Fritzing - Rangkaian Modul Relay 4 Channel Bluetooth HC-05 dan Arduino Uno

Fritzing merupakan sebuah software yang digunakan untuk merancang komponen-komponen elektronik secara gambaran sebelum diimplementasikan ke perangkat sebenarnya.

Perancangan ini biasanya dimaksudkan untuk pembuatan sebuah dokumen-dokumen seperti skripsi dan tugas akhir maupun dokumen lainnya. Dengan melakukan perancangan tentu akan membantu pembaca agar tidak terjadi kesalahan dalam implementasinya.

Untuk dapat menggunakan fritzing silahkan download dulu software ini, ukuran filenya cukup ringan yaitu 141 Mb. Silahkan download pada link di bawah ini.

Download Fritzing 

Nah kali ini saya akan membahas Rangkaian Modul Relay 4 Channel, Bluetooth HC-05 dan Arduino Uno yang meneruskan postingan sebelumnya tentang Cara Kontrol Relay dengan Bluetooth HC-05 Aplikasi Android.

Yang pengen tau lebih dalam tentang Bluetooth HC-05 silahkan baca dulu


Review :
Rangkaian ini berfungsi untuk mengontrol relay dengan smartphone android dengan koneksi wireless yaitu bluetooth. Modul bluetooth yang digunakan adalah modul bluetooth HC-05. Berikut adalah rangkaiannya :

kontrol relay
Keterangan :
  • Bluetooth HC-05 : TX --> RX, RX --> TX, 5v --> VCC, GND --> GND
  • Relay 4 Channel  : VCC --> 5V, GND --> GND, Pin 11 --> IN1, Pin 10 --> IN2,
    Pin 9 --> IN3, Pin 8--> IN4
Proses pembuatan rangkaian pada fritzing tergolong sangat mudah, hanya dengan men-drag and drop komponen-komponen lalu menghubungkannya dengan wire tentunya sesuai dengan pin-pin yang sudah ditentukan. Untuk mengubah-ubah tiap komponennya juga mudah yaitu pada window Inspector yang terletak pada kanan bawah dan pada pilihan properties.

Pada penginstalan awal frizing belum terdapat komponen-komponen yang masuk pada library. Jadi untuk dapat merancang rangkaian di atas kalian harus mencari di google. Nah tidak usah pusing nyari-nyari, dibawah ini terdapat link downloadnya :

Download Project Rangkaian Relay HC-05 Arduino Uno


Jangan lupa menyimpan partnya dengan cara
KLIK kanan pada jendela Part (kanan atas) kemudian Save Bin.

Demikian pembahasan mengenai rangkaian Modul Relay 4 Channel Bluetooth HC-05 dan Arduino Uno. Jika terdapat kendala silahkan tinggalkan komentar ya. Semoga bermanfaat. 
Terima kasih. Salam.

0 Response to "Fritzing - Rangkaian Modul Relay 4 Channel Bluetooth HC-05 dan Arduino Uno"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel