Rangkaian Minimum Sistem Atmega8 328 Eagle Cadsoft

Jumpa lagi temen-temen.... bareng saya admin symask!

Buat yang lagi nyari-nyari rangkaian minimum sistem buat bikin Arduino sendiri... pas banget nih mampir di symask.blogspot.com. Dengan membuat Arduino sendiri selamat temen-temen sudah mau berani untuk belajar merakit sebuah kontroler sendiri dan tentunya ini sangat bagus untuk pembelajaran.

Sebelumnya saya mau tanya dulu nih, apa sih itu minimum sistem itu? bagi yang belum tahu minimum sistem adalah sekumpulan rangkaian yang harus ada pada sebuah kontroler/IC agar dapat diprogram dan bekerja sebagaimana mestinya. Nah untuk membuatnya kita memerlukan beberapa rangkaian seperti rangkaian power supply, rangkaian osilator, rangkaian pemrograman dan rangkaian pin-pin pada mikrokontroler. Di bawah ini terdapat komponen-komponen yang dibutuhkan pada setiap rangkaianya.

Rangkaian power supply :
- Jack DC 5mm/ terminal block juga bisa
- Kapasitor 470uF, 100uF
- Regulator 5v 7805
- led 3mm dan resistor 220 Ohm
- merupakan rangkaian yang digunakan untuk catu daya.

Rangkaian oscliator :
- Crystal 16000MHz
- Kapasitor 22pF 2 buah
- merupakan rangkaian untuk pembangkit frekuensi eksternal

Rangkaian pemrograman :
- Pin header, bisa female atau male
- terdapat dua cara yaitu menggunakan komunikasi Serial bisa menggunakan FTDI FT232RL atau yang lainnya dan yang kedua melalui SPI (Serial Pheriperal Interface).

Komponen rangkaian pin-pin mikrokontroler :
- Pin header
Nanti akan akan terhubung pada pin-pin mikrokontroler seperti pin analog dan digital dll

Pada postingan ini terdapat rangkaian lengkapnya baik skematik maupun board pcbnya. Untuk rangkaianya saya buat menggunakan software Eagle Cadsoft versi 7.2. Di bawah ini merupakan hasilnya.

Silk screen
eagle cadsoft

Pada minimum sistem ini saya tambahkan beberapa fungsi :
- Tombol Reset, sebenernya tidak juga bisa karena lewat program juga kita bisa reset, lihat caranya di 3 Cara Mereset Arduino
- SDA SCL, untuk penggunaan I2C seperti LCD dan RTC dll
- Penambahan 2x10 lubang (prototype) pada pcb dengan tujuan jika terdapat penambahan rangkaian lainnya misalnya penambahan untuk sensor dan modul-modul lainnya.
- Led pada pin digital 13

Jalur PCB
eagle

Terdapat 3 buah jumper (jika mencetak 1 layer).
Untuk lebih detailnya silahkan download filenya di bawah ini.

Download file skematik (.sch) dan jalur pcb (.brd) serta file pdfnya di sini.

Baca juga :


Sedikit tambahan :

Kadang ada juga yang berpendapat membuat rangkaian minimum sistem sendiri itu lebih mahal, karena sekarang harga Arduino semisal Arduino Pro Mini hanya berkisar 26-30an ribu yang jauh lebih murah Tidak salah sih, tapi dengan coba membuat rangkaian dari nol sampai berhasil itu adalah sesuatu kebanggaan tersendiri... dan ya kalau di itung-itung juga harganya relatif murah juga nggak sampe 50 ribu. Kemudian kita juga bisa meng-custom rangkaian sesuai keinginan, misalnya board kita ditambahkan beberapa modul sensor-sensor, display dll yang tidak ada pada board Arduino pabrikan.

Cukup sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mengshare ya manteman... terima kasih juga sudah langganan dateng ke symask.blogspot.com. Nantikan update artikel menarik lainnya, Jika ada pertanyaan maupun kritik dan saran silahkan komentar dibawah ini.

Salam

0 Response to "Rangkaian Minimum Sistem Atmega8 328 Eagle Cadsoft"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel