Cara membuat Boneka dari Kain Flanel

Sebenarnya banyak cara untuk membuat kerajinan dari kain flanel, tetapi kali ini saya akan memberikan satu contoh yaitu Cara membuat boneka dari kain Flanel
Dan cara membuatnya ini sangat lah mudah dan harganya sangat terjangkau oleh sebab itu silahkan simak artikel di bawah ini, Cekidotttt :D

Number 1: Alat dan Bahan

  • Kain flanel (wajib ada)
  • Dakron (kalau tidak tau silahkan share di google)
  • Pita
  • Benang
  • Jarum
  • Manik manik
  • Gunting (wajib juga)
  • Spidol 
  • Lem tembak

Setelah alat dan bahannya sudah lengkap semua kita beralih ke sesi selanjutnya.

Number 2: Cara pembuatan Boneka-nya

  1. Membuat Pola 

      Pola sangat lah penting dalam pembuatan kerajinan ini. Karena jika pola tidak ada maka kita akan sulit untuk membuat kerajinan. 
       Saran saya jika kalian sulit untuk membuat pola kalian ikutilah langkah saya yaitu Share di google dengan menulis Format "Pola boneka flanel" makan akan muncul gambar seperti di bawah ini.


Jika sudah mendapatkan pola, kita lanjut ke sesi ke-2

      2. Menggunting kain flanel sesuai dengan Pola

      Setelah teman teman sudah membuat pola, langkah berikutnya yaitu menggunting kain flannel saseui dengan yang ada di pola yang kalain inginkan. Tapi saran saya jika kalian tidak bisa langsung mengguntingnya, kalian potong dulu pola yang kalian sudah buat terus pindahkan ke atas kain flanel lalu ikuti deh polanya menggunakan pensil atau pulpen tapi lebih bagus sih pensil aja. Berikut contoh gambarnya. 

Jika sudah selesai di sesi ke-2 kita lanut ke sesi berikutnya

      3. Membuat Tangan boneka

      Nah di sesi ke-3 ini kita membuat tangan boneka, caranya yaitu teman teman ambil pola tangan yang sudah di gunting tadi kemudian kalian satukan dengan pola tangan yang satunya setelah itu jahit polanya tapi jangan lupa sisakan lubang sedikit unutk memasukkan 'daktron' ke dalam tangan boneka agar bonekanya tidak kempes :D


Oke stelah pembuatan tangan bonekanya selsai kita lanjut ke sesi ke-4

      4. Membuat Badan 

      Setelah tangan tadi sudah selesai, saatnya kita memsang tangan ke badan boneka. caranya yaitu teman teman ambil pola badan sepasang (karena jika tidak sepasang cara bentuknya gimana :D) kemudian simpan tangan di bagian tengah antara ke dua pola badan tadi, setelah itu jahit tangan dengan badan boneka, tapi jangan lupa untuk menyisakan lubang untuk daktronnya (jika masih bingung silahkan simak gambar di bawah ini :D)


Jika sudah seperti di atas kalian tinggal masukkan daktronnya.


Apabila sesi ke-4 sudah selesai kita lanjut ke sesi ke-5

      5. Pembuatan Kepala atau bahasa inggrisnya Head

      Lanjut ke sesi ke-5, mula mula (weits bahasa saya keren juga yah :D) teman teman jahit telinga di kepala bonekanya karena jika tidak memiliki telinga jelek dong :D, lalu isi menggunakan daktron, jika sudah selesai jahit bagian kepalanya. silahkan lihat gambar di bawah.


       Setelah bagian telinga selsai, tempel bagian mulut dan buat pola seperti mulut menggunakan benang jahit. Kemudian, satukan kepala dengan badan, jahit antara kedua bagian tersebut dengan rapi. Sisakan sisi bagian atas kepala untuk memasukkan dakron.


Jika sudah selesai kita lanjut ke sesi berikutnya.

      6. menjahit mata boneka/eyes

      Mula mula ambil manik manik yang kalian sudah siapkan tadi kemudian letakkan manik manik tersebut pada bagian kepala. Setelah itu jahitlah manik manik tersebut dengan penuh kasih sayang (hehehe lebay :D) atau kalian juga bisa tempel dengan lem tembak.


Jika sudah selesai kita lanjut ke sesi ke- berapa yah? saya lupa :D

      7. Membuat/menjahit bagian kaki atau bahasa inggrisnya feet

      Pertama tama teman teman siapkan pola bagian kaki lalu satukan beberapa pola yang sudah di buat lalu tempelkan menggunakan lem tembak (bukan cinta yah :D).kemudian jahit dan jangan lupa sisakan lubang (asmara) buat daktronnya.


setelah kalian jahit isis lubang kecil tersebut menggunakan daktron.'


Jika sudah selesai kita lanjut ke sesi-8

      8. Menempelkan kaki ke badan

      Setelah kaki boneka yang teman teman buat tadi selesai, kalian tempelkan kaki tersebut ke badan bonekanya (agar bonekanya memiliki kaki :( ) menggunakan lem tembak dan bisa juga di jahit, terserah mau teman teman gimana.


Jika sudah selesai kita lanjut ke sesi terakhir/finally yaitu sesi ke-9 

      6. Menambah Dasi Kupu kupu/ butterfly (maaf kalau tulisannya salah :v)

      Untuk lebih mempercantik boneka tersebut kita bisa menambahkan hiasan dasi kupu kupu. caranya yaitu dengan ambil pita kemudian bentuk pita tersebut seperti dasi kupu kupu yang biasa di gunakan umat manusia. kemudia tempel dengan menggunakan lem.





Akhirnya selesai, mudah kan?. Mudah mudah tutorial saya ini dapat bermanfaat bagi teman teman pembaca dan juga terhibur. Sekian apabila ada kata kata yang kurang berkenan di hati para pembaca mohon di maafkan. Akhir kata wabillahitaufik walhidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakat

0 Response to "Cara membuat Boneka dari Kain Flanel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel