Cara Membuka/ Membaca Pesan yang Dihapus di Whatsapp Enkripsi End to End

Banyak sekali orang yang ingin tahu/ kepo apa isi percakapan dari pasangan, teman, anak atau orag terdekat karena satu alasan tertentu. Bisakah? Yuk simak Cara Membuka/ Membaca Pesan yang Dihapus di Whatsapp Enkripsi End to End. Semoga bermanfaat.


Cara Membuka/ Membaca Pesan yang Dihapus di Whatsapp Enkripsi End to End

Bagaimana Cara Membuka/ Membaca Pesan yang Dihapus di Whatsapp Enkripsi End to End?

Mungkin anda sudah banyak membuka internet dan belakar tentang membongkar end to end encription whatsapp karena misalnya curiga dengan isi chat pasangan. Apalagi chatnya dihapus-hapus. Semakin mencurigakan.

Bisakah?

Jawaban singkatnya bisa. Syarat ketentuan berlaku. Yakni untuk kasus tertentu.

kalau saya pribadi dahulu pernah mencoba oprak oprek untuk membuka chat wa yang dihapus. Atau membongkar enkripsi end to end. 

Dengan software, aplikasi, root dan rumus-rumus lainnya. Sayangnya untuk membuka chat saya tidak bisa. Adapun membuka gambar masih bisa dengan beberapa aplikasi. Yakni membuka gambar yang sudah dihapus atau yang ekstensinya masih tersimpan di my file.

Apa itu enkripsi end to end? Secara bahasa yang mudah dipahami adalah hanya anda dan lawan chat anda yang tahu apa isi chat. Orang lain tidak akan pernah bisa tahu meskipun oprak oprek sana sini. Begitu kira2.

AAAAA



Mengenai enkripsi end-to-end

Dalam sumber resmi whatsapp ditulis sbb

Privasi dan keamanan ada di dalam DNA kami, oleh karena itu kami membangun enkripsi end-to-end ke dalam aplikasi kami. Ketika terenkripsi secara end-to-end, pesan, foto, video, pesan suara, dokumen, pembaruan status, dan panggilan Anda diamankan agar tidak jatuh ke tangan yang salah.

Enkripsi end-to-end WhatsApp digunakan ketika Anda chat dengan pengguna lain menggunakan WhatsApp Messenger. Enkripsi end-to-end WhatsApp memastikan bahwa hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda saja yang dapat membaca atau mendengarkan apa yang dikirim, dan tidak ada orang lain di antaranya, bahkan WhatsApp. 

Hal ini karena, dengan enkripsi secara end-to-end, pesan Anda diamankan dengan kunci. Hanya penerima pesan dan Anda saja yang memiliki kunci spesial yang diperlukan untuk membuka kunci dan membaca pesan Anda. Semua ini terjadi secara otomatis: Anda tidak perlu mengaktifkan setelan tertentu untuk mengamankan pesan Anda.


Mengapa WhatsApp menawarkan enkripsi end-to-end dan apa artinya dalam menjaga keamanan para pengguna?

Keamanan sangat penting bagi layanan yang WhatsApp sediakan. Kami telah melihat banyak kejadian di mana peretas kriminal secara ilegal memperoleh banyak data pribadi dan menyalahgunakan teknologi untuk mencederai orang-orang dengan informasi curian tersebut. Sejak menyelesaikan implementasi enkripsi end-to-end di tahun 2016, keamanan digital menjadi semakin penting.

WhatsApp tidak memiliki kemampuan untuk melihat isi pesan atau mendengarkan panggilan yang terenkripsi secara end-to-end. Hal ini karena proses enkripsi dan dekripsi pesan yang dikirim dan diterima di WhatsApp sepenuhnya terjadi pada perangkat Anda. Sebelum pesan meninggalkan perangkat Anda, pesan ini diamankan dengan kunci kriptografi dan hanya penerima pesan saja yang memiliki kuncinya. Sebagai tambahan, kunci tersebut berubah setiap kali pesan dikirim. Meskipun semua ini berjalan di belakang layar, Anda dapat mengonfirmasi bahwa percakapan Anda dilindungi dengan memeriksa kode verifikasi keamanan pada perangkat Anda. Anda dapat membaca detail selengkapnya mengenai cara kerjanya di buku putih kami.

Tentunya, pengguna bertanya-tanya mengenai apa artinya enkripsi end-to-end bagi tugas penegak hukum. WhatsApp menghargai tugas penegak hukum untuk melindungi keamanan orang-orang di seluruh dunia. Kami secara saksama meninjau, memeriksa, dan merespons permintaan penegak hukum berdasarkan kebijakan dan hukum yang berlaku, dan kami memprioritaskan respons untuk permintaan darurat. Sebagai bagian dari upaya edukasi, kami menerbitkan informasi bagi penegak hukum mengenai informasi terbatas yang kami kumpulkan dan bagaimana mereka dapat mengajukan permintaan ke WhatsApp, yang dapat Anda baca di sini.

AAAAA



Apa Itu Enkripsi End to End WA?

Dalam beberapa sumber ditulis sbb: Sebelum membahas sistem keamanan end-to-end encryption yang ada di WhatsApp dan beberapa aplikasi perpesanan lainnya, ada baiknya memahami dulu apa itu enkripsi. Secara sederhana, enkripsi adalah sebuah metode yang memungkinkan sebuah informasi "terkunci". 

Dirangkum dari Search Security, pesan terbuka (plaintext) yang dienkripsi, akan diubah ke dalam sebuah kode acak rahasia sehingga informasi sebenarnya tidak bisa dibaca. Metode itu disebut pula dengan kriptografi. Dalam dunia komputer, pesan yang terenkripsi disebut ciphertext. Formula yang digunakan untuk mengunci dan membuka kunci ciphertext disebut algoritma enkripsi alias ciphers. Di dalam cipher, terdapat variabel unik.

Apabila di tengah pengiriman pesan terenkripsi ada penyusup yang tidak sah dan ingin mengintip isi pesan, si penyusup harus menebak sandi mana yang digunakan pengirim untuk mengenkripsi pesan tersebut serta variabel mana yang digunakan sebagai kunci untuk membuka pesan. 

Tingkat kesulitan inilah yang membuat enkripsi menjadi sistem keamanan yang diunggulkan saat ini. Banyak data sensitif dilindungi dengan sistem enkripsi, seperti data dari pemerintah dan militer. Namun dewasa ini, sistem enkripsi digunakan pula untuk melindungi data yang disimpan di dalam komputer dan penyimpanan perangkat. Termasuk data yang transit melalui jaringan.dan cepat:

Sistem enkripsi ada beberapa macam. Salah satunya adalah end-to-end encryption. Sistem ini menjamin bahwa pesan yang dikirim antara dua pihak, tidak dapat diintip oleh peretas yang mencegat jalur komunikasi. Jalur komunikasi pesan terenkripsi didukung oleh Transport Layer Security (TLS) yang menghubungkan antara web client dan software web server. Namun, enkripsi biasa saja tidak cukup. Itu sebabnya client software melapisi pesan dengan enkripsi dari ujung ke ujung sebelum dikirim ke web client. Pesan hanya bisa didekripsi atau dibuka oleh penerima.

Untuk melindungi seluruh percakapan yang ada di akun personal penggunanya, WhatsApp menggunakan Signal Protocol yang dikembangkan oleh Open Whisper System. Protokol yang sama juga digunakan oleh pesaing WhatsApp, Signal untuk melindungi percakapan di aplikasinya. Dihimpun dari Business Today, Cara kerjanya, ketika pertama kali pengguna membuka apikasi WhatsApp, ada dua kunci berbeda yang dihasilkan, yakni kunci publik dan privat. Proses enkripsi sendiri terjadi di dalam ponsel.

Kunci privat akan tetap dipegang pengguna, sementara kunci publik akan ditransfer ke penerima melalui server pusat WhatsApp. Kunci publik tersebut mengenkripsi atau melindungi pesan yang dikirim pengguna, bahkan sebelum pesan sampai ke server pusat. Server pusat WhatsApp hanya akan menyimpan pesan yang telah dienkripsi. Pesan tersebut hanya bisa dibuka dengan kunci privat yang dipegang penerima. Singkatnya, selama perjalanan, pesan yang terenkripsi akan tersandi dan sangat sulit diretas dan diintip pihak yang tak berhak, termasuk pihak WhatsApp.

Sementara itu dalam sumber yang lain Online, Jakarta - Enkripsi end-to-end adalah metode komunikasi aman yang mencegah pihak ketiga mengakses data saat ditransfer dari satu sistem atau perangkat ke perangkat lainnya.

Pada prinsipnya, enkripsi end-to-end ini mencegah calon penyadap rahasia, termasuk penyedia telekomunikasi, penyedia Internet, dan bahkan penyedia layanan komunikasi agar tidak dapat mengakses kunci kriptografi yang diperlukan untuk mendekripsi percakapan.

Data dienkripsi pada sistem atau perangkat pengirim dan hanya penerima yang dapat mendekripsi. Kunci kriptografi yang digunakan untuk mengenkripsi dan mendekripsi pesan disimpan secara eksklusif pada titik akhir, sebuah trik yang dimungkinkan melalui penggunaan enkripsi kunci publik.

Perangkat lunak pengiriman pesan enkripsi end-to-end pertama yang banyak digunakan adalah Pretty Good Privacy, yang mengamankan email dan file yang disimpan, serta mengamankan tanda tangan digital. Aplikasi perpesanan teks sering menggunakan enkripsi ujung ke ujung, termasuk Jabber, TextSecure, dan iMessage Apple.

Enkripsi end-to-end mengimplementasikan TLS yang dimaksudkan untuk mencegah data dibaca atau dimodifikasi, selain oleh pengirim dan penerima yang sebenarnya. Pesan dienkripsi oleh pengirim tetapi pihak ketiga tidak memiliki sarana untuk mendekripsi mereka.

Dalam sumber inet detik ditulis sbb: Sejarah enkripsi sebenarnya sudah berlangsung ribuan tahun yang lalu, tujuannya supaya ketika sebuah pesan sedang diantar ke penerima pesan, kala dicegat dan dirampas di jalan, pesan tersebut tetap tidak bisa dibaca dengan mudah isinya, karena bukan lagi berisi tulisan standar, melainkan tulisan yang sudah dienkripsi dengan metode tertentu.

Misalkan pesan berisi kalimat "Apa Kabar, dienkripsi dengan teknik sangat mudah dengan memajukan sebuah huruf, akan tertulis menjadi "Bqb Lbcbs". Tanpa tahu kuncinya, maka "perampas" pesan tidak bisa membaca pesan tersebut.

Teknologi enkripsi sekarang jauh lebih canggih, 128bit, 256bit, dimana pesan jika dikirimkan dan dihack di tengah jalan --untuk mengetahui isinya dengan cara "brute force", mencoba segala kunci oleh komputer-- akan bisa berlangsung bertahun-tahun sampai bisa dibaca.

Teknologi enkripsi sekarang dianggap penting untuk aplikasi berkirim pesan seperti WhatsApp sekalipun. Ketika kita mengetik pesan dan menekan send, tulisan kita dienkripsi, dan yang memiliki kunci untuk membuka enkripsi tersebut hanya kontak yang kita tuju. Enkripsi ini yang sering disebut end to end encryption.

Jika ada pihak ketiga di tengah jalan berhasil mengambil pesan yang kita kirim, pesan tersebut tidak mudah dibaca, karena tidak ada kunci untuk membacanya. Ini berlaku juga selain pesan tulisan juga untuk video, gambar, dan file yang kita kirimkan.

Apakah kita bisa membaca pesan Whatsapp orang lain? Tidak bisa dengan cara standar. Misalkan, Anda ingin tahu rekan Anda si A, mengirim pesan apa ke si B, walaupun Anda mengetahui berapa nomor telepon si A dan si B, tidak semudah itu Whatsapp mudah "dikadali".

Jika ada layanan di web yang menawarkan bisa membaca pesan Whatsapp asal kita tahu nomornya, itu adalah layanan bohong. Mengatasi enkripsi pesan Whatsapp dengan meretasnya di tengah jalan sangat sulit.

Yang memungkinkan adalah menggunakan fitur seperti WhatsApp Web, atau menanamkan program spy pada smartphone yang bersangkutan. Kedua metode ini perlu menghadirkan smartphone yang digunakannya.

Pada WhatsApp Web dengan membaca QR code dari smartphone agar diteruskan ke PC, atau menginstall aplikasi mata-mata tanpa pemilik smartphone tahu.

Untuk meyakinkan kalau pesan whatsApp kita tidak sedang dibaca PC di tempat lain yang mungkin dilakukan keluarga atau rekan ketika kita lengah, adalah membuka aplikasi whatsApp, setting, whatsApp web, dan log out from all computers.

Pada setting tersebut juga terlihat kapan terakhir pesan whatsapp kita dibaca oleh PC.

AAAAA



Kesimpulannya Adalah

Bisakah Cara Membuka/ Membaca Pesan yang Dihapus di Whatsapp Enkripsi End to End? Jawabannya tidak bisa.

Kecuali mungkin dilakukan oleh polisi ciber crime yang bekerja sama dengan whatsapp untuk mengungkap kasus kriminal kelas berat. 

Kalau untuk kepo apa isi chat pasangan anda sepertinya tidak bisa :). Karena itu bukan kriminal kelas berat.. Hehe


Kumpulan Grup WA Seputar Belajar Whatsapp

Check it dot




Informasi Mengenai Enkripis End to End Whatsapp

Berikut ini informasi tambahan tentang Cara Membuka/ Membaca Pesan yang Dihapus di Whatsapp Enkripsi End to End.

Cadangan yang Terenkripsi Secara End-to-end

Enkripsi end-to-end WhatsApp memastikan bahwa hanya Anda dan pengguna yang berkomunikasi dengan Anda saja yang dapat membaca pesan yang dikirim atau mendengar panggilan, dan tidak ada siapa pun di antaranya, bahkan WhatsApp. Dengan cadangan yang terenkripsi secara end-to-end, Anda juga dapat menambahkan lapisan perlindungan yang sama ke cadangan Anda di Google Drive atau iCloud.

Perlindungan kata sandi

Saat Anda membuat cadangan yang terenkripsi secara end-to-end, pesan dan media Anda disimpan di cloud dan diamankan dengan kata sandi atau kunci enkripsi 64 digit. Kata sandi dapat diubah kapan saja selama Anda memiliki akses ke kata sandi atau kunci Anda sebelumnya.

Catatan: Anda tidak akan dapat memulihkan cadangan jika Anda kehilangan chat WhatsApp dan lupa kata sandi atau kunci Anda. WhatsApp tidak dapat membantu menyetel ulang kata sandi atau memulihkan cadangan.

Mematikan cadangan yang terenkripsi secara end-to-end

Anda dapat memilih untuk mematikan cadangan yang terenkripsi secara end-to-end dengan menggunakan kata sandi atau kunci Anda, atau dengan melakukan autentikasi menggunakan biometrik atau PIN perangkat Anda. Jika Anda mematikan cadangan yang terenkripsi secara end-to-end, pesan dan media Anda tidak akan lagi dicadangkan ke cloud, kecuali Anda menyalakan setelan tersebut.


Cara Menyalakan dan Mematikan Cadangan yang Terenkripsi Secara End-to-end

WhatsApp menyediakan enkripsi end-to-end untuk semua pesan pribadi yang Anda kirim dan terima guna memastikan bahwa hanya Anda dan orang yang Anda ajak bicara yang dapat membaca atau mendengarkannya. Dengan cadangan yang terenkripsi secara end-to-end, Anda juga dapat menambahkan lapisan perlindungan yang sama ke cadangan Google Drive dan iCloud Anda.

Menyalakan cadangan yang terenkripsi secara end-to-end
  • Buka Setelan.
  • Ketuk Chat > Cadangan chat > Cadangan terenkripsi end-to-end.
  • Ketuk Nyalakan, lalu ikuti petunjuk untuk membuat kata sandi atau kunci.
  • Ketuk Buat lalu tunggu selagi WhatsApp menyiapkan cadangan Anda yang terenkripsi secara end-to-end. Anda mungkin perlu menyambungkan telepon ke sumber daya.
Catatan: Anda tidak akan dapat memulihkan cadangan jika Anda kehilangan chat WhatsApp dan lupa kata sandi atau kunci Anda. WhatsApp tidak dapat membantu menyetel ulang kata sandi atau memulihkan cadangan.


Mematikan cadangan yang terenkripsi secara end-to-end
  • Buka Setelan.
  • Ketuk Chat > Cadangan chat > Cadangan terenkripsi end-to-end.
  • Ketuk Matikan.
  • Masukkan kata sandi Anda.
  • Konfirmasikan bahwa Anda ingin mematikan cadangan terenkripsi dengan mengetuk Matikan.
Untuk informasi mengenai cara kami mengumpulkan dan memproses data Anda, termasuk cadangan yang terenkripsi secara end-to-end, silakan baca Kebijakan Privasi WhatsApp.


Sumber:


Demikian Cara Membuka/ Membaca Pesan yang Dihapus di Whatsapp Enkripsi End to End. Semoga bermanfaat. Share artikel Cara Membuka/ Membaca Pesan yang Dihapus di Whatsapp Enkripsi End to End ini ke teman anda ya?

Sukses



0 Response to "Cara Membuka/ Membaca Pesan yang Dihapus di Whatsapp Enkripsi End to End"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel