cara seorang pelajar dalam mengisi kemerdekaan indonesia adalah dengan

 Pelajar adalah salah satu kelompok warga negara yang berperan dan bertugas untuk mengisi kemerdekaan. Pelajar menjadi bagian dari pemuda bangsa yang menjadi penerus bangsa Indonesia. Sebagai generasi penerus, pelajar dituntut untuk bekerja keras dan belajar dengan giat demi meningkatkan kualitas dirinya. Generasi penerus bangsa diperlukan untuk memajukan bangsa itu sendiri. Dalam buku Nationalism and Revolution in Indonesia (2003) oleh Benedict R, tugas warga negara Indonesia dalam mengisi kemerdekaan adalah meneruskan pembangunan negara Indonesia agar sejajar dengan negara-negara maju yang lain. Sebagai pelajar, harus dapat meneruskan cita-cita para pahlawan. Sebagai pelajar, hal utama yang dilakukan adalah belajar dengan tekun dan menuruti nasihat orangtua.
engan belajar tekun, maka pelajar akan menjadi pandai dan kepandaian tersebut dapat memajukan negara Indonesia. Sikap rajin belajar ini akan menjauhkan pelajar dari berbagai kegoiatan negatif yang dapat menimbulkan maslah dalam massyarakat maupun keluarga. Wujud peran pelajar Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, peran pelajar dalam mengisi kemerdekaan dapat diwujudkan dengan:
1. Mengikuti upacara di sekolah dengan disiplin
2. Mematuhi tata tertib sekolah dengan bertanggung jawab
3. Mengikuti kegiatan belajar-mengajar dengan tekun
4. Menjaga nama baik sekolah di dalam maupun luar sekolah
5. Aktif dalam kegiatan sekolah, seperti Pramuka dan PMR
6. Mengikuti pendidikan bela negara melalui pendidikan kewarganegaraan
8. Dapat membagi waktu dengan baik antara belajar dan bermain
9. Mengerjakan tugas-tugas sekolah (PR) dengan tanggung jawab di rumah
10. Mengenal dan menghormati pahlawan
11. Mengenal tradisi, budaya, dan senantiasa melestarikannya
12. Menjadi perwakilan sekolah, daerah, atau negara dalam lomba dan olimpiade
13. Aktif mengembangkan hobi, kemampuan, dan keterampilan yang positif
14. Menjauhi aktivitas negatif seperti narkoba, tawuran, dan vandalisme
Perjuangan pelajar sebagai generasi muda bukan diwujudkan dalam mengangkat senjata dan berperang melawan penjajah. Melainkan berjuang untuk melawan kebodohan, kemiskinan, rasa malas, dan menyerah yang dapat merugikan diri sendiri serta lingkungan. Pelajar harus menjadi pribadi yang tanggung, rajin, pantang menyerah, pekerja keras, kreatif dan cinta tanah air untuk berlangsungnya kemajuan suatu negara.

0 Response to "cara seorang pelajar dalam mengisi kemerdekaan indonesia adalah dengan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel