Lowongan Kerja BUMN Terbaru PT Pupuk Indonesia (Persero) Desember 2023

LokerBlog.com (Lowongan Kerja SMA SMK D3 S1 Terbaru Desember 2023) - Setiap orang memiliki kemampuan untuk bisa mendapatkan sebuah pekerjaan termasuk bakat yang dimilikinya. Bakat yang dimilikinya ini dapat menjadi modal dasar untuk dapat bergabung dengan mengandalkan kemampuan apalagi skill tersebut sesuai dengan posisi pekerjaan yang diberikan. Biasanya kemampuan ini sangat diprioritaskan oleh perusahaan apabila sesuai dengan pekerjaan, Bahkan perusahaan lebih memilih karyawan yang sudah mempunyai pengalaman kerja dan bakat tertentu karena lebih siap dan lebih mudah untuk dapat beradaptasi dengan deskripsi pekerjaan yang diinginkan. Untuk itu ketika anda terjun ke dalam dunia kerja, persiapan yang matang termasuk bakat dan skill yang anda miliki. Orang sukses biasanya mendapatkan kemudahan dalam meraih cita - cita dan juga disebabkan besarnya kemauan serta persiapan yang cukup matang sebelum melakukan sesuatu. Begitu juga apabila anda ingin sukses di dalam dunia kerja sebaiknya persiapkan diri anda secara matang Apakah Anda sudah siap dalam menerima berbagai tantangan dan ujian berat yang mungkin saja Anda akan hadapi. Semua tantangan ini wajib anda lalui dan dan ketahanan anda untuk melalui semua cobaan merupakan kunci dari kesuksesan seseorang. Diharapkan anda untuk terus belajar bersabar dan terus mempelajari berapa titik kelemahan anda dan kekurangan untuk dapat menjadi yang lebih baik. Memiliki kompetensi dan keahlian merupakan salah satu syarat anda untuk dapat terjun ke dalam dunia kerja. Biasanya bakat yang anda miliki dapat diperdalam kembali sehingga anda lebih berpeluang untuk dapat diterima di dalam sebuah pekerjaan. Kompetensi yang anda miliki tidak akan berarti Apabila anda tidak mempunyai persiapan yang matang. Walaupun anda memiliki bakat dan Sumber Daya Manusia yang tinggi, tetapi Kalau anda tidak mempunyai persiapan yang matang maka anda akan kalah dengan mereka yang terus belajar dan selalu mempersiapkan dirinya secara matang di dalam mencari pekerjaan. Ada baiknya anda harus selalu aktif dalam mengembangkan kemampuan anda karena itu dapat memberikan tantangan yang baik.

Lowongan Kerja PT Pupuk Indonesia (Persero) - PT Pupuk Indonesia (Persero), (nama dagang Pupuk Indonesia Holding Company), adalah perusahaan induk untuk badan usaha milik negara dalam bidang pupuk di Indonesia. PT Pupuk Indonesia (Persero) adalah salah satu produsen pupuk terbesar di Asia. Kami memproduksi beragam jenis pupuk seperti urea, NPK, SP36, ZA, dan lain-lain untuk kebutuhan pertanian, baik itu sektor pangan, perkebunan dan hortikultura. Kami juga memproduksi dan memasarkan produk-produk petrokimia seperti amoniak, asam sulfat, asam fosfat dan lain sebagainya. Pupuk Indonesia memiliki 10 anak perusahaan, produk kami dipasarkan di seluruh Indonesia dan kami juga memenuhi kebutuhan urea dan amoniak untuk pasar internasional. Selain itu, Pupuk Indonesia Group juga bergerak di bidang EPC, logistik, utilitas, perdagangan dan bisnis pangan.

Pupuk Indonesia juga berperan aktif dengan fokus pada lima pilar strategis, antara lain: fokus pada pelanggan, fokus pada riset dan inovasi, keunggulan operasi dan rantai pasok, optimalisasi dan pengamanan bahan baku, serta keberlanjutan perusahaan dan ekonomi sirkular.

Pupuk Indonesia Group menyadari bahwa keberhasilan pada suatu organisasi terletak pada seluruh insan yang berkarya di dalamnya. Pupuk Indonesia Group berfokus lebih pada pembangunan karakter insannya dengan penerapan budaya AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif), serta memastikan budaya meritokrasi dan kinerja yang menjadi parameter kunci keberhasilan suatu organisasi. Di sisi lain, Pupuk Indonesia Group juga terus mengemban tanggung jawab sebagai BUMN untuk menghadirkan value creation baik secara ekonomi maupun sosial. Maka dari itu, program-program bantuan sosial serta program-program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan terus dikedepankan untuk memberikan dampak positif bagi rakyat Indonesia.

Saat ini PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali membuka lowongan kerja terbaru pada bulan Desember 2023 untuk mencari calon karyawan yang siap untuk mengisi posisi jabatan yang sedang dibutuhkan. Perusahaan akan mencari kandidat yang terbaik sesuai dengan kualifikasi dan yang cocok untuk posisi yang akan ditempatkan.

Adapun dibawah ini adalah posisi jabatan yang tersedia beserta dengan kualifikasinya saat ini bagi Anda para pencari kerja yang tertarik untuk mengembangkan karir.

Lowongan Kerja Terbaru PT Pupuk Indonesia (Persero) Tahun 2023

Posisi:

1. Pengadaan Strategis
S1 Administrasi Bisnis, Teknik Industri, Manajemen, Hukum, minimal IPK 3.
S1 Teknik Industri, Teknologi Informasi, minimal IPK 3.

Departemen Pengadaan Jasa Distribusi & Pemasaran :
1. Melakukan proses administrasi pengadaan Jasa Distribusi (Angkutan Darat, Angkutan Laut, PBM & JPT-EMKL) mulai dari penerimaan Purchase Requisition sampai dengan diterbitkannya Penunjukan Pemenang/Penyedia Jasa.
2. Melakukan proses administrasi pengadaan Jasa Sarana Pemasaran (Sewa Gudang, Stockholder & TKBM, Jasa lainnya) mulai dari penerimaan Purchase Requisition sampai dengan diterbitkannya Penunjukan Pemenang/Penyedia Jasa.
3. Melakukan QA/QC hasil pengadaan dan memproses penerbitan Kontrak Jasa Distribusi & Sarana Pemasaran

Departemen Pengadaan Bahan Baku & Bahan Penolong :
Administrasi Proses Pengadaan

2. Manajemen Risiko
S1 Ekonomi Syariah, Statistika, Teknik Informatika, Teknik Kimia, Ilmu Ekonomi, Ekonomi, Ekonomi Manajemen, Statistika dan Sains Data, minimal IPK 2.75.
S1 Akuntansi, Manajemen Bisnis, Manajemen Keuangan, Statistika, Teknik Industri, Teknik Kimia, Akuntansi Syariah, Manajemen, Statistika Bisnis, Statistika dan Sains Data, minimal IPK 2.75.

Departemen Manajemen Risiko Holding :
1. Membantu dalam proses analisis dan pengelolaan RCSA Risiko (Risk Register) pada aplikasi PRISMA maupun secara umum.
2. Membantu dalam proses pengembangan dan/atau pemutakhiran kebijakan/metodologi/aplikasi manajemen risiko dalam kerangka Sistem Informasi Manajemen Risiko Terintegrasi (SI-MRT)
3. Membantu dalam pelaksanaan kegiatan peningkatan kualifikasi organ pengelola risiko
4. Membantu dalam proses pelaporan risiko
5. Membantu dalam pelaksanaan dan pengembangan metode Internal Control Testing di PT Pupuk Indonesia (Persero)

Departemen Manajemen Risiko Anak Perusahaan :
1. Membantu pelaksanaan integrasi Crisis Management ke dalam framework Business Continuity Management (BCM) di PT PI
2. Membantu pelaksanaan pengembangan Framework Stress Test di PT PI
3. Membantu pelaksanaan program aktivasi budaya risiko di PT PI

3. Budaya & Pembelajaran
S1 Administrasi Bisnis, Administrasi Perkantoran dan Sekretari, Ilmu Perpustakaan, Manajemen Bisnis, Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Administrasi Bisnis Konsentrasi: Administrasi Bisnis, Administrasi Bisnis Konsentrasi: Administrasi Perkantoran, Administrasi Perkantoran, minimal IPK 3.

Rincian Lowongan
1. Rekapitulasi data dan pelaporan kegiatan pembelajaran
2. Mahir mengoperasikan Excel

4. Satuan Pengawasan Intern
S1 Akuntansi, Sistem Informasi, Manajemen, minimal IPK 2.75.

Rincian Lowongan
1. Membantu kegiatan reviu kesesuaian proses bisnis.
2. Membantu pelaksanaan evaluasi terhadap pedoman dan prosedur perusahaan.
3. Memberi dukungan dalam monitoring penyediaan data dari unit kerja
4. Membantu pengolahan data menggunakan Ms. Office
5. Memberi dukungan dalam pelaksanaan diskusi atau koordinasi antara unit kerja dengan pihak eksternal
6. Memberi dukungan kepada pihak eksternal dalam pemenuhan data yang dibutuhkan
7. Membantu operasional sistem monitoring tindak lanjut
8. Membantu update status monitoring tindak lanjut rekomendasi audit.
9. Membantu persiapan acara entry meeting, expose meeting, exit meeting maupun konsinyering dengan pihak internal dan eksternal
10. Memberikan dukungan dalam monitoring aktivitas Kompartemen.

5. Ritel
S1 Semua Jurusan, minimal IPK 2.75.
Menguasai MS Office serta mampu berkomunikasi dengan baik

6. Pengembangan Bisnis Luar Negeri
S1 Hubungan Internasional, Manajemen Bisnis, Manajemen, Bisnis, minimal IPK 3.

Rincian Lowongan
1. Penyusunan laporan kegiatan bulanan projek
2. Administrasi kegiatan harian di projek
3. Pembelajaran terkait bisnis process di lingkup direktorat pemasaran PT Pupuk Indonesia (Persero)
4. Penyusunan materi presentasi terkait kegiatan pemasaran di PT Pupuk Indonesia (Persero)
5. Penyusunan materi presentasi terkait analisa pasar khususnya pasar pupuk internasional
6. Penyusunan laporan akhir kegiatan magang di projek

7. PSO Wilayah Timur
S1 Semua Jurusan, minimal IPK 3.
mampu memahami tugas dan membantu administrasi kantor

8. Sales & Operating Planning
S1 Teknik Industri, Teknik Kimia, minimal IPK 3.

Rincian Lowongan
1. Melakukan Rekap data produksi dan penjualan anak perusahaan
2. Melakukan Evaluasi dan pengembangan Digitalisasi Unit Kerja
3. Melakukan perhitungan dan rekapitulasi terkait teknis dan non teknis Unit Kerja
4. Support penyajian dan perhitungan data Balansitas Produk PI Grup
5. Support penyajian dan perhitungan Cost Benefit Analysis

9. Nano Urea
S1 Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, Keuangan, Manajemen Bisnis, Manajemen, Bisnis Islam, Bisnis Digital, Akuntansi Bisnis, Akuntansi Manajemen, Bisnis, minimal IPK 3.

Rincian Lowongan
1. Market Research: Conduct thorough market research to gather data on industry trends, customer preferences, and competitive landscape to inform the business plan.
2. SWOT Analysis: Perform a SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) analysis to identify the company’s internal and external factors that will influence the plan.
3. Goal Setting: Collaborate with senior management to establish clear and measurable business goals and objectives.
4. Financial Projections: Develop detailed financial projections, including revenue forecasts, expense estimates, and profit margins.
5. Competitive Analysis: Analyze competitors’ strengths and weaknesses and propose strategies to gain a competitive advantage.
6. Target Market Definition: Define the target market and customer segments the business plan will address.
7. Marketing and Sales Strategy: Outline the marketing and sales strategies to reach the target audience and achieve revenue goals.
8. Operational Plan: Develop an operational plan that details how the business will function, including staffing, technology, and infrastructure.
9. Risk Assessment: Identify potential risks and challenges that the company may face and develop mitigation strategies.

10. Budaya & Pembelajaran
S1 Administrasi Bisnis, Administrasi Perkantoran dan Sekretari, Ilmu Perpustakaan, Manajemen Bisnis, Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Administrasi Bisnis Konsentrasi: Administrasi Bisnis, Administrasi Bisnis Konsentrasi: Administrasi Perkantoran, Administrasi Perkantoran, minimal IPK 3.

Rincian Lowongan
1. Rekapitulasi data dan pelaporan kegiatan pembelajaran
2. Mahir mengoperasikan Excel

11. Teknologi Informasi
S1 Sistem Informasi, Teknik Industri, Manajemen, minimal IPK 2.75.

Rincian Lowongan
1. Support Project ISO 27001 & IT Maturity
2. Support Project Audit KAP 2023 & Perlindungan Data Pribadi
3. Support Pekerjaan Operasional dan Rutin Departemen

12. Umum & Aset
S1 Akuntansi, Arsitektur, Arsitektur Interior, Desain Interior, Teknik Sipil, Manajemen, Hukum, minimal IPK 3.

Departemen Manajemen Aset :
1. Membuat Laporan hasil Rapat Koordinasi Manajemen Aset PI Grup
2. Membuat rekomendasi dan monitoring pengajuan KPS PI Grup
3. Melakukan monitoring laporan Optimalisasi Aset PI Grup
4. Melakukan monitoring Perjanjian Novasi
5. Melakukan pemetaan Data Aset yang dimiliki PI Grup
6. Mengidentifikasi Data Aset PI Grup berdasarkan peruntukannya
7. Membuat timeline dan memberikan rekomendasi atas rencana E-KPS PI
8. Melakukan proses administrasi di Dept. Manajemen Aset

Departemen Umum :
1. Menggambar dan mendesain layout ruangan kerja
2. Menghitung RAB (Rancangan Anggaran Biaya) terkait perkerjaan maintenance building
3. Mengawasi pelaksanaan project
4. Mampu membuat laporan harian mingguan project
5. Mampu membuat laporan terkait kehandalan utilitas gedung (AC, air, listrik dll)
6. Merancang fasilitas umum area sekitar gedung
7. Membantu mengadministrasikan surat internal

13. SPM Agrosolution
S1 Agronomi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Tanah, Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, Penyuluhan Pertanian, minimal IPK 2.75.
Mengolah & menganalisa data, analisa agribisnis, memiliki skill komunikasi & desain.

14. CRP Produksi
S1 Statistika, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Logistik, Data Science, minimal IPK 3.
D3 Statistika, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Logistik, minimal IPK 3.

Rincian Lowongan
1. Melakukan evaluasi data
2. Membantu program CRP campaign
3. Membantu pengembangan dashboard/App CRP Produksi
4. Membantu pengembangan dashboard performance monitoring CRP Produksi
5. Membantu melakukan kajian data & forecasting

15. Green Energy, Blue & Green Ammonia
S1 Teknik Kimia, Biokimia, Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Teknik Kimia Industri, minimal IPK 3.25.

Rincian Lowongan
1. Membantu melakukan pencarian literatur terkini terkait blue & green ammonia, termasuk menyusun summary
2. Membantu review dan menyusun summary data literatur terkait teknis, market dan price insight untuk blue & green ammonia
3. Membantu dalam penyusunan laporan-laporan FS yang dilakukan oleh konsultan
4. Membantu dalam rekapitulasi data penurunan emisi
5. Menyajikan data penurunan emisi dalam tabel/grafik
6. Membantu melakukan pemutakhiran perhitungan inventory emisi dan proyeksi emisi
7. Membantu dalam penyusunan pedoman dan sistem carbon trading PI Group
8. Melakukan review literatur terkait regulasi dan status terkini baik nasional maupun global mengenai carbon trading
9. Membantu dalam pemutakhiran data/dokumen yang diperlukan untuk carbon trading
10. Menyusun surat di DOF
11. Menyusun MOM
12. Monitoring status approval agreement
13. Membantu administrasi pengadaan konsultan & jasa lainnya
14. Membantu menyusun laporan
15. Membantu menyusun materi presentasi (power point)

16. Strategi Pemasaran
S1 Agribisnis, Akuntansi, Keuangan, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Marketing, Statistika, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Syariah, Manajemen, Manajemen Agribisnis, Manajemen Marketing, Statistika dan Sains Data, minimal IPK 3.

Departemen Analisis Pasar :
Analisis sosial ekonomi tani, Analisis Data dan report Pasar Internasional, menarik infomasi data impor, melakukan rekap harian dan analisis hasil data survei kios

Departemen Strategi Harga :
Melakukan rekap harga dan analisis harga

Departemen Perencanaan Strategi Pemasaran :
Membantu persiapan rekonsiliasi JA-JC, melakukan rekap kinerja penjualan dan laba penjualan, membantu penyusunan materi presentasi bahan rapat

Departemen Manajemen Produk :
Membantu dalam pembuatan lifecycle product, Evaluasi dan Monitoring kegiatan pre-marketing

17. IFRI
S1 Ekonomi dan Manajemen Bisnis, Manajemen Bisnis, MASTER OF SCIENCE DATA SCIENCE, Teknologi Informasi, Data Science, minimal IPK 3.
S1 Biologi, Ilmu Tanah, Mikrobiologi, Pendidikan Biologi, Pertanahan, Proteksi Tanaman, BIOLOGICAL SCIENCE, Mikrobiologi Pertanian, minimal IPK 3.
S1 Agronomi, Geografi, Kimia, Pendidikan Geografi, Statistika, Teknik Kimia, Agronomi dan Hortikultura, Computer Science and Statistics, Data Science, Statistika dan Sains Data, minimal IPK 3.
S1 Pertanian, Statistika, Ilmu Ekonomi, Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, Ilmu Ekonomi Pertanian, Statistika dan Sains Data, minimal IPK 3.

Departemen Perencanaan Riset :
1. Support program perencanaan riset 2023
2. Analisis manajemen riset, produk, dan knowledge management system untuk mendukung kebutuhan bisnis
3. Supporting sistem tatakelola R&D di IFRI

Departemen Riset Produk :
1. Support program riset produk 2024
2. Melaksanakan porgram kerja riset produk dan menganalisa data kebutuhan riset

Departemen Riset Teknologi :
1. Support program precision farming 2024
2. Membuat peta dan analisis geospatial menggunakan software AgiSoft, ArcGis atau software lain yang relevan
3. Support program precision farming 2024
4. Analisis respon tanaman terhadap nutrisi dan waktu panen
5. Support program precision farming 2024 dan simulasi NPK
6. Analisis korelasi hasil citra foto udara dengan hasil lab tanah/jaringan tanaman
7. Support kajian teknis program cofiring boiler
8. Support penyusunan FEED dan DED pilot NPK

Departemen Riset Kebijakan Pupuk :
1. Support program kerja kebijakan pupuk 2024:
a. Pengembangan Indeks PertanianBerkelanjutan
b. Analisis penerapan pertanian ramah iklim dan carbon credit
c. Forecasting dan modelling ekonomi dan matematika

18. Keuangan & Pendanaan Investasi
D3 Akuntansi, Keuangan, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Bisnis, Studi Akuntansi, minimal IPK 3.
S1 Akuntansi, Keuangan, Manajemen Keuangan, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Syariah, Akuntansi Bisnis, Studi Akuntansi, minimal IPK 3.

Departemen Perbankan & Perbendaharaan :
1. Membuat dan mencetak voucher pembayaran
2. Melakukan kliring pembayaran
3. Melakukan proses administrasi pembayaran
4. Membuat laporan pembayaran

Departemen Pendanaan Investasi & Pasar Modal :
Mendukung kegiatan operasional Pendanaan Investasi & Pasar Modal PT Pupuk Indonesia (Persero)

19. Kinerja Korporat
S1 Akuntansi, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Syariah, Pendidikan Akuntansi, minimal IPK 3.

Rincian Lowongan
1. Membantu mengerjakan hal-hal yang bersifat administratif di departemen Analisa Kinerja
2. Membantu dalam mengecek laporan-laporan yang masuk di departemen Analisa Kinerja
3. Membantu merekap data apabila terdapat permintaan data

20. Kios Komersil
S1 Agroteknologi, Marketing, Marketing Communication, Manajemen, Manajemen Marketing, Business Management and Marketing, Digital Marketing, Marketing Management, minimal IPK 3.6.

Rincian Lowongan
1. Sosialisasi Calon Mitra Toko Pe-i dan pendaftaran calon Mitra Toko Pe-i
2. Melakukan Telemarketing untuk verifikasi dan penebusan mitra Toko Pe-i
3. Membantu tim Kios Komersil dalam pelaporan, monitoring, evaluasi, serta rekomendasi untuk bisnis Mitra Toko Pe-i

21. Operasi & Produksi
S1 Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Material, Teknik Mesin, minimal IPK 3.
S1 Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Masyarakat, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Teknik Lingkungan, Kesehatan Masyarakat Teknik Lingkungan, minimal IPK 3.
S1 Teknik, minimal IPK 3.

Departemen Sinerji Pemeliharaan :
1. Mengelola dan monitoring investasi rutin PI Grup.
2. Mengelola dan monitoring pelaksanaan Turnaround Pabrik PI Grup.
3. Membantu dalam pengembangan sistem Digital Fertilizer.
4. Mengelola dan memastikan implementasi Pedoman Sistem Manajemen Produksi terimplementasi di Anper.
5. Memahami proses bisnis operasi & pemeliharaan di pabrik.

Departemen Sinerji K3LH :
Pengelolaan keselamatan, kesehatan dan lingkungan hidup di Pupuk Indonesia
Departemen Rendal Produksi :
Membantu pelaksanaan program kerja rutin dan strategis di departemen

22. Pengadaan Operasional
S1 Administrasi Bisnis, Teknik Industri, Administrasi Bisnis Konsentrasi: Administrasi Bisnis, minimal IPK 3.

Rincian Lowongan
1. Sourcing Data Supplier
2. Mempersiapkan Data Usulan Rekanan dan Undangan Tender
3. Sourcing data pembelian terakhir sebagai dasar perbandingan harga dan dasar pengundangan
4. Dokumentasi dokumen tender
5. Rekapitulasi pembukaan penawaran teknis dan harga
6. Persiapan e-auction
7. Pembuatan Kontrak
8. Perhitungan custom clearance
9. Dokumentasi supplier sesuai SoS
10. Mengundang supllier pada kegiatan tender sesuai jenis barang

23. Pengembangan
S1 Teknik Kimia, minimal IPK 3.25.
Monitoring project dan pengelolaan gas

24. Perencanaan & Manajemen PSO
S1 Semua Jurusan, minimal IPK 3.

A. Business Process Departemen
1. Mengidentifikasi proses bisnis Departemen
2. Membuat laporan harian terkait aktifitas yang dilakukan untuk memahami proses bisnis Departemen

B. Desain Materi Kreatif
1. Mengidentifikasi kebutuhan materi perusahaan khususnya terkait PSO
2. Membuat konsep desain, berkoordinasi dengan desain grafis, dan membuat redaksi serta narasi yang relevan dengan materi.
3. Membuat laporan, evaluasi, serta rekomendasi untuk materi kreatif perusahaan

C. Government Relation
1. Melengkapi dan melakukan updating database detail mitra kerja PSO di K/L Pemerintah
2. Mengidentifikasi fungsi dan kewenangan masing-masing mitra kerja PSO di K/L Pemerintah

D. Dokumentasi dan Pengarsipan
1. Melakukan pendokumentasian dan/atau pengarsipan seluruh kegiatan rapat/pertemuan Departemen secara lengkap
2. Pemilihan, pengeditan, pengarsipan, serta pendistribusian hasil dokumentasi untuk keperluan perusahaan
3. Membuat laporan, evaluasi, serta rekomendasi untuk kegiatan dokumentasi dan pengarsipan perusahaan

25. Strategi & Kebijakan SDM
S1 Teknik Industri, Manajemen, minimal IPK 3.
S1 Hukum, minimal IPK 3.

Departemen Fungsional Strategi & Sistem SDM :
1. Mempelajari metode penyusunan survei
2. Melaksanakan sosialisasi survei
3. Melakukan analisis survei
4. Membuat laporan survei”
5. Memahami konsep materi
6. Creative Thinking
7. Membuat materi yang representatif”
8. Mempelajari Strategi & Roadmap SDM
9. Melakukan klinikal monitoring dan evaluasi Roadmap SDM”
10. Mempelajari penyusunan pedoman
11. Menyusun matriks pedoman dan prosedur unit kerja fungsi SDM
12. Drafting pedoman dan prosedur unit kerja fungsi SDM”
13. Melakukan recording kegiatan
14. Summary hasil recording kegiatan
15. Melakukan pendokumentasian kegiatan perusahaan di lapangan (foto/video)
16. Pemilihan, pengeditan, pengarsipan, serta pendistribusian hasil dokumentasi untuk keperluan publikasi.
17. Membuat laporan, evaluasi, serta rekomendasi untuk kegiatan dokumentasi perusahaan

Departemen Fungsional Kebijakan SDM :
1. Memahami konsep materi
2. Creative Thinking
3. Membuat materi yang representatif
4. Mempelajari Strategi & Roadmap SDM
5. Melakukan klinikal monitoring dan evaluasi Roadmap SDM
6. Mempelajari penyusunan pedoman
7. Menyusun matriks pedoman dan prosedur unit kerja fungsi SDM
8. Melakukan recording kegiatan
9. Summary hasil recording kegiatan
10. Melakukan pendokumentasian kegiatan perusahaan di lapangan (foto/video)
11. Pemilihan, pengeditan, pengarsipan, serta pendistribusian hasil dokumentasi untuk keperluan publikasi.
12. Membuat laporan, evaluasi, serta rekomendasi untuk kegiatan dokumentasi perusahaan

26. Digitalisasi & Data Science
S1 Ilmu Komputer, Matematika, Sistem Informasi, Statistika, Teknik Informatika, Teknik Komputer, Teknologi Informasi, Data Science, Informatika, minimal IPK 3.
S1 Sistem Informasi, Teknik Industri, Teknik Informatika, Manajemen, minimal IPK 3.

Departemen Digitalisasi Produksi & Pengadaan :
1. Belajar proses bisnis bidang produksi & pengadaan
2. Bersama tim analis dan developer mengembangkan sistem
3. Membantu pendokumentasian sistem
4. Membantu melakukan sistem testing
5. Mempresentasikan progress kegiatan

Departemen PM Reformasi Subsidi :
QA Automation : tugas membuat script untuk automasi proses testing aplikasi

Departemen Data Science :
1. Membuat predefined dashboard dan report yang siap digunakan oleh user
2. Menjelajahi dan menganalisa data perusahaan untuk menyederhanakan dan mengoptimalkan proses bisnis
3. Membuat, mengembangkan, menganalisa dan memantau kinerja proses, model dan algoritma data serta memastikan akurasi data

SPM Digitalisasi & Data Science / Digitalisasi Pemasaran :
1. Programmer backend
2. Programmer frontend
3. UI / UX
4. Full Stack Programmer
5. Business Analyst

27. Sekretaris Perusahaan
S1 Desain Komunikasi Visual, Ilmu Komunikasi, minimal IPK 3.
S1 Manajemen, minimal IPK 3.
D3 Administrasi Bisnis, Manajemen Kearsipan, Sistem Informasi, Administrasi, Teknologi Informasi, Administrasi Perkantoran, Kearsipan, Kearsipan Digital, minimal IPK 3.

Departemen Komunikasi Korporat :
1. Membuat konsep usulan desain, berkoordinasi dengan desain grafis, dan membuat caption kreatif untuk media sosial
2. Membuat laporan, evaluasi, serta rekomendasi untuk publikasi kreatif perusahaan
3. Membuat konsep corporate campaign pada acara-acara perusahaan
4. Menjalankan soft PR Campaign yang telah direncanakan
5. Melakukan pendokumentasian kegiatan perusahaan di lapangan (foto/video)

Departemen Governansi Korporat :
1. Menginput draft surat di Sistem DOF
2. Membantu Distribusi dan Pengiriman Surat dan Dokumen
3. Mengarsipkan Dokumen”
4. Membantu pelaksanaan teknis internalisasi dan pengelolaan program kerja bidang kepatuhan (WBS, LHKPN, Gratifikasi,

Benturan Kepentingan)
5. Membantu membuat rekapitulasi update kewajiban kepatuhan
6. Membantu persiapan Perayaan Hari Anti Korupsi Sedunia
7. Membantu Pelaksanaan GCG Assessment
8. Membantu Pelaksanaan Penilaian CGPI
9. Membantu menyusun media sosialisasi Tata Kelola & Kepatuhan sesuai dengan kondisi terkini dan update
10. Membantu Penyusunan dan Pendistribusian Kuesioner ke Stakeholder

Departemen Administrasi Korporat :
1. Manajemen Record/Arsip
1. Menyusun Instrumen standar pengelolaan arsip perusahaan
2. Melakukan pengelolaan arsip dinamis.
3, Melakukan sosialisasi manajemen arsip dinamis dan teknis pengelolaan arsip
4. Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan penyelenggaraan arsip melalui akreditasi kearsipan.
2. Inovasi dan Pengembangan Sistem Informasi Administrasi
1. Menyusun konsep pengembangan Sistem Informasi Administrasi Perusahaan
2. Menjalankan operasional dan melengkapi dokumentasi Sistem Informasi bidang administrasi perusahaan
3.Melakukan evaluasi implementasi Sistem Informasi bidang administrasi di perusahaan
3. Pengelolaan Administrasi Kesekretariatan/Perizinan
1. Menyusun database perizinan korporat & status/progres pengurusannya
2. Menyusun rekapitulasi realisasi pengeluaran/biaya kegiatan Unit Kerja
3. Melaksanakan penyusunan/pelengkapan dokumentasi bidang administrasi Perusahaan
4. Melaksanakan manajemen arsip aktif Perusahaan di Unit Kerja sesuai instrumen

28. Strategi Korporat
S1 Agribisnis, Akuntansi, Manajemen, Bisnis, minimal IPK 3.25.
S1 Manajemen Keuangan, Teknik Industri, Manajemen Keuangan Syariah, Manajemen, minimal IPK 3.25.

Departemen Pengelolaan Transformasi Bisnis :
Pengelolaan Transformasi Bisnis (Project Management Office dan Impact Delivery Office)

Departemen sistem manajemen terpadu dan inovasi :
*Pengelolaan Kinerja Unggul*
1. Membantu adminstrasi penyusunan, proses klinikal, dan monitoring pengisian Dokumen Aplikasi Baldrige Excellent Framework (BEF), Global Performance Excellence Award (GPEA) dan SNI Award
2. Menginput, membuat grafik kategori 7 BEF, GPEA dan SNI Award
3. Membantu pencarian data pembanding hasil-hasil bisnis yang disajikan di dalam kategori 7
4. Membantu dalam pelaksanaan asesmen, meliputi memastikan penyediaan dokumen aplikasi, memastikan kehadiran champion team, mencatat data suplemen yang dibutuhkan serta berkoordinasi dengan unit-unit terkait

*Pengelolaan Inovasi*
1. Membantu monitoring pengumpulan persyaratan administrasi pendaftaran (makalah, video, ppt, ringkasan) pada konvensi PI, PI Grup dan Internasional
2. Membantu rekapitulasi potensi dan realisasi financial benefit dari konvensi inovasi PI dan PI Grup
3. Membantu administrasi kegiatan penjurian dan presentasi konvensi inovasi PI dan PI Grup
4. Membantu penyiapan laporan akhir konvensi inovasi PI dan PI Grup
5. Membantu dalam pelaksanaan klinikal, sosialisasi, opening. Awarding dan closing konvensi PI dan PI Group
6. Membantu distribusi penghargaan/hadiah konvensi inovasi PI dan PI Grup
7. Membantu penjadawalan, koordinasi dan proses pendampingan penyusunan makalah inovasi untuk ke ajang Nasional/Internasional
8. Menyiapkan souvenir, kostum dan keperluan pameran dan kebutuhan operasional lainnya diajang kompetisi inovasi Nasional dan Internasional.

*Pengelolaan Dokumen Sistem Manajemen*
1. Melakukan pembaharuan mapping kebutuhan Pedoman & Prosedur unit kerja PI dan Anper.
2. Melaporkan status pengerjaan DSM secara periodik untuk monitoring.
3. Membantu proses scanning dan uploading Pedoman/Prosedur yang telah disahkan ke sistem aplikasi
4. Menjadi admin aplikasi untuk proses distribusi salinan terkendali dan tidak terkendali DSM, termasuk apabila ada kebutuhan untuk audit dan asesmen.
5. Melakukan klinikal ke unit kerja dalam pemenuhan pembuatan Pedoman/ Prosedur, termasuk membuat flowchart proses bisnis.
6. Mencatat dan monitoring jadwal/agenda rapat unit kerja terkait DSM

29. Akuntansi
S1 Akuntansi, Keuangan, Manajemen Keuangan, Perpajakan, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Perpajakan, Manajemen Keuangan Syariah, Keuangan Syariah, minimal IPK 3.

Departemen Akuntansi Manajemen :
1. Melakukan Data Compilation
2. Melakukan Data Analysis
3. Melakukan JA Administration
4. Memahami Internal Business Process Perusahaan

Departemen Verifikasi & Pajak :
1. Membuat dan Penyampaian Bukti Potong & SSP ke pihak rekanan
2. Maintaing master data vendor
3. Upload bukti potong & SSP di aplikasi e-proc
4. Maintain email permintaan data pajak

Departemen Verifikasi & Pajak (Fungsi Verifikasi Akuntansi) :
1. Mengelola operasional pertanggungjawaban uang muka dan reimbursement/penggantian biaya operasional Perusahaan (termasuk kegiatan region-region wilayah pemasaran dan distribusi)
2. Melakukan koordinasi dalam penyiapan data-data penagihan Joint Cost Perusahaan secara berkala kepada anak Perusahaan pupuk
3. Melakukan koordinasi dalam penyiapan dan klarifikasi atas data-data audit KAP/audit BPK dan lainnya
4. Melakukan pengelolaan dalam manajemen arsip hardcopy maupun softcopy pada dokumen verifikasi pembayaran akuntansi
5. Melakukan dalam penyiapan dan koordinasi rekonsiliasi utang piutang intra group Perusahaan
6. Melakukan dalam penyiapan data closing laporan keuangan Perusahaan induk

30. Perencanaan Pengadaan
S1 Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan, Statistika, Teknik Industri, minimal IPK 3.
S1 Sistem Informasi, Teknik Industri, Teknik Informatika, Manajemen, minimal IPK 3.
S1 Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Kimia, Teknik Mesin, minimal IPK 3.

Departemen Pengelolaan Rekanan :
1. Melakukan verifikasi data administrasi calon rekanan PI Group menggunakan sistem eprocurement
2. Mengidentifikasi kebutuhan pemasok untuk keperluan pengadaan barang/jasa
3. Analisa kinerja pemasok
4. Membuat laporan hasil verifikasi rekanan
5. Mempelajari bagaimana cara menjalin hubungan kerjasama dengan pemasok
6. Membuat agenda presentasi produk pemasok kepada user atau pengguna
7. Membuat laporan evaluasi terkait hubungan pemasok
8. Membuat serta menyusun pertanyaan terkait survey kepuasan pemasok
9. Melakukan pengelolaan data terkait hasil survey kepuasan pemasok
10. Membuat laporan hasil survey kepuasan pemasok
11. Melakukan persiapan agenda acara vendor gathering Pupuk Indonesia
12. Membuat dan melaksanakan program vendor gathering

Departemen Strategi dan Evaluasi Pengadaan :
1. Membantu menyusun dan memperbaharui prosedur pengadaan
2. Membantu menyusun laporan sistem pelaporan pengadaan
3. Membantu mengelola sistem penerimaan pengadaan
4. Identifikasi proses bisnis pengadaan
5. Pengembangan Digitalisasi Pengadaan (ProcureX)

Departemen Perencanaan Pengadaan Bahan Baku dan Bahan Penolong :
Menyusun project digitalisasi pelaporan di departemen Perencanaan Daan BB & BP

31. SPM Akuisisi Tambang
S1 Ilmu Komunikasi, Ilmu Hukum, Ilmu Hukum Islam, Hukum, minimal IPK 3.
Membantu pengurusan administrasi project, Melakukan research untuk mendukung jalannya project, Membuat deck pendukung sebagai bahan study.

32. SPM Customer Relationship Manajement
Rincian Lowongan
1. Mengidentifikasi Kebutuhan Pelanggan
2. Membuat Konsep dan Rekomendasi Benefit Model/Loyalty Program
3. Mengidentifikasi Perilaku Pelanggan
4. Membuat Laporan dan Evaluasi Kebiasaan Pelanggan
5. Membuat Rekomendasi Konsep Aspek Analitik pada Dashboard CRM
6. Membuat Laporan Visualisasi berdasarkan data yang ada
7. Mampu mengoperasikan Snowflake (SQL dan Phyton), dan Tableau

33. Desain Organisasi & Perencanaan SDM
S1 Manajemen SDM, Teknik Industri, minimal IPK 3.

Rincian Lowongan
1. Penyusunan Struktur Organisasi
2. Perhitungan Kebutuhan Karyawan
3. Pembuatan Job Profile
4. Penyiapan Materi unit kerja
5. Dokumentasi kegiatan

34. Distribusi
S1 Agribisnis, Teknik Industri, Manajemen, SUPPLY CHAIN MANAGEMENT, Teknologi Informasi, Sistem dan Teknologi Informasi, Manajemen dan Sistem Informasi, Manajemen Informasi, minimal IPK 2.75.

Rincian Lowongan
1. Melakukan inventory management produk original maupun produk reject
2. Membantu dalam penyusunan dashboard monitoring harian distribusi serta analisa data distribusi
3. Melakukan kegiatan administrasi tagihan jasa distribusi dan verifikasi kelengkapan dokumen tagihan
4. Melakukan evaluasi rute distribusi yang paling efisien
5. Administrasi dan membantu dalam monitoring

Tanggal penting:
  • Durasi magang : 1 Jan – 30 Jun 2024 (6 bulan)
  • Penutupan lamaran : 3 Desember 2023
  • Pengumuman lolos magang : 11 Desember 2023

Bagi Anda yang berminat, silahkan melakukan pendaftaran secara online:

GABUNG DI CHANNEL TELEGRAM AGAR TIDAK KETINGGALAN INFO LOWONGAN TERBARU SETIAP HARINYA KLIK: 
https://t.me/lokerblog (Channel Lowongan Kerja Terbaru)
https://t.me/infolokerblog (Channel Info Loker Terbaru Tahun 2023)

Informasi:

Diharapkan untuk membaca secara keseluruhan informasi dengan teliti
Hanya pelamar terbaik sesuai klasifikasi yang akan diproses untuk mengikuti seleksi selanjutnya
Selama proses rekrutmen tidak ada dikenakan biaya apapun

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda para pencari kerja dan jangan lupa untuk membagikannya kepada teman atau kerabat yang membutuhkan.
Informasi seputar lowongan kerja BUMN, CPNS & Swasta lainnya kunjungi www.lokerblog.com

0 Response to "Lowongan Kerja BUMN Terbaru PT Pupuk Indonesia (Persero) Desember 2023"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel