Prosedur Pembelajaran Koopratif Menurut Sanjaya

Jejak Pendidikan- Adapun prosedur pembelajaran koopratif menurut Sanjaya (2006:246) terdiri atas empat tahapan, yaitu:

Menjelaskan materi

Prosedur Pembelajaran Koopratif Menurut Sanjaya

Tahap ini dimulai dengan penyampaian pokok-pokok materi pembelajaran sebelum siswa belajar dalam kelompok. Tujuan utama dalam tahap ini adalah pemahaman siswa terhadap pokok materi pembelajaran. Pada tahap ini guru memberikan gambaran umum tentang materi pelajaran yang harus dikuasai yang selanjutnya siswa akan memperdalam materi dalam pembelajaran kelompok (tim).

Belajar dalam kelompok

Setelah guru menjelaskan gambaran umum tentang pokok-pokok materi pembelajaran, selanjutnya siswa diminta untuk belajar pada kelompok belajarnya masing-masing. Pengelompokkan dalam pembelajaran kooperatif bersifat heterogen yang didasarkan atas perbedaan akademik, jenis kelamin, sosial-ekonomi dan etnik.

Baca Juga (Karakteristik Pembelajaran kooperative)

Dalam hal kemampuan akademik, kelompok pembelajaran biasanya terdiri dari satu orang kemampuan akademik tinggi, dua orang berkemampuan akademik sedang dan satu orang berkemampuan akademik rendah. Melalui pembelajaran dalam tim siswa didorong untuk melakukan tukar menukar informasi dan pendapat, mendiskusikan permasalahan secara bersama, membandingkan jawaban mereka, dengan mengoreksi hal-hal yang kurang tepat.


Penilaian

Penilaian dalam pembelajaran kooperatif bisa dilakukan dengan tes atau kuis. Tes atau kuis dilakukan baik secara individu maupun secara kelompok. Tes individu nantinya akan memberikan informasi kemampuan setiap siswa, sedangkan tes kelompok akan memberikan informasi kemampuan setiap kelompok. Hal ini disebakan nilai kelompok adalah nilai bersama dalam kelompok yang merupakan hasil kerjasama setiap anggota kelompok.

Pengakuan Tim

Pengakuan tim adalah penetapan tim yang dianggap paling menonjol atau paling berprestasi untuk kemudian diberikan penghargaan atau hadiah. Pengakuan atau pemberian panghargaan tersebut diharapkan dapat memotivasi tim untuk terus berprestasi dan juga membangkitkan motivasi tim lain untuk lebih mempu meningkatkan prestasi mereka.

0 Response to "Prosedur Pembelajaran Koopratif Menurut Sanjaya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel