Tujuan dan Manfaat Metode Jigsaw Leaning

Jejak Pendidikan- Berikut kami akan membahas tentang tujuan dan manfaat dari metode jigsaw, hal ini bertujuan agar para tenaga pendidik bisa lebih dapat memaksimalkan penyerapan materi yang akan di terima oleh peserta didik, berikut uraiannya:

Tujuan Metode Jigsaw Leaning

Tujuan pembelajaran metode jigsaw adalah untuk melatih peserta didik agar terbiasa berdiskusi dan bertanggiungjawab secara individu untuk membantu memahamkan tentang sesuatu materi pokok kepada teman sekelasnya. Pembelajaran yang menggunakan metode ini menganut pada teori kognitif Jean Piaget dan teori konstruktivisme. Teori konstruktivisme didefinisikan sebagai pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari. Konstruktivisme sebenarnya bukan merupakan gagasan yang baru, apa yang dilalui dalam kehidupan kita selama ini merupakan himpunan dan pembinaan pengalaman demi pengalaman. Pembinaan pengetahuan seperti ini menyebabkan seseorang mempunyai pengetahuan dan menjadi lebih dinamis.
Tujuan dan manfaat metode jigsaw learning


Manfaat Metode Jigsaw Learning

Ada beberapa manfaat yang dapat penulis simpulkan dari deskripsi tentang model pembelajaran jigsaw, di antara manfaatnya adalah sebagai berikut:
  1. Meningkatkan kemampuan diri tiap individu
  2. Saling menerima kekurangan terhadap perbedaan individu yang lebih besar
  3. Konflik antar pribadi berkurang
  4. Sikap apatis berkurang
  5. Pemahaman yang lebih mendalam
  6. Motivasi lebih besar
  7. Hasil belajar lebih tinggi
  8. Retensi atau penyimpanan lebih lama
  9. Meningkatkan kebaikan budi, kepekaan dan toleransi
  10. Cooperative learning dapat mencegah keagresifan dalam sistem kompetisi dan keteransingan dalam sistem individu tanpa mengorbankan aspek kognitif.

Rujukan:

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu Konsep,Strategi, Dan Implementsainya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran KTSP, Jakarta: (Bumi Aksara, 2011)

0 Response to "Tujuan dan Manfaat Metode Jigsaw Leaning"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel