9 Alat Bengkel Buatan Sendiri dan Fungsinya

Alat bengkel buatan sendiri - Alat untuk reparasi mobil dan sepeda motor wajib ada di setiap bengkel, karena fungsinya yang dapat membantu mempermudah pekerjaan yang berat. 

9 Alat Bengkel Buatan Sendiri dan Fungsinya

Perlengkapan bengkel biasanya dibagi menjadi 2 bagian yaitu perkakas tangan dan perkakas listrik. Hand tools adalah alat yang mengandalkan kekuatan tangan, sedangkan power tools adalah alat yang mengandalkan tenaga listrik. 

Baca juga : Pengertian Pole Motor Yang Perlu Anda Ketahui

Berikut adalah 9 Alat bengkel buatan sendiri dan fungsinya

1.  Dongkrak

Dongkrak adalah alat yang berfungsi untuk mengangkat bagian samping kendaraan, Misalnya mengangkat hanya bagian belakang atau bagian depan saja dan Dongkrak adalah alat penting untuk dimiliki.

2. Kunci T

Kunci Pas adalah alat yang digunakan untuk memasang atau melepas mur/baut dengan waktu yang lebih cepat pada posisi mur/baut yang mudah dijangkau anda bisa membuatnya sendiri jika ada alatnya.

3. Tang

Tang merupakan peralatan bengkel yang bisa dibuat sendiri dan sering kita jumpai di setiap bengkel motor dan mobil karena fungsinya yang banyak. Pada umumnya tang ini berfungsi untuk menjepit benda kerja. Tang juga banyak jenisnya seperti tang potong, tang kombinasi, tang lancip dan lain-lain.

 4. Palu

Palu digunakan untuk memukul logam, paku keling bulat dan sebagainya. Palu juga memiliki beberapa jenis yaitu ada palu karet dan palu besi, anda juga membuatnya sendiri menggunakan kayu.

5. Obeng

Obeng adalah alat perbaikan mobil yang bisa dibuat sendiri dan juga berfungsi untuk membuka atau mengencangkan baut. Secara umum ada 2 jenis obeng yaitu obeng minus dan obeng plus.

6. Kunci Inggris

Kunci pas merupakan salah satu kunci yang unik karena dapat menyesuaikan ukuran mur atau baut. Kunci pas tidak direkomendasikan untuk pekerjaan yang membutuhkan porsi besar.

7. Kunci Sock

Shock lock atau biasa disebut quasi-lock berfungsi untuk melepaskan atau mengencangkan baut atau mur yang berbentuk hexagonal atau heksagonal.

8. Kunci pas

Kunci pas digunakan untuk melepas atau mengendurkan baut, Biasanya kunci ring ini bisa digunakan secara praktis.

9. Gerinda

Mesin gerinda umumnya digunakan untuk mengasah/memotong atau menggiling benda kerja dengan kebutuhan tertentu.

0 Response to "9 Alat Bengkel Buatan Sendiri dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel