Pengertian Tajwid

Jejak Pendidikan- Tajwid secara bahasa berasal dari kata د وج -- د وجي – اديوجت yang artinya membaguskan atau membuat jadi bagus. Dan pengertian lain menurut lughoh, Tajwid dapat diartikan:
الإتيان بالجي د
Segala sesuatu yang mendatangkan kebajikan”
Sedangkan pengertian tajwid menurut istilah adalah:
علمً يعرف به إعطاء ك ل حرف حق ه ومستحق ه من الصف ات والمدود وغير ذلك كالت رقيق والت فخيم ونحوهما “
Ilmu yang memberikan segala pengertian tentang huruf, baik hak-hak huruf (haqqul huruf) maupun hukum-hukum baru yang timbul setelah hak-hak huruf (mustahaqqol huruf) dipenuhi, yang terdiri atas sifat-sifat hururf, hukum-hukum madd, dan sebagainya. Sebagai contoh adalah tarqiq, tafkhim dan semisalnya.
Dalam matan al-Jazariyah, halaman 14 dijelaskan bahwa Ilmu Tajwid adalah:
وهو إعطاء الحروف حق هاز. من صفة لها ومستحق ها.
 ilmu yang memberikan pengertian tentang hak-hak dari sifat huruf dan mustahaqul huruf”
Imam Jalaluddin As-Suyuty (rahimallah) memberikan pengertian tentang Tajwid sebagai brikut:
وهو إعطاء الحروف حقوقها وترتيبها ورد الحرف الى مخرجه وأصله وتلطيف الن طق به على كمال هيئته من غير اسراف ولَتع سف ولَإفراط ولَتكل ف
Memberikan huruf akan hak-haknya dan tertibnya, mengembalikan huruf kepada makhraj dan (sifatnya) serta menghaluskan pengucapan dengan cara yang sempurna tanpa berlebih-lebihan, serampangan, tergesa-gesa dan dipaksakan.”

Imam Abu Amr Ad-Dani menerangkan tentang Ilmu Tajwid sebagai berikut:
Tajwid adalah bacaan yang mudah, enak, manis dan lembut, tanpa mengunyah-ngunyah, tanpa mengulum-ngulum, tanpa Ta’asuf, tanpa Takalluf, tanpa dibuat-buat, tanpa berlebihan atau memperberat diri, dantidak keluar karakter normal orang Arab dan ucapan orang-orang yangfasih dari segala aspek qira’at dan ada'.

Dengan demikian Ilmu Tajwid adalah ilmu cara membaca al-Qur’ansecara tepat, yaitu dengan mengeluarkan bunyi huruf dari asal tempat keluarnya(makhraj), sesuai dengan karakter bunyi (sifat), dan konsekuensi dari sifatyang dimiliki huruf tersebut, mengetahui dimana harus berhenti (waqf) dan dimana harus memulai bacaanya kembali (ibtida’).

0 Response to "Pengertian Tajwid"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel