Materi Pendidikan Akhlak

Jejak Pendidikan- Pendidikan akhlak bernuansa moralitas diasaskan pada petunjuk nabi SAW. yaitu pengejawantahan setiap konsep pendidikannya berdasarkan akhlakul karimah. Yanuhar Ilyas menyebutkan cakupan akhlak meliputi semua aspek kehidupan manusia sesuai dengan kedudukannya sebagai makhluk individu, makhluk sosial, makhluk penghuni dan yang memperoleh bahan dari kehidupan dari alam serta sebagai makhluk ciptaan Allah. Adapun ruang lingkup akhlak adalah sebagai berikut:

Akhlak Terhadap Allah SWT

Titik tolak akhlak terhadap Allah adalah pengakuan dan kesadaran bahwa tiada Tuhan selain Allah. Dia memiliki sifat-sifat terpuji. Akhlak seorang hamba dengan sang pencipta. Manusia sebagai makhluk dan Allah SWT sebagai pencipta alam. Akhlak terhadap Allah yang dimaksudkan yaitu dengan menjalankan apa yang menjadi perintah dan menjauhi apa yang menjadi larangan.

Cinta dan ridho terhadap ketetapan Allah SWT. Hal tersebut merupakan wujud akhlak manusia kepada sang pencipta. Dengan mencintai sesama makhluk Allah SWT. dan ridho terhadap takdir Allah SWT.
Bersyukur kepada Allah SWT. merupakan wujud dari perilaku yang harus dimiliki oleh seorang muslim. Bersyukur terhadap nikmat dan rahmat yang telah Allah limpahkan.

Akhlak Terhadap Rasulullah SAW

Mengikuti Rasulullah SAW. adalah salah satu bukti kecintaan seorang hamba terhadap Allah SWT. Allah berfirman:
Dan kami tidak mengutus seorang rasul, melainkan untuk ditaati dengan seizin Allah...” (QS. An-Nisa’ 4:64).33

Akhlak Pribadi

Islam mengajarkan seorang muslim selalu berbuat baik. Kebaikan berasal dari diri muslim itu sendiri. Satu kebaikan akan mengundang kebaikan-kebaikan yang lainnya. Sikap suka memberi maaf terhadap kesalahan orang lain tanpa sedikitpun rasa benci dan keinginan untuk membalas merupakan akhlak mulia. Dan akan mendatangkan kemuliaan-kemuliaan yang lebih banyak lagi. Akhlak terbagi menjadi dua macam yaitu:
  1. Akhlak yang baik (akhlak al-karimah)
  2. Akhlak yang buruk (akhlak al-mazmumah)
Akhlak mahmudah terdiri dari: semua perbuatan yang mengandung nilai positif, membuat hati menjadi tenang, memberi manfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Sedangkan akhlak mazmumah terdiri dari semua perbuatan yang mengandung nilai negatif, membuat kekacauan diri sendiri maupun lingkungan sekitar dan memberi kerugian bagi diri sendiri maupun orang lain.
Akhlak al-karimah adalah menuju dan menghampiri diri seseorang dan umat kepada Allah Yang Maha karim. Atau istilah akhlak menuju pribadi taqwa. Atau bisa diartikan bahwa menuju akhlak al-karimah yaitu dengan jalan ketaqwaan. Akhlak jika ditinjau dari satu sisi memiliki hubungan erat dengan agama yaitu terciptanya sikap hilm. Taat melaksanakan ibadah secara terus menerus.

Atau dengan definisi taqwa secara sederhana yaitu memelihara diri dari siksaan Allah dengan mengikuti segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangannya. Atau lebih ringkas lagi “mengikuti segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Dengan proses ketaqwaan tersebut akan merubah prilaku seorang muslim menjadi perilaku yang mencerminkan sebuah ketaqwaan dengan sendirinya.

0 Response to " Materi Pendidikan Akhlak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel