Puan Maharani: Minta Pemerintah Evaluasi PPKM Darurat Sebelum Diperpanjang

Ilustrasi: (dok.istimewa)
Ilustrasi: (dok.istimewa)

Ketua DPR RI Puan Maharani, sekaligus ketua DPP PDI-Perjuangan merespon keputusan pemerintah yang hendak memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat yang berlangsung pada 3-20 Juli. Puan meminta pemerintah mengevaluasi lebih dulu kebijakan tersebut sebelum perpanjangan PPKM darurat diputuskan.

Puan Maharani, meminta pemerintah untuk mengevaluasi dan menyampaikan hasil evaluasi PPKM periode pertama, agar diketahui oleh masyarakat yang terdampak atas kebijakan PPKM tersebut.

"Lalu juga harus dipaparkan apa saja dampak positif PPKM darurat yang sudah dirasakan hingga saat ini, meski dampak positifnya katakanlah masih kecil, tetap harus disampaikan agar masyarakat yakin kita sudah di jalan yang benar," ungkap Puan dalam keterangannya, pada Sabtu (17/7/2021).

Menurut Puan, selain melakukan evaluasi pemerintah juga perlu meningkatkan komunikasi yang baik agar dapat membangun kepercayaan masyarakat sehingga kebijakan PPKM darurat berikutnya dapat berjalan dengan efektif.

"Perlu membangun kepercayaan masyarakat kepada pemerintah bahwa ada dampak nyata PPKM darurat" ungkap Puan.

Lebih lanjut, mantan Menko PMK itu menuturkan pemerintah juga harus memaparkan langkah-langkah PPKM berikutnya. Misalnya adanya sistem monitoring yang akurat berdasarkan teknologi digital per daerah, pelaksanaan testing yang lebih masif untuk menentukan langkah ke depan, penambah kamar rumah sakit dan isoman, serta menggenjot pelaksanaan vaksinasi.

Selain itu, ketua DPR RI ini, juga menyoroti terkait dengan refocusing anggaran penanganan Covid-19. Dikatakannya, Refocusing harus anggaran diarahkan untuk menyelamatkan nyawa rakyat dalam situasi kedaruratan seperti sekarang ini.

0 Response to " Puan Maharani: Minta Pemerintah Evaluasi PPKM Darurat Sebelum Diperpanjang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel