Tutorial Membuat Database Barcode dengan Program Delphi

delphi, tutorial, aplikasi, aplication, delphi7, borland, database, microsoft access, ms access, microsoft, program, programs, software, cara membuat, tutoria membuat, borland delphi, borlande delphi7, program borland, C++, bahasa komputer, bahasa program, bahasa, program database

Pada postingan sebelumnya, saya sudah membahas tentang Cara Menghubungkan Delphi dengan Microsoft Access dan Cara Sederhana Membuat Form Login pada Delphi. Nah, pada artikel kali ini, saya ingin berbagi sedikit ilmu kepada sobat tentang "cara membuat aplikasi database pada program delphi7". Selain dalam bentuk artikel, saya juga membuatnya dalam bentuk video sebagai pelengkap dan juga untuk mempermudah sobat dalam memahami artikel ini. Oke, kita langsung saja....


Tutorial Membuat Database dengan Program Delphi7 :



  1. Buka Ms. Access lalu buat sebuah database dengan format mdb. (MS.Access 2000) lalu buat sebuah table dan tentukan judulnya.
  2. Buatlah beberapa fieldname dan atur data type-nya. Jangan lupa untuk mengatur field size agar kolom databasenya tidak terlalu panjang ketika dihubungkan pada delphi7.
  3. Save (Ctrl+S) database Ms. Access kemudian simpan file ke folder yang sobat inginkan.
  4. Buka program Delphi7. Ketika telah muncul form, maka mulailah membuat aplikasi dengan meletakkan komponen-komponen yang ingin digunakan, seperti :
    Label (sebagai keterangan)
    Edit (kolom pengisian)
    Button (sebagai tombol)
    DBGrid (untuk menampilkan/memunculkan database microsoft access)
    DataSource (untuk mengkoneksikan dan menampilkan database ke dbgrid)
    AdoConnection (menghubungkan antara Delphi dengan Microsoft Access)
    Ado Query (menghubungkan data table dari database ke ADOConnection)
    Combobox (untuk membuat daftar pilihan)
  5. Buatlah beberapa komponen Button sebagai tombol untuk menyimpan, mengedit, menghapus, keluar, ataupun cetak.
  6. Atur Object Inspector pada komponen yang digunakan sesuai keinginan, misalnya : menghapus text edit, mengganti caption, dan lain-lain.
  7. Hubungkan Delphi7 dengan Ms.Access. Jika belum tahu caranya, silahkan buka artikel : Cara Menghubungkan Delphi dengan Microsoft Access.
  8. Setelah Ms. Access telah terhubung dengan aplikasi Delphi7. Selanjutnya masukkan kode berikut untuk tombol "Simpan" :
  9. Adapun untuk tombol "Edit" database, berikut adalah kodenya :
  10. Untuk membuat menghapus database yang telah diinput, buatlah tombol "Delete" dan masukkan kode berikut:
  11. Buatlah tombol "Print" untuk mencetak database yang telah dibuat dengan menggunakan Quickreport. Berikut adalah kode untuk menampilkan quickreport :
  12. Jika ingin menampilkan lebih dari 1 form, masukkan kode berikut :
  13. Apabila sobat ingin menggunakan sebuah komponen barcode, sobat dapat mendownload komponen CJVBarcode pada salah satu link ini : [Via Mediafire] [Via Google Drive] [Via Tusfiles]
  14. Terakhir, jika sobat ingin membuat tombol "Keluar", masukkan kode berikut :
Untuk lebih jelasnya dalam membuat aplikasi database Delphi menggunakan Microsoft Access, silahkan simak video berikut :


Video Tutorial Delphi 1


Video Tutorial Delphi 2


Sekian dari artikel yang saya buat tentang tutorial membuat database dengan program delphi, semoga dapat bermanfaat bagi sobat terlebih lagi kepada mahasiswa(i) yang sedang mengerjakan tugas program Delphi.

0 Response to "Tutorial Membuat Database Barcode dengan Program Delphi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel