Penyebab Kaca Aquarium Berembun Dan Cara Menghilangkannya

Penyebab kaca Aquarium berembun adalah hawa dingin didalam air, lama kelamaan akan membentuk embun pada kaca akuarium, sehingga mengurangi kejernihan kaca akuarium itu sendiri. Jika hal ini terjadi pada akuarium Anda, tentu akan mengurangi nilai keindahannya.



Penyebab Kaca Aquarium Berembun Dan Cara Menghilangkannya




Merawat aquarium merupakan salah satu kegiatan wajib bagi para penghobi ikan hias. Merawat dan merawat akuarium tidak hanya tentang kualitas air dan kesehatan ikan di akuarium itu sendiri. Namun, membersihkan kaca dan menjaganya tetap bersih juga termasuk. Bagi pecinta ikan hias, menjadi syarat mutlak untuk menjaga kaca aquarium agar selalu terlihat jernih dan bening. Hal ini dianggap penting karena menjadi salah satu nilai estetika dalam dunia perikanan-dekorasi. Jika kaca akuarium selalu terlihat bersih, maka akuarium akan terlihat indah dan enak dipandang.


Beberapa penghobi ikan hias terlalu disibukkan dengan dekorasi dan ikan hias yang dipeliharanya, sehingga seringkali mengabaikan kebersihan kaca aquarium sehingga tidak dijaga dan dirawat. Ujung-ujungnya kotoran secara tidak sadar menumpuk di dinding kaca akuarium yang akhirnya sulit dibersihkan. 


Baca juga : 7 Cara Menumbuhkan Lumut Di Kolam Terpal


Cara Menjaga Kaca Akuarium Agar Tetap bening dan tidak berembun


Untuk mengatasi masalah tersebut, perawatan kaca aquarium juga menjadi salah satu prioritas utama. Tidak hanya kualitas air dan ikan di dalamnya, dinding kaca akuarium juga perlu dijaga dan dirawat. Sebenarnya untuk menjaga agar kaca aquarium sendiri terlihat bening dan tidak berembun tidaklah sulit. Jika dilakukan dengan pembersihan yang benar, maka masalah embun dan noda tidak akan muncul pada kaca akuarium Anda.


Berikut ini akan kita bahas cara membersihkan kaca aquarium dengan baik dan benar agar terhindar dari embun, kerak dan flek yang bisa timbul pada kaca aquarium anda. Jika dilakukan dengan hati-hati, kaca akuarium Anda akan selalu terlihat jernih dan bening tanpa embun. Jangan membersihkannya menggunakan obat kerak kaca akuarium karena mengandung bahan kimia yang dapat mengganggu kehidupan dan ekosistem kehidupan di akuarium itu sendiri. 


Berikut adalah Penyebab kaca Aquarium berembun, dan cara menghilangkannya


1. Bersihkan Dengan Scrapper Alga


Gunakan pengikis alga - Algae crusher adalah alat aquarium yang digunakan untuk menghilangkan dan membersihkan embun di dinding kaca aquarium anda.embun dapat disebabkan oleh kualitas air yang bisa membuat embun di dalam akuarium salah satunya pada dinding kaca.


Cara menghilangkan embun di kaca Aquarium - Gosokkan saja ujung karet ke dinding kaca di akuarium. Gosok dalam dua arah yang berlawanan, atas dan bawah dan ke samping. Ulangi sampai kaca benar-benar bersih dan kasar. Jika sentuhannya masih terasa licin, maka bisa dipastikan kaca aquarium Anda tidak bersih. Gosok kembali hingga terasa kasar saat disentuh dengan ujung jari. Lakukan pembersihan dengan scrapper/wiper ganggang ini secara rutin setiap hari atau maksimal 2 hari sekali. Jangan menunggu sampai dinding kaca akuarium dipenuhi ganggang, karena akan sulit dibersihkan.


2. Bersihkan dengan Busa Halus


Salah satu alat yang dibutuhkan untuk memberishkan kaca aquarium dari embun adalah busa. Gunakan busa untuk membersihkan dinding kaca akuarium secara rutin minimal seminggu sekali. Fungsinya untuk mencegah menempelnya sisa-sisa kotoran pada kaca yang bisa mengakbatkan terjadinya embun.

 

Cara pemakaian busa untuk menghilangkan embun di aquaruim - Gunakan spons steril, bebas sabun dan bahan kimia. Gosok spons dengan gerakan memutar berulang kali di bagian dalam tangki aquarium sampai terasa kasar saat disentuh dengan ujung jari Anda. Untuk membersihkan sudut-sudut akuarium, Anda bisa menggunakan spons dengan gerakan naik turun berulang kali hingga sudut-sudut akuarium bersih dari embun. Anda juga bisa menggunakan spons untuk membersihkan perabotan di akuarium seperti power head, pipa, pemanas dan lain-lain.


3. Gunakan Alat Pencuci Piring


Selain digunakan untuk menggosok peralatan masak, ternyata kawat gosok juga berguna sebagai alat pembersih kaca aquarium yang berembun. Sifatnya yang sedikit kasar ternyata ampuh membersihkan sisa-sisa kotoran dan embun di dinding aquarium. Namun, Anda juga harus berhati-hati saat menggunakan kawat gosok pada permukaan kaca akuarium Anda. Jangan menggores dan melukai kaca karena dapat membuat kaca terlihat buram. Namun, kawat gosok pencuci piring relatif aman untuk membersihkan bagian dalam kaca akuarium.


Cara menggunakannya adalah dengan menggosoknya dengan lembut dan perlahan. Jangan menekan kawat ke kaca terlalu keras. Karena dapat menggores dan melukai kaca. Lakukan saja gerakan melingkar yang lembut dan perlahan pada dinding kaca bagian dalam. Jika terasa bersih dan sudah tidak ada embun, hentikan menggosok untuk meminimalkan goresan. Untuk frekuensi penggunaan, disarankan untuk tidak sering menggunakannya. Cukup gunakan sebulan sekali hingga 2 bulan sekali. Atau gunakan saja sesuai kebutuhan. 

0 Response to "Penyebab Kaca Aquarium Berembun Dan Cara Menghilangkannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel