Macam-Macam Benda Konkret

Jejak Pendidikan- Benda konkret dapat ditemukan di lingkungan sekitar dan sangat dekat dengan anak. Menurut Sungkono (2007: 29) benda asli dapat dikelompokkan menjadi benda asli alami dan benda asli buatan manusia. Benda asli alami merupakan benda yang benar-benar asli dari alam sedangkan benda asli buatan manusia merupakan benda asli yang dibuat oleh manusia dan bentuknya sudah berubah dari aslinya. Benda asli alami dan benda asli buatan manusia dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif untuk anak. Benda tersebut sama-sama memberikan pengaruh yang baik untuk meningkatkan pengetahuan anak.

Benda-benda konkret memiliki macam yang sangat bervariasi. Menurut Degeng dalam Sungkono (2007: 28) menyebutkan bahwa benda konkret diklasfikasikan menjadi dua yaitu objek dan specimen. Objek merupakan benda yang benar-benar asli berdasarkan benda itu hidup sedangkan specimen merupakan benda yang mewakili benda asli yang dirangkai sesuai dengan keadaan aslinya.

Menurut Sungkono (2007: 28) bahwa specimen dikelompokkan menjadi dua yaitu:

  1. Specimen benda hidup seperti aquarium, kebun binatang, insectarium, terrarium, dan kebun percobaan yang ditanami sebagai percobaan.
  2. Specimen benda mati seperti herbarium (bagian tumbuhan yang dikeringkan), batuan mineral, awetan dalam botol.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa benda konkret dapat dibedakan menjadi benda asli alami dan benda asli buatan. Benda asli alami merupakan benda asli yang benar-benar asli dari alam sedangkan benda asli buatan merupakan benda yang dibuat oleh manusia serupa dengan bentuk aslinya. Benda konkret yang akan digunakan untuk mengenal konsep lebih banyak, lebih sedikit, sama, dan tidak sama menggunakan benda konkret asli buatan manusia.

0 Response to "Macam-Macam Benda Konkret"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel