Tips Dalam sesi interview kerja, kamu ditanya: “Kenapa kami harus menerima kamu? Kontribusi apa yang bisa kamu berikan kepada perusahaan?”

 Dalam sesi interview kerja, kamu ditanya:

“Kenapa kami harus menerima kamu? Kontribusi apa yang bisa kamu berikan kepada perusahaan?” Padahal kamu adalah seorang fresh graduate tanpa pengalaman kerja maupun magang di perusahaan. Kontribusi apa yang bisa diberikan seorang kandidat yang tanpa pengalaman kerja sama sekali? Tipsnya adalah, 1️⃣ kamu harus tetap CONFIDENT yakni percaya diri, karena ketika CV mu berhasil mendatangkan wawancara ini, berarti perusahaan sudah mempertimbangkan untuk merekrut kandidat fresh graduates tanpa pengalaman kerja. 2️⃣ Jawaban kamu mengenai bagaimana kamu berkontribusi ke perusahaan harus lebih menjelaskan mengenai PERSONAL STRENGTHS yakin kelebihan personal kamu seperti misalnya kamu orang yang disiplin, tepat waktu, pekerja keras, detil, seorang team player, dll. belum lagi mengenai motivasi dan semangat kerja yang tinggi sebagai seorang fresh graduate. 3️⃣ Sertai jawaban mengenai personal strengths tadi harus disertai EXAMPLES alias contoh-contoh baik di kegiatan ekskul kampus, kepanitiaan, dll. Contoh-contoh tersebut akan membuat interviewer mampu memvisualisasikan skill-skill yang kamu sampaikan itu. Contoh kalimat jawabannya kurang lebih seperti ini: “Menurut saya, YA perusahaan harus menerima saya karena saya akan memberikan kontribusi positif kepada perusahaan ini. Karena saya adalah seorang talent yang memiliki etos kerja dan motivasi tinggi, disiplin serta tepat waktu. Ini terbukti ketika saat saya aktif sebagai asisten laboratorium proses produksi dimana saya selalu datang paling pagi ke lab, menyiapkan peralatan serta administrasi secara tepat waktu sehingga kegiatan praktikum mahasiswa dapat berjalan dengan baik dan sesuai jadwalnya, yang sehari ada 3 jadwal praktikum. Pun saya tidak keberatan untuk pulang dari lab lebih belakangan untuk membereskan peralatan sehingga memudahkan pekerjaan di besok paginya. Selain itu, saya pun tipe orang yang suka dan cepat belajar hal baru, terutama pada bidang yang saya minati seperti posisi yang saya lamar sekarang ini. Dengan tipikal saya yang disiplin, tepat waktu, termotivasi, serta cepat belajar, saya yakin saya akan segera memberi kontribusi positif ketika saya diterima di perusahaan ini.”

0 Response to "Tips Dalam sesi interview kerja, kamu ditanya: “Kenapa kami harus menerima kamu? Kontribusi apa yang bisa kamu berikan kepada perusahaan?”"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel