PENGERTIAN DAN SEJARAH BLOGGER

Saat ini ada lebih  dari 10 juta pengguna internet didunia yang memanfaatkan blog sebagai sarana untuk berbagi ilmu pengetahuan, hiburan, sebagai alat penyebar virus, berbagi software, bahkan sebagai sarana bisnis online. Selain karena manfaaat blog dan cara pembuatannya yang mudah, web ini juga dapat diperoleh dengan cara yang gratis. Sebenarnya bukan hanya blog yang dimanfaatkan demikian akan tetapi masih banyak lagi website yang serupa, salah satunya adalah WordPress.

Namun sebagai pengguna blog sangatlah disayangkan apabila belum tahu tentang arti dari blog itu sendiri. Pada artikel kali ini, saya akan mencoba untuk menjelaskan tentang blog serta sejarah awal dibuatnya blog.

Pengertian BLOG

Blog berasal dari singkatan web log yang merupakan bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan atau postingan pada sebuah halaman web. Blog adalah website pribadi (personal website) baik yang dibuat secara gratis dengan domain .blogspot.com maupun dengan menggunakan nama domain dan hosting berbayar.

Apa Perbedaan Blogger, Blogging dan Blogspot ?

BLOGGER adalah pengertian nama layanan blog  gratis milik perusahaan raksasa Google, yakni www.blogger.com, dengan subdomain .blogspot.comSedangkan pengertian blogger yang sebenarnya adalah istilah bagi pemilik blog atau yang mempunyai dan mengelola blog. 

BLOGGING adalah aktivitas nge-blog, yaitu membuat dan mengisi blog dengan tulisan, gambar, video, atau konten multimedia. Blogging dalam bahasa Indonesia biasa disebut ngeblog.

BLOGSPOT adalah subdomain alamat blog di platform blogger. Jika dibuka di Indonesia, maka alamatnya menjadi blogspot.co.id. Di Hongkong, alamatnya menjadi .blogspot.hk, di Jepang menjadi blogspot.jp, di India menjadi blogspot.in, dan sebagainya.

Sejarah Blog

Kesalahan dalam pengertian blogger itu disebabkan penggunaan nama blogger menjadi sebuah layanan blog yang dibuat oleh Pyra Labs milik Evan Williams dan Meg Hourihan pada tahun 1999 yang menggunakan nama awal Pyra. Awalnya hanya sebuah aplikasi web yang dapat menggabungkan pengelolaan proyek, kontak, dan daftar tugas. Kemudian aplikasi Pyra diubah menjadi Blogger sebagai format blog untuk internet meski masih dalam taraf beta.

Format blog yang bernama blogger tersebut oleh Paul Bausch dan Matthew Haughey, pada 23 Agustus 1999 mulai disebarkan di internet dengan membayar lisensi penggunaannya dan tidak gratis seperti sekarang.

Tahun 2002, aplikasi blog Blogger didesain ulang keseluruhan agar lebih simpel, mudah dan ditawarkan kepada perusahan-perusahaan. Globo dari Brazil yang pertama kali berminat. Google sebagai pendatang baru di internet tertarik dan pada Februari 2003 Blogger diakuisisi oleh Google. Bukan hanya aplikasinya, tetapi juga perusahaan sekaligus pendiri dan seluruh karyawannya. Namun Evan Williams salah satu pendiri Pyra, mengundurkan diri tahun 2004.

Pada 9 Mei 2004, Blogger diperbaharui memenuhi standar web. Beberapa fitur ditambah seperti halaman arsip individual untuk posting dan komentar, serta fitur posting blog melalui email juga ditambahkan untuk memudahkan membuat artikel. Dan sampai sekarang ini, google masih berusaha memberi kemudahan dan kenyamanan kepada pengguna blog dengan meningkatkan keamanan, menambahkan fitur serta kemudahan dalam membuat akun blog.

0 Response to "PENGERTIAN DAN SEJARAH BLOGGER"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel