Langkah-langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)

Jejak Pendidikan- Berdasarkan pengertian model pembelajaran kooperatif tipe TPS sebelumnya, lebih jelas akan dipaparkan bagaimana prosedur atau langkah-langkah dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Menurut Muslimin (2009) langkah-langkahThink Pair Share ada tiga, yaitu: Thinking (berpikir), siswa diberi pertanyaan dan harus memikirkan jawaban secara individu.Pairing (berpasangan), siswa dengan teman sebangku mendiskusikanyang telah dipikirkan pada tahap thinking, dan Sharing (berbagi), siswa berpasangan berbagi hasil diskusi kepada seluruh kelas.

Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada penelitian ini menggunakan langkah-langkah seperti tersebut di atas dengan penyesuaian pada siswa kelas V B yang menjadi kelas penelitian. Berikut langkah-langkahnya yaitu:

  1. Think, guru membimbing siswa saat mencari masukan jawaban atau pendapat yang bersumber dari buku yang relevan secara individu atas pertanyaan yang diberikan kepada siswa.
  2. Pair, mengembangkan aktivitas berpikir siswa dalam berdiskusi jawaban satu sama lain dengan teman sebangku, dan mengupayakan siswa aktif dalam diskusi dengan teman sebangku di belakang/ di depannya atau dalam kelompok (kelompok terbentuk).
  3. Share, membimbing aktivitas penyajian hasil diskusi masing-masing kelompok yang ditanggapi oleh kelompok lain.

0 Response to "Langkah-langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel