Solusi NodeMCU tidak mempunyai Output 5V

Pusing dengan NodeMCU yang tidak mempunyai output 5V?

Hal ini sering terjadi ketika kita ingin mengubungkan perangkat/module yang membutuhkan tegangan 5V seperti module relay, sensor ultrasonik dan yang lainya. Karena nodemcu ini menggunakan tegangan kerja 3.3V. Disaat kondisi inilah kepala mulai pusing, perut mual, sudah tanya kesana kemari belum ada solusi yang mudah dan cepat dipahami. Kemudian nyasar dan akhirnya sampai di postingan ini hee

Oke untuk NodeMCU versi Lolin V.3 itu sudah mempunyai pin Out 5V, yaitu terletak pada pin VU dan silahkan temen-temen mengecek sendiri tegangan yang dihasilkan pin VU ini menggunakan multimeter. Sementara untuk NodeMCU dengan versi 1 atau Amica tidak mempunyai output 5v. 

Lalu bagaimana solusinya?

Pin
Solusi : Menambah Catu Daya External 

Untuk menambah catu daya external ini dengan cara menghubungkan tegangan 5V ke pin VIN (Vinput). Temen-temen bisa menggunakan adaptor atau jenis catu daya yang lain yang penting 5V. Kalaupun tidak punya, misal punya 9v ataupun 12V tentunya harus menambah module penurun tegangan (step down) untuk diturunkan ke 5V. Untuk lebih rincinya bahan-bahan yang digunakan berikut ini :
  1. Adaptor 5V dengan ujung jack DC male standar 5.5mm
  2. Jack DC female standar 5.5mm
  3. Kabel secukupnya.
Rangkaian
Nodemcu
Keterangan :

Dari gambar di atas, Jack DC female memiliki 3 kaki 1 kaki itu (+) dan 2 kaki lainya adalah GND.
- Kaki (+) dihubungkan dengan pin VIN Nodemcu
- Kaki (-) GND dihubungkan dengan GND NodeMCU

rangkai sesuai gambar di atas.

Untuk basic rangkaianya seperti di atas ya, saya sarankan sih untuk disolder menggunakan PCB lubang termasuk NodeMCUnya sehingga lebih mudah digunakan. Untuk jumlah pin-pinnya, kita bisa custom sendiri dengan jumlah yang diinginkan. 

Bahan tambahan :
  1. PCB lubang
  2. Pin header female
  3. Pin header male (tulang ikan)
  4. Timah
  5. Solder
Jadi kita sekaligus membuat shield NodeMCU buatan kita sendiri, dan hasil contohnya seperti di bawah ini.

Untuk Jack DC maaf tertutup jempol, hee karena buru-buru. Intinya nanti rangkai sesuai gambar rangkaian jack di atas, dan gambar hasil (pcb lubang) merupakan hasil shield nodemcunya untuk memberikan gambaran ke temen-temen semua.

Jika sudah, tambahkan pin header male pada jalur pin Vin, kemudian solder. Hubungkan adaptor 5V ke jack DC female yang sudah ditambakan. Dan akhirnya, sekarang temen-temen sudah mempunyai pin 5V pada NodeMCU dan sudah bisa dihubungkan dengan module-module yang menggunakan tegangan kerja 5V seperti module relay.

Cukup sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "Solusi NodeMCU tidak mempunyai Output 5V"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel