RANGKAIAN ROBOT LINE FOLLOWER

Nahh, ketemu lagi dengan saya ^_^
kali ini saya akan UPDATE tentang rangkaian ROBOT LINE FOLLOWER yaaa.. bukan termasuk rangkaian sih tapi ini lebih mengarah ke jalur LAY OUT untuk RANGKAIAN ROBOT LINE FOLLOWER.. enggak usah terlalu banyak basa basi langsung saja kita simak ke TKP , cekidoott.. --->

Line follower analog pada rangkaian ini menggunakan komponen utama, yaitu: ic L293 sebagai driver motor, LM324 sebagai komparator, 74LS32 dan 74LS00. Rangkaiannya seperti gambar di bawah ini :


Gambar 1. Rangkaian Line Follower Analog
 Rangkaian ini menggunakan prinsip RS Flip-flop,  sebagai berikut :
Gambar 2. RS Flip-flop
        Rangkaian diatas menggunakan komparator( IC LM324), H-Bridge driver motor L293, dan switching relay 6 volt untuk kipas dan driver motor.
Gambar 3. Rangkaian Sensor Line Follower Analog

      nb : Garis yang disarankan untuk track adalah selebar 3 cm yang berupa garis hitam.
    Prinsip kerja dari rangkaian diatas adalah robot line follower akan bergerak sesuai dengan garis hitam di lintasan (track).  Kemudian jika robot telah mencapai tugu api (menabrak) maka sensor limit switch akan aktif, dan otomatis kipas akan aktif dan robot akan berhenti, sehingga api akan dipadamkan. Jika anda tidak menginginkan fungsi dari kipas untuk memadamkan api, anda tinggal menghilangkan relay dan motor untuk kipasnya, sehingga rangkaian ini hanya berfungsi sebagai robot line follower biasa.

0 Response to "RANGKAIAN ROBOT LINE FOLLOWER"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel