Ciri Kerusakan IC Vertikal TV

Ciri kerusakan ic vertikal tv - Kerusakan ic vertikal tv biasanya terjadi pada TV dimana gambar raster hanya terfokus pada ketebalan garis bergelombang yang dapat disebabkan oleh putusnya defleksi yoke di bagian minus vertikal (-V). Defleksi yoke dapat dibentuk dari dua lilitan secara horizontal dan vertikal, untuk memeriksa apakah ada shrit atau putus maka coba lepas ujung konektor pada PCB dan ukur hambatannya.

Ciri Kerusakan IC Vertikal TV

IC vertikal (+24Vcc) tidak memiliki tegangan suplai karena resistor rusak, konektor defleksi yoke rusak, rangkaian vertikal putus, atau bisa juga karena raster terlalu terang. Untuk mengetahui penyebab kerusakan TV garis horizontal, dapat dilihat bahwa yang paling umum adalah kerusakan IC vertikal, tetapi sangat jarang juga disebabkan oleh faktor yang tidak terduga.

Jika salah satu dari dua kumparan terputus maka itulah penyebabnya. Diketahui juga bahwa jika pengukuran resistansi kedua kumparan memiliki nilai yang sama, tetapi jika berbeda, ada kemungkinan korsleting atau gangguan.

Baca juga : Bagian Bagian Tespen Dan Fungsinya

Garis Vertikal TV Rusak Di Atas - Ada beberapa garis horizontal di bagian atas layar yang terlihat mirip dengan blanking damage yang biasanya terjadi di bagian horizontal. Hal ini bisa terjadi karena jika IC vertikal memiliki pin output Pump Up, maka area atau komponen di sekitarnya menjadi penyebabnya.

Pump up pada IC vertikal ini telah terintegrasi dengan IC vertikal yang telah dimasukkan ke dalam vertikal out dengan fungsi sebagai pembangkit tegangan tinggi untuk proses vertical retrace seperti proses penyapuan vertikal dari atas dan bawah layar CRT.

Rangkaian pump up vertikal ini dibantu oleh dua komponen eksternal berupa elco dan dioda, jika kedua komponen eksternal atau IC vertikal tersebut rusak maka akan menyebabkan kerusakan pada jalur vertikal diatasnya. Disarankan untuk mengganti elco pump up terlebih dahulu seperti gambar di atas.

TV Rusak Gambar Cekung - Hal ini dapat menyebabkan gambar di layar TV menjadi cekung seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Cacat ini juga dikenal sebagai EW (timur-barat) atau cacat bantalan atau cacat pin-cussion. Kerusakan ini disebabkan oleh rangkaian EW (eat – wes) yang tidak bekerja secara normal dan dapat muncul pada TV flat slint dengan ukuran TV 20 inch. 

Jika TV menggunakan rangkaian Timur-Barat maka periksa transistor driver EW bisa short atau bocor, kapasitor filter model EW, IC driver EW rusak, lilitan pada rangkaian EW, biasanya komponen ini terletak di dekat horizontal out .

Jika TV tidak menggunakan sirkuit Timur Barat, periksa tegangan B+ normal, periksa defleksi yoke normal/sudah diganti dengan yang tidak asli, periksa apakah mode zoom pada TV aktif.

0 Response to "Ciri Kerusakan IC Vertikal TV"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel