Cara Ternak Burung Puyuh Petelur 100 Ekor

Cara ternak burung puyuh Petelur 100 ekor -  Burung puyuh lokal dapat bertelur 250 hingga 300 butir per tahun dan memiliki dimensi tubuh yang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan jenis puyuh lainnya, dengan bulu berwarna coklat atau hitam.

Cara Ternak Burung Puyuh Petelur 100 Ekor

Membicarakan masalah Cara ternak burung puyuh Petelur 100 ekor memang sangat menarik, terutama berfokus pada dunia hobi yang disukai oleh para pelaksana yang menjalaninya, akan berdampak positif dan memiliki peluang yang sangat besar, seiring berjalannya waktu untuk membangun sebuah bisnis juga sebagai hobi yang tersalurkan tentunya.

Puyuh bangkok atau malond merupakan jenis puyuh dengan dimensi yang lebih besar dibandingkan jenis puyuh petelur lainnya. Namun, mayoritas penggembala memelihara puyuh Bangkok untuk diambil dagingnya. Karena pada umur 40-50 hari, puyuh bangkok sudah bisa dipotong dengan berat bersih 200 gram daging hingga 250 gram per ekor.

Untuk pemasaran telur, mayoritas penggembala di pulau jawa menggunakan bibit dari persilangan puyuh bangkok dan puyuh jenis lainnya. Puyuh hasil persilangan ini disebut puyuh bastar. Dimensi telur yang diperoleh puyuh bastar biasanya lebih besar dibandingkan dengan jenis telur puyuh lainnya.

Berikut adalah Cara ternak burung puyuh Petelur 100 ekor

Metode pemeliharaan puyuh petelur saat ini, yang pertama adalah sistem kandang litter dan yang kedua adalah pemeliharaan puyuh dengan kandang listrik. 

Membuat kandang puyuh bertelur lebih hemat dari pada membuat kandang baterai, namun memelihara dan memanen telur puyuh jauh lebih mudah jika kita membudidayakan puyuh petelur dalam kandang listrik. Di kandang telur puyuh sering dikubur di pasir, akibatnya sering diinjak orang yang akan memanen telurnya.

Litter adalah alas lantai kandang yang terbuat dari bubuk atau butiran barang yang dapat menyerap air dan memiliki karakter yang cukup halus. Ada 2 jenis kandang litter - Kandang litter stage : Biasa digunakan di peternakan ayam broiler (etnik) kandang litter stage terkadang bisa diganti dengan kandang listrik, triknya adalah dengan mengangkut (membuang litter). Beberapa bahan dapat disentuh oleh sampah; bubuk (sill ash), sekam, dan jerami.

Salah satu kelemahan budidaya puyuh di kandang litter adalah puyuh rentan mengalami gangguan pernafasan jika litter terlalu tua atau tidak diganti, litter harus diganti sesering mungkin, jika litter dipadatkan agar ada kandungan amonia di dalamnya. kandang. kandang puyuh pasti bertambah.

Keuntungan menggunakan litter adalah untuk kesehatan hewan peliharaan puyuh, terutama kesehatan kaki karena litter jauh lebih halus dibandingkan lantai kandang baterai yang biasanya terbuat dari bingkai kisi-kisi atau kawat rajutan. Kandang serasah lantai, kandang ini hanya bisa digunakan sebagai kandang litter karena litter akan bertebaran di lantai dasar kandang. Bayaran untuk kandang litter lantai ini jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan kandang litter panggung.

Penempatan Kandang yang Tepat - Dalam menentukan posisi kandang, ada beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan agar puyuh dapat menghasilkan telur secara optimal. Kondisi tersebut antara lain:

  • Pilihlah posisi yang jauh dari pemukiman masyarakat, karena posisi yang ramai akan menimbulkan keributan yang dapat membuat burung puyuh stress.
  • Posisi kandang puyuh dapat dengan mudah dijangkau dengan peralatan bergerak. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan proses perawatan dan penjualan.
  • Upayakan agar posisi yang dipilih bebas dari wabah penyakit. Dengan begitu biaya kesehatan bisa diminimalisir. Kondisi kandang juga harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Hal ini agar gas amoniak yang keluar dari kotoran burung puyuh dapat dikeluarkan dari ruangan dengan udara segar.

Agar puyuh dapat menghasilkan telur secara optimal, maka perlu mengkonsumsi nutrisi yang cukup. Oleh karena itu, diperlukan pakan yang berkualitas yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin burung puyuh. 

0 Response to "Cara Ternak Burung Puyuh Petelur 100 Ekor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel