Standar Tajwid Yang Berkualitas Menurut Metode Bil-Qolam

Jejak Pendidikan- Dalam pembelajaran metode Bil-Qolam, memiliki standar isi atau dasar kualitas yang menjadi suatu acuan bagi metode Bil-Qolam. Acuan dasar dalam pengajaran metode Bil-Qolam bertujuan agar peserta didik atau santri mampu mencapai target yang diinginkan sesuai dengan dasa-dasar ilmu Tajwid yang telah disusun menjadi target kualitas dari metode Bil-Qolam. Standar kualitas yang dimiliki metode Bil-Qolam ada dua yaitu standar Tajwid dan standar Fashoha yang dipaparkan sebagai brikut:

a. Tajwid

Dari segi dasar Tajwid proses penerapannya yaitu, metode Bil-Qilam melaksanakan dengan cara teori terlebih dahulu kemudian diteruskan dengan praktek secara langsung atau dengan kata lain, teori dan praktek dilakukan secara bersamaan sehingga para murid dapat memahami dengan mudah, serta bisa mengucapkannya dengan baik dan benar menurut kaidah Tajwid, yang meliputi:
  1. Makhorijul Huruf
  2. Ahkamul Huruf
  3. Sifatul Huruf
  4. Ahkamul Mad Wal Qoshor
Dari rincian ke-empat komponen diatas, yaitu merupakan standar kualitas metode Bil-Qolam dari aspek Tajwid.


b. Fashohah

Dalam segi Fashohah proses penerapanya tidak membutuhkan penjelasan teori secara terpisah melainkan bersamaan dengan praktek. Karena segi Fashohah sudah masuk dalam penjelasan dasar-dasar Tajwid. Komponen-komponen Fashohah meliputi:
  1. Alwaqfu Wal Ibtida’
  2. Muro’atul Huruf Wal Harokat.
  3. Muro’atul Ayat Wal Kalimat
  4. Adabut Tilawah.

0 Response to "Standar Tajwid Yang Berkualitas Menurut Metode Bil-Qolam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel