dengan Kode A106 = 10uF/10V

Anda bisa mencoba sendiri kode-kode lainnya untuk menghitungnya sesuai dengan Standard Value dan Case size yang berlaku, anda bisa mendownload sendiri detail coding kapasitor untuk masing-masing merk atau anda bisa mencari di Google dengan kata kunci "smd kapasitor kode".

0 Response to "Cara Baca Kode ELCO SMD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel