Fritzing - Rangkaian Modul RTC DS3231 Arduino

Part FritzingInti postingan :

Pada postingan ini akan membahas rangkaian modul RTC DS3231 pada LCD dan dikontrol menggunakan Arduino menggunakan Software Fritzing.

Modul RTC merupakan sebuah modul elektronik yang dapat menghitung waktu mulai detik, menit, jam tanggal, hari, bulan dan tahun secara akurat dan realtime kemudian datanya dapat kita simpan dan akan tetap terjaga walaupun tidak ada catu daya karena dibackup oleh baterai.

Modul RTC yang akan kita bahas ini yaitu DS3231 dengan konfigurasi pin-pinya yaitu SDA, SCL, VCC, dan GND yang akan kita hubungkan ke Arduino.

Review :

Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas cara menggunakan modul RTC DS3231 dimana data waktunya ditampilkan pada LCD 16x2 dan dikontrol dengan Arduino dengan rangkaian seperti berikut ini :
dengan keterangan pin :

RTC DS3231 :
  • SDA dihubungkan ke pin SDA
  • SCL dihubungkan ke pin SCL
  • VCC dihubungkan ke 3.3v
  • GND dihubungkan ke GND
LCD 16x2 I2C :

  • SDA dihubungkan ke pin A4
  • SCL dihubungkan ke pin A5
  • VCC dihubungkan ke 5V
  • GND dihubungkan ke GND
Bagi temen-temen yang belum tau cara membuat gambar rangkaian seperti diatas, caranya adalah menggunakan software Fritzing. Silahkan yang belum menginstal, download dulu di alamat resminya di sini.

Atau teman-teman yang sudah menginstal, namun masih bingung cara membuatnya dan belum mempunyai part-partnya...

Oke disini saya akan berbagi file fritzingnya, silahkan download di link di bawah ini.


Silahkan buka filenya, jika ingin mendapatkan file gambarnya tinggal klik File > Export > as Image > pilih jenisnya sesuai keinginan. Gunakan file ini untuk keperluan gambar laporan-laporan tugas sekolah atau bisa juga untuk membuat artikel.

Demikian pembahasan kali ini, jika teman-teman membutuhkan file fritzing lainnya silahkan komentar di bawah ini ya. Terima kasih.

0 Response to "Fritzing - Rangkaian Modul RTC DS3231 Arduino"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel